Cara Membuat Laporan Rekonsiliasi Bank Dengan Rumus Excel - Rekonsiliasi Bank biasanya dilakukan pada simpulan periode sesudah tutup akun Bank dan mendapatkan rekening koran atau Bank Statement.
Rekonsiliasi Bank dibentuk untuk melengkapi laporan keuangan yang kadang - kadang saldo antara Buku Bank dengan rekeknig koran berbeda.
Rekonsiliasi Bank ialah laporan yang dibentuk dengan tujuan untuk mecocokan terhadap saldo Akun Bank dengan Buku Bank.
Dasar yang dipakai dalam pencocokan saldo ini ialah Bank Statement atau Rekening Koran yang telah diterima oleh perusahaan.
Baca Juga
Dalam artikel ini saya akan menjelaskan ihwal cara menciptakan laporan rekonsiliasi Bank dengan rumus dalam Microsoft Excel.
Cara Membuat Laporan Rekonsiliasi Bank Dalam Excel
Idealnya saldo rekening Bank dan Buku Bank seharusnya sama sehingga kita tidak perlu menciptakan rekon Bank.
Ada dua penyebab yang sanggup menimbulkan selisih antara Buku Bank dengan Rekening Koran, yaitu :
- Transaksi yang ada dalam Buku Bank tetapi tidak ada dalam Rekening Bank.
- Transaksi yang ada dalam Rekening Bank tetapi tidak ada dalam Buku Bank.
Transaksi - transaksi yang biasanya mengakibatkan selisih antara Buku Bank dengan Rekening Bank ialah sebagai berikut :
1. Biaya Bank
Biaya Bank merupakan biaya yang dibebankan oleh Bank kepada perusahaan atas transaksi - transaksi menyerupai biaya bulanan, biaya pencairan cek, biaya pencairan giro dal lainnya.
Biaya ini akan diketahui sesudah Rekening Koran atau mutasi Bank telah diterima oleh Perusahaan.
2. Cek Kosong
Transaksi ini biasanya muncuk alasannya ialah pada Buku Bank kita sudah mencatat penerimaan atas pencairan tersebut dan pada Akun Bank terjadi penolakan atas cek tersebut dikarenakan saldo tidak mencukupi.
3. Pendapatan Bunga/Jasa Giro
Pendapatan bunga ini biasanya akan pribadi dimasukan kedalam rekening Bank oleh pihak Bank sehingga kita akan mengetahui transaksi tersebut sesudah mendapatkan rekening koran atau mutasi Bank.
4. Pembayaran Yang Belum Diketahui Sumbernya
Ini merupakan transaksi yang sudah masuk kedalam Rekening Bank tetapi pengirim uang tersebut tidak mencantumkan gosip atau keterangan sehingga perusahaan tidak mengetahui sumber dari transaksi tersebut.
5. Kesalahan Pencatatan
Ini mungkin terjadi pada perusahaan contohnya cek senilai 2.000.000 dimasukan kedalam Buku Bank senilai 200.000 sehingga menimbulkan selisih pada saldo akhir.
Sebenarnya hal - hal tersebut diatas sanggup kita ketahui dengan mencetak mutasi transaksi Bank setiap hari baik melalui Internet Banking ataupun pribadi ke Bank terdekat.
Biasanya yang sering muncul selisih ialah penyebab pada poin ke-4 dan ke-5 meskipun kita sudah mencetak mutasi Bank setiap hari.
Rumus Excel Untuk Membuat Rekonsiliasi Bank
Rumus yang saya gunakan sangat gampang alasannya ialah hanya menjumlahkan dan juga pengurangan terhadap saldo Buku Bank.
Rumus ini telah saya bahas pada artikel sebelumnya, silahkan untuk dipelajari dalam artikel berikut ini :
Baca : Rumus Excel Operator Hitung
Dalam artikel tersebut dibahas ihwal cara memakai rumus Excel untuk menambahkan dan juga pengurangan.
Contoh Membuat Laporan Rekonsiliasi Bank Dalam Excel
Untuk pola pembuatan laporan rekonsiliasi Bank dalam Microsoft Excel perhatikan uraian dan juga gambar dibawah ini :
- Saldo berdasarkan Bank ialah 1.750.000
- Saldo berdasarkan Buku bank ialah 336.150
Transaksi yang belum tercatat ialah sebagai berikut :
- Biaya Bank simpulan bulan 35.000
- Biaya pencairan giro 2.000
- Transfer belum diketahui sumbernya sebesar 575.000
- Cek kosong senilai 875.000
- Jasa giro simpulan bulan 850
Berdasarkan data - data diatas maka laporan rekonsiliasi Bank yang kita buat ialah sebagai berikut :
Dari gambar tersebut terlihat bahwa saldo antara Buku Bank dan Rekening Koran telah sesuai.
Saldo yang diambil ialah sebesar 1.750.000 dan sesuai dengan rekening koran, kebijakan yang diambil terkait dengan saldo mana yang akan dipakai dalam Neraca dikembalikan kepada Perusahaan.
Rumus yang saya gunakan ialah sebagai berikut :
D16 : =SUM(D14:D15)
D23 : =SUM(D21:D22)
D32 : =SUM(D30:D31)
D39 : =SUM(D37:D38)
D41 : =D7+D16+D23-D32-D39
Seperti yang saya sebutkan bahwa untuk penggunaan rumus dalam pembuatan laporan ini sangat mudah.
Itulah klarifikasi ihwal cara menciptakan laporan rekonsiliasi bank dalam Microsoft Excel, biar artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rekonlisiasi Bank, Cara Menciptakan Laporan Rekon Bank Dengan Rumus Excel"
Posting Komentar