Matematika Kelas 11 | Meningkatkan Secara Optimal Dan Kegiatan Linear

optimasi dan jadwal linear

Cara menuntaskan jadwal linear dengan gampang dibahas di artikel ini melalui teladan kasatmata di kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar.

--

Siapa sih yang nggak mengagumi Bapak Proklamasi kita, Ir. Soekarno? Jasanya buesaaaar sekali bagi kemerdekaan Indonesia, Squad. Namun tahu nggak jikalau ia pernah punya sahabat? Yap, namanya yaitu Che Guevara, revolusioner sekaligus Menteri Perindustrian negara Kuba. Bayangin, sama gigihnya ibarat Bung Karno, Che Guevara mengangkat perekonomian Kuba dari keadaan genting menggunakan prinsip penyelesaian jadwal linear dalam matematika!

Fyi, penyelesaian jadwal linear digunakan untuk meningkatkan secara optimal atau mencari nilai yang paling efektif dari suatu proses. Nah, Che Guevara memanfaatkannya untuk mengolah industri-industri Kuba. Program linear membantu mengetahui berapa sih materi baku yang harus digunakan suatu pabrik biar biaya produksi serendah mungkin tapi manfaatnya semaksimal mungkin. Penasaran kan gimana cara meningkatkan secara optimal dengan menuntaskan jadwal linear? Cekidot!

Soekarno dan Che Guevara

Presiden Soekarno berdiskusi dengan Che Guevara (sumber: news.lewatmana.com)

Program linear biasanya berbentuk sistem pertidaksamaan linear dua variabel, Squad. Kamu harus mengingat kembali materi pertidaksamaan dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Perlu kau ketahui juga jikalau meningkatkan secara optimal dengan menuntaskan jadwal linear ada beberapa cara. Pastinya yang diterangkan di sini yang paling gampang dong. Yuk pribadi cek langkah-langkah meningkatkan secara optimal dengan menuntaskan jadwal linear.

Langkah-langkah meningkatkan secara optimal jadwal linear

Baca juga: Mencari Sisa dan Faktor Polinomial 

Industri yang berkembang di Kuba ketika itu yaitu industri gula. Misalnya untuk menciptakan gula pada suatu pabrik diharapkan materi baku tebu jenis X dan Y. Banyaknya tebu X dan tebu Y yang sanggup diolah tidak lebih dari 6 peti kemas. Satu peti kemas untuk tebu X beratnya 2 ton dan satu peti kemas untuk tebu Y beratnya 3 ton.

Padahal, berat total peti kemas tebu X dan Y dihentikan lebih dari 15 ton biar kendaraan pengangkut tidak overweight. Bila satu peti kemas tebu jenis X menghasilkan 3 ton gula dan satu peti kemas tebu jenis Y menghasilkan 4 ton gula, dengan semua syarat di atas, berapa maksimum berat gula yang sanggup dihasilkan?

Masalah di atas yaitu dilema yang sanggup diselesaikan dengan meningkatkan secara optimal dari menuntaskan jadwal linear, Squad. Kok bisa? Karena kita mencari banyaknya tebu X dan Y paling efektif untuk menghasilkan gula semaksimal mungkin walaupun terdapat ibarat jumlah peti kemas dihentikan lebih dari 6 dan berat totalnya dihentikan lebih dari 15 ton. Langsung aja yuk kita ikuti langkah-langkah di atas.

1. Buat sistem pertidaksamaan linear dari dilema yang ada

Gimana tuh cara menciptakan sistem pertidaksamaannya? Slow Squad gampang kok. Coba lihat nih. 

langkah-langkah progra linear
 
2. Selesaikan sistem pertidaksamaan linear tersebut

Caranya gimana hayo? Kita harus menggabungkan semua pertidaksamaan tersebut dalam satu grafik Squad. Ingat lho cara menggambar grafik yaitu cari dulu titik x ketika y = 0 dan titik y ketika x = 0 kemudian kedua titik tersebut dihubungkan deh. Buka lagi deh materi persamaan garis lurus dan dilema polusi udara. Jangan lupa buat diarsir sesuai tanda pertidaksamaannya ya. Kalau lebih dari di atas dan kurang dari di bawah. Nanti jadi ibarat ini deh.

uji titik jadwal linear
 
3. Lakukan uji titik yang sesuai di penyelesaian sistem pertidaksamaan yang dihasilkan

Uji titik itu gimana sih? Gini, kita kan mau tau nih jumlah gula maksimum yang dihasilkan berapa. Satu peti kemas tebu X menghasilkan 3 ton gula. Padahal ada sebanyak x peti. Maka tebu X sanggup menghasilkan 3x ton gula. Begitu pula dengan tebu Y. Ada sebanyak y peti dan masing-masing menghasilkan 4 ton gula. Maka tebu Y sanggup menghasilkan 4y ton gula. Maka dihasilkan total gula sebanyak

Total gula = 3x + 4y

Nah, x dan y nya diisi berapa tuh? Kita isi dengan x dan y dari titik-titik kritis. Titik kritis yaitu titik yang termasuk kawasan penyelesaian sistem pertidaksamaan namun merupakan titik perpotongan 2 garis atau lebih. Coba deh cari dulu titik kritisnya.

Didapat deh 3 titik kritis tuh yaitu (0,5), (3,3), dan (6,0). Langsung aja masukin semuanya ke 3x + 4y

uji titik meningkatkan secara optimal jadwal linear

Lihat coba tuh. Saat dimasukkan x = 3 dan y = 3 maka 3x + 4y paling besar kan? Makara biar berat gula yang dihasilkan maksimu, jumlah peti tebu jenis X haruslah sebanyak 3 peti kemas dan jenis Y haruslah sebanyak 3 peti kemas. Nanti dihasilkan deh gula seberat 21 ton.

Itu lah manfaat dari jadwal linear. Kita sanggup tahu harus berapa banyak materi baku yang digunakan biar karenanya sanggup optimal. Kalau karenanya optimal, untungnya gede juga dong. Pantas saja tuh Che Guevara sanggup mengangkat perekonomian Kuba di zaman itu. Kalau kau berguru yang rajin, kau juga niscaya sanggup ibarat ia Squad. Semangat 45!

siapa che guevara

Kalau kau tertarik untuk berguru lebih dalam lagi, pribadi aja daftar di ruangbelajar. Banyak banget lho video materi dan pembahasan soal. Tunggu apa lagi? Sikat Squad!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Matematika Kelas 11 | Meningkatkan Secara Optimal Dan Kegiatan Linear"

Posting Komentar