Monitoring Koneksi Jaringan Real Time Memakai Iptraf Di Ubuntu Server


Kali ini aku akan membahas bagaimana melaksanakan monitoring koneksi secara riil time di Ubuntu server. Untuk melaksanakan monitoring ada banyak tools yang dapat dipakai salah satu yang akan aku bahas disini yaitu tools iptraf.

Tools iptraf ini dapat dipasang dimana saja dan terus terang tools ini sering aku gunakan untuk monitoring koneksi di Ubuntu Server. Kenapa? alasannya yaitu tools ini berbasis CLI jadi sangatlah pas jikalau dipakai di Ubuntu Server yang notabene tidak ada tools GUI-nya. Aplikasi ini juga bukan layanan server, sehingga dipakai dikala dibutuhkan saja.

Aplikasi iptraf secara default belum terinstall di Ubuntu Server, untuk instalasinya terang tinggal menjalankan perintah:

 sudo apt-get install iptraf

sehabis sukses terinstall untuk menggunakannya anda cukup menjalankan perintah:

 sudo iptraf

jikalau berhasil, anda akan disuguhi tampilan iptraf menyerupai berikut:


lalu silakan tekan tombol ENTER, untuk melanjutkan ke hidangan berikutnya di bawah:


dari situ anda dapat menentukan apa yang ingin di monitor, disitu aku menentukan hidangan IP Traffic Monitor, jadi aku akan memonitoring siapa saja yang melaksanakan koneksi di dalam server menurut alamat IP:


pada hidangan selanjutnya di aplikasi iptraf, aku dapat menentukan akan memonitor koneksi dari seluruh kartu jaringan atau salah satu kartu jaringan yang terpasang di mesin Ubuntu Server saya. Misal aku menentukan salah satu kartu jaringan (eth0), maka tampilannya menyerupai berikut:


dari gambar di atas terlihat bahwa alamat yang melaksanakan koneksi ke dalam Ubuntu server (192.168.0.250) yaitu komputer dengan alamat 192.168.0.1. Komputer dengan alamat 192.168.0.1 tersebut melaksanakan 2 koneksi yaitu koneksi SSH dengan port 22 dan koneksi SAMBA dengan port 445. Untuk keluar dari aplikasi iptraf kita tinggal memencet tombol Q.

Tertarik mencoba? Semoga membantu dan terima kasih telah berkunjung.




Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Monitoring Koneksi Jaringan Real Time Memakai Iptraf Di Ubuntu Server"

Posting Komentar