Cara Menghitung Kala Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel

menghitung masa kerja pegawai dalam excel Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel
Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel - Pada dasarnya rumus untuk menghitung masa kerja pegawai pada Microsoft Excel berafiliasi bersahabat dengan Fungsi tanggal. Artikel ini masih berafiliasi dengan fungsi - fungsi tanggal yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Untuk memudahkan pemahaman perihal cara menghitung masa kerja pegawai dalam Microsoft Excel sebaiknya pekajari dan pahami terlebih dahulu artikel perihal fungsi Excel yang berkaitan dengan tanggal dan waktu. 


Dalam artikel ini Saya hanya akan membahas mengenai cara menghitung masa kerja. Banyak fungsi yang sanggup dipakai untuk menghitung masa kerja dalam Excel dan aku akan membahas dengan memakai Fungsi DATEDIF.


Argumen - argumen yang terdapat dalam Fungsi DATEDIF telah aku jelaskan pada artikel yang khusus membahas perihal fungsi tersebut. Jika tertarik silahkan pelajari dan pahami sehingga tidak akan menemukan kesulitan dalam setiap penghitungan yang berkaitan dengan Fungsi DATEDIF.



Cara Menghitung Masa Kerja Pegawa Dengan Excel


Fungsi DATEDIF sanggup dipakai untuk menuntaskan perhitungan yang berkaitan dengan pengolahan tanggal. Fungsi ini membutuhkan tanggal awal dan tangal tamat sebagai parameter perhitungan yang akan menghasilkan angka sebagai selisih dari tanggal tersebut baik dalam bentuk Tahun, Tanggal ataupun Hari.

Syntax Fungsi DATEDIF untuk menghitung masa kerja :
=DATEDIF(startdate; enddate;unit)

> Argumen Start_Date

Untuk menghitung masa kerja dengan Fungsi DATEDIF diharapkan tanggal awal atau tanggal masuk kerja seorang karyawan pada sebuah perusahaan. Argumen ini diisi dengan tanggal masuk kerja tersebut sebagai tanggal awal perhitungan.

> Argumen End_Date

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Fungsi DATEDIF membutuhkan adanya tanggal tamat sebagai syarat untuk perhitungan. Untuk menghitung masa kerja dengan Fungsi DATEDIF ini argumen end_date diisi dengan tanggal tamat dari periode yang akan dihitung. Tanggal tamat ini sanggup berupa tanggal keluar kerja, tanggal hari ini atau tanggal lebaran kalau akan menghitung THR.

> Argumen unit

Argumen unit iini sanggup diisi dengan "Y" kalau ingin menghasilkan jumlah total tahun atau diisi dengan "YM" untuk menghasilkan jumlah total bulan dalam periode yang dihitung tersebut. 


Contoh Pengunaan Fungsi DATEDIF Untuk menghitung Masa Kerja Pegawai



Untuk penggunaan Fungsi DATEDIF dalam menghitung masa kerja pegawai ada dua rujukan penggunaan rumus yang akan digunakan. Contoh pertama merupakan rumus tanpa teks tahun sedangkan rujukan kedua memakai teks tahun. 

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar dibawah ini :


menghitung masa kerja pegawai dalam excel Cara Menghitung Masa Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel

Rumus yang dipakai untuk menghitung masa kerja pegawai pada kolom F, G, H da I diatas ialah sebagai berikut :


Rumus kolom F menghitung Tahun :
=DATEDIF(D4;E4;"Y")

Rumus Kolom G menghitung Bulan :
=DATEDIF(D4;E4;"YM")

Rumus kolom H menghitung Tahun +Teks
=DATEDIF(D4;E4;"Y")&" Tahun "

Rumus kolom I menghitung Bulan +Teks
=DATEDIF(D4;E4;"YM")&" Bulan "

Dalam rujukan diatas terlihat bahwa Fungsi DATEDIF ini memang sanggup dipakai untuk menghitung masa kerja pegawai. Perhitunga ini sangat gampang alasannya hanya memasukan tanggal masuk kerja dan tanggal tamat sebagai parameter untuk perhitungan. Pada prinsipnya banyak fungsi Excel yang sanggup dipakai untuk menghitung masa kerja pegawai untuk memudahkan siapapun dalam menentukan fungsi mana yang akan dipakai pada ketika pengolahan data tersebut.

Untuk pengisian tanggal tamat kalau akan memakai tanggal kini maka sanggup memakai fungso NOW atau TODAY. Fungsi NOW atau TODAY ini telah aku bahas pada artkel yang lain, silakan dipelajari.

Saya berharap artikel ini membantu Anda dalam menuntaskan duduk masalah seputar perhitungan masa kerja pegawai pada Microsft Excel. Saya akan bahas fungsi lainnya pada artikel selanjutnya. Semoga artikel ini bermanfaat. 


Sumber http://adh-excel.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Kala Kerja Pegawai Dengan Rumus Pada Microsoft Excel"

Posting Komentar