Rekan Kerja, Anda sudah pernah mendengar istilah masa disrupsi? Era disrupsi terjadi ketika suatu penemuan gres masuk ke pasar dan membuat imbas disrupsi yang cukup berpengaruh sehingga mengubah struktur pasar yang sebelumnya.
Fenomena imbas disrupsi sanggup Anda temukan di Indonesia. Contohnya, Anda sanggup menemukan adanya konflik antara ojek pangkalan dengan ojek daring, taksi konvensional dengan taksi daring, dan aneka macam marketplace online yang cukup mengubah tren jual beli untuk beberapa produk menyerupai telepon genggam.
Era disrupsi ini tidak sanggup disepelekan alasannya yaitu bisa saja perusahaan Anda yang nanti akan terkena dampaknya. Oleh alasannya yaitu itu, sebagai pemimpin perusahaan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menghadapi masa disrupsi, yaitu :
1. Jangan pernah berhenti berinovasi
Beberapa perusahaan yang telah mengalami kebangkrutan alasannya yaitu tidak sanggup menyesuaikan diri (Sumber : bridgesoutheast.com)
Pasar mempunyai selera yang terus berubah seiring perkembangan zaman. Lalu, apakah perusahaan sanggup memberhentikan perubahan selera konsumen tersebut? Tentu tidak. Justru perusahaan lah yang harus sanggup berinovasi menyesuaikan selera konsumen. Jika tidak, perusahaan Anda seiring waktu akan ditinggalkan konsumennya secara perlahan menyerupai brand Nokia, Kodak, dan Blackberry.
2. Jangan “berlindung” di bawah regulasi
Aksi protes anti taksi daring di London (Sumber : telegraph.co.uk)
Perkembangan teknologi membuat konsumen mempunyai opsi yang lebih banyak untuk dipilih. Oleh alasannya yaitu itu, bila perusahaan Anda menjadi korban dari masa disrupsi, tidak seharusnya perusahaan Anda “berlindung” di balik regulasi pemerintah, berusaha mencari-cari kesalahan dari kompetitor Anda. Karena, dengan maupun tanpa regulasi pun kompetitor Anda akan tetap berkembang dan justru malah perusahaan Anda yang degradasi.
3. Manfaatkan teknologi
Teknologi menjadi salah satu faktor penarik konsumen (Sumber : bgr.com)
Konsumen mempunyai hak untuk menentukan jasa maupun produk perusahaan yang menunjukkan aneka macam kelebihan, baik dari segi harga, kepraktisannya, fasilitas pembayarannya, dan kecepatan jasa tersebut. Oleh alasannya yaitu itu, sudah seharusnya perusahaan Anda memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas jasa perusahaan Anda. Ditambah lagi, pangsa pasar ketika ini sudah didominasi oleh Generasi Milenial dan Generasi Z sehingga teknologi menjadi salah satu faktor mereka menentukan jasa maupun produk yang akan digunakan.
4. Jangan pernah merasa merasa puas
Perusahaan harus selalu berkembang (Sumber : oestatistico.com.br)
Setiap produk mempunyai siklusnya masing-masing. Berdasarkan teori The 4 Product Life Cycle Stages (PLC), suatu produk akan mengalami 4 tahapan siklus, yaitu introduction (perkenalan), growth (pertumbuhan), maturity (pematangan), dan decline (penurunan). Jadi, ketika produk maupun jasa perusahaan Anda sedang dalam tahapan growth, perusahaan Anda jangan terlalu berpuas diri. Sebab di ketika itu, perusahaan-perusahaan lain akan mulai bisa menarik pasar gres melalui produk-produk gres yang mereka hasilkan.
5. Ciptakan hubungan yang “Customer Oriented”
Kecepatan layanan customer service juga memengaruhi konsumen (Sumber : skift.com)
Pada masa disrupsi ini, penting bagi perusahaan Anda untuk menyediakan aneka macam layanan yang sanggup berorientasi pada konsumen. Perusahaan sanggup mengatakan aneka macam jadwal loyalty, pecahan harga, fasilitas pembayaran, dan menyediakan layanan customer service yang solutif dan cekatan. Ingat, layanan ini akan membuat para konsumen lebih menentukan perusahaan Anda daripada perusahaan lainnya atau meninggalkan perusahaan Anda.
Itulah 5 hal yang sanggup Anda perhatikan sebagai pimpinan perusahaan untuk menghadapi masa disrupsi ini. Semoga tips ini sanggup membantu perusahaan Anda untuk sanggup tetap eksis pada masa ini ya! Sukses selalu, Rekan Kerja! Baca juga aneka macam pengetahuan yang akan berbagi karier maupun perusahaan Anda hanya di aplikasi ruangkerja dengan mengklik gambar di bawah ini!
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Mengenal Masa Disrupsi (Disruption Era) Dan Seni Administrasi Menghadapinya"
Posting Komentar