Kenali Tingkat Kualitas Bunyi Cucak Rowo Anda Sebelum Dinilai Juri Lomba

Tidak semua cucak rowo mempunyai kualitas bunyi yang baik. Kualitas bunyi burung kicau biasanya  dipengaruhi banyak faktor, mulai dari kualitas bakalan sampai teknik perawatan. Anda perlu mengenali kualitas bunyi cucak rowo sebelum diikutsertakan dalam perlombaan. Hal ini akan membantu Anda menentukan Cucak rowo yang akan dilombakan serta menyusun taktik perawatannya.

Meskipun evaluasi kualitas bunyi burung tergantung pendapat juri, ada janji umum terkait tingkatan kualitas suaranya. Berikut ini akan dibahas tingkat kualitas bunyi cucak rowo yang perlu Anda kenali.

  1. Suara gedongan
Tidak semua cucak rowo mempunyai kualitas bunyi yang baik Kenali Tingkat Kualitas Suara Cucak Rowo Anda Sebelum Dinilai Juri Lomba
Source – youtube

Istilah gedongan atau ngingklung berasal dari kata ngelingkung atau lingkungan. Suara gedongan berarti bunyi cucak rowo sudah mirip kicauan burung umum yang sering Anda dengar. Suara gedongan merupakan tingkat kualitas bunyi terendah lantaran bunyi cucak rowo telah kehilangan bunyi asli/ alam/ murninya.

Cucak rowo dengan tingkat bunyi gedongan menirukan bunyi burung jenis lain atau suara-suara dari lingkungan sekitarnya. Kicauannya menjadi jarang terdengar, lambat, dan tidak jernih. Hal ini sering disebabkan oleh perawatan yang kurang baik dari pemilik.

  1. Suara engkel

Kualitas bunyi engkel setingkat lebih baik dari bunyi gendongan. Burung masih mempunyai bunyi khas namun kurang tebal, mengambang, serta bertempo lambat. Kualitas bunyi engkel sering dialami oleh cucak rowo kalimantan jantan dengan perawatan yang keliru.

  1. Suara engkel panjang
Tidak semua cucak rowo mempunyai kualitas bunyi yang baik Kenali Tingkat Kualitas Suara Cucak Rowo Anda Sebelum Dinilai Juri Lomba
Source – tokopedia

Cucak rowo yang mempunyai bunyi engkel, paling tidak sanggup ditingkatkan kualitasnya sampai mempunyai tingkat bunyi engkel panjang. Ciri kualitas bunyi engkel panjang atau engkel ngelagu ialah hanya menonjolkan variasi-variasi kicauan yang panjang.

Cucak rowo dengan bunyi engkel panjang rajin berkicau dengan variasi yang panjang, tetapi jarang mempunyai irama yang cepat. Cucak rowo jantan asal Medan, Riau, dan Jambi yang mengalami salah perawatan sering mempunyai kualitas bunyi ini.

  1. Suara semi roppel/ semi rovel

Cucak rowo dengan kualitas bunyi semi roppel sudah mempunyai kecepatan bunyi yang baik. Meskipun demikian, jarak/ celah di antara variasi kicauan yang terdengar masih menjadi kekurangan. Cucak rowo Aceh dan Jambi dengan perawatan yang baik sanggup mencapai kualitas bunyi ini.

  1. Suara double slah
Tidak semua cucak rowo mempunyai kualitas bunyi yang baik Kenali Tingkat Kualitas Suara Cucak Rowo Anda Sebelum Dinilai Juri Lomba
Source – youtube

Double slah sanggup dianggap sebagai istilah gres dan masih kurang terkenal di kalangan pencinta burung. Kualitas bunyi double slah ditandai dengan kecepatan bunyi kicau yang tergolong baik. Meskipun demikian, masih terdapat celah antar variasi kicauan yang memungkinkan bunyi cucak rowo lain mengikutinya.

Cucak rowo jantan yang berasal dari Lampung, Jambi, dan Riau umumnya mempunyai bunyi dengan tingkat kualitas double slah. Cucak rowo Medan betina juga tidak sedikit yang mempunyai kualitas bunyi ini namun dengan tempo yang lebih lambat.

  1. Suara roppel/ rovel

Suara roppel merupakan tingkat terbaik dari kualitas bunyi cucak rowo. Suara roppel mempunyai ciri bunyi yang panjang dan bergulung-gulung. Kicauannya seakan-akan tidak mempunyai jarak sehingga tidak ada celah yang terdengar di antara variasi dan tiap untaian iramanya. Cucak rowo bersuara roppel akan terdengar besar dan keras.

Cucak rowo betina asal Medan dan cucak rowo jantan asal Lampung banyak mempunyai kualitas bunyi ini. Jenis betina pada umumnya bersuara roppel lebih baik dibandingkan yang jantan. Penyebab utamanya ialah Cucak rowo jantan masih mau mengicaukan bunyi jenis burung lain sehingga nada kicaunya terdengar kurang murni.

Sebaliknya, cucak rowo betina bersuara roppel hanya akan mengicaukan bunyi murninya. Kekurangan utama cucak rowo betina ialah kurang rajin berkicau dibandingkan cucak rowo jantan.

Dari pembahasan di atas, Anda sanggup menilai kualitas bunyi cucak rowo yang Anda miliki. Selain itu, Anda akan mengetahui bakalan cucak rowo yang mempunyai kualitas bunyi mirip yang diharapkan. Ingat! Perawatan cucak rowo yang keliru akan menurunkan kualitas suaranya.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kenali Tingkat Kualitas Bunyi Cucak Rowo Anda Sebelum Dinilai Juri Lomba"

Posting Komentar