Remote Login Dengan Ssh Tanpa Password Di Ubuntu Server


Jika pada goresan pena sebelumnya saya menuliskan tutorial mengganti port layanan SSH server, kini di tutorial kali ini, saya akan membahas bagaimana melaksanakan remote login SSH ke server tanpa harus mengetikkan password, menyerupai yang biasanya selalu dilakukan untuk login. Oh iya, anda tentu saja sudah harus mempunyai akun user di dalam server tujuan, kalau anda tidak punya, bagaimana anda dapat masuk ke dalam server tersebut? Secara brute force? He he he jangan menyerupai itu ya, alasannya ialah tindalan tersebut merupakan tindak pidana, masuk ke dalam “rumah” orang lain tanpa ijin. Jika anda memakai remote klien menyerupai JuiceSSH di android atau PuTTY di Windows, anda dapat menyimpan user dan password anda di aplikasi tersebut, sehingga setiap kali anda akan login, aplikasi tersebut secara otomatis memasukkan password secara otomatis. 

Bagaimana kalau remote login yang anda lakukan dari terminal Ubuntu Desktop ?

Coba ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pertama-tama pastikan server tujuan membuka layanan remote login ssh dengan menjalankan perintah di bawah:

 sudo nmap [domain/ip_tujuan]

sehingga menghasilkan output menyerupai di bawah:


Jika anda melihat bahwa default port 22 terbuka, berarti server siap melayani remote login memakai SSH dari klien (komputer anda)

2. Kemudian anda menggenerate sepasang hybrid key (public and private key) di komputer klien dengan perintah:

 ssh-keygen

silakan tekan ENTER semoga dipilih opsi default sampai final menciptakan sebuah hybrid key menyerupai yang tertampil di gambar di bawah:


3. Server tujuan saya memakai alamat IP 192.168.0.2 sedangkan user yang saya pakai untuk remote login berjulukan “himawan” , maka yang harus saya lakukan selanjutnya dalah membagi hybrid key tadi ke server tujuan dengan menjalankan perintah:

 ssh-copy-id himawan@192.168.0.2

sehingga akan tertampil output menyerupai yang ditunjukkan pada gambar di bawah:


4. Jika anda berhasil menyalin hybrid key klien ke server tujuan, langkah selanjutnya ialah mencoba login ke dalam server dengan perintah:

 ssh himawan@192.168.0.2

hasil login secara remote dengan SSH tanpa password akan berhasil anda lakukan, sehingga saya memilik tampilan output menyerupai di bawah:


Yup, gampang bukan melaksanakan konfigurasi remote login tanpa password? Fitur ini nantinya akan mempunyai kegunaan kalau anda ingin menggunakannya dipadukan dengan remote synchronizing (rsync) antar komputer melewati jaringan.

Beberapa artikel terkait:



Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Remote Login Dengan Ssh Tanpa Password Di Ubuntu Server"

Posting Komentar