7 Cara Mengatur Keuangan Dari Honor Bulanan

Rekan Kerja, apakah Anda merasa susah untuk mengatur honor bulanan? Kesulitan dalam mengatur honor bulanan, tidak hanya dialami oleh segelintir orang. Banyak masyarakat modern ketika ini yang mengalami kesulitan untuk mengatur honor setiap bulannya. Lebih besarnya pengeluaran dan kebutuhan dibandingkan pemasukan menciptakan Anda sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, Anda akan selalu merasa kurang dan tentunya tidak bisa menabung untuk kebutuhan di masa depan. So, mulai hari ini coba deh beberapa tips di bawah ini supaya Anda sanggup mengatur honor dengan bijak. Penasaran? Yuk, simak tipsnya.

1. Susun planning keuangan bulanan

cara mengatur keuanganMembuat planning keuangan bulanan (Sumber: caringkindnyc.org)

Hal pertama yang penting untuk Anda lakukan yaitu menyusun planning keuangan pribadi. Mulailah menciptakan daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian, yaitu kebutuhan primer dan tersier. Kebutuhan primer misalnya menyerupai makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah atau kendaraan, dan lainnya. Sedangkan kebutuhan tersier misalnya menyerupai anggaran untuk belanja, nonton bioskop, traveling, sampai anggaran hangout dengan teman-teman atau kolega. Jangan lupa untuk menyediakan dana darurat, menyerupai biaya sakit atau servis kendaraan.

2. Langsung sisihkan uang tabungan

cara mengatur keuanganSisihkan uang untuk menabung (Sumber: maxgrowthcap.com)

Jika Anda terbiasa menyisihkan sisa honor untuk tabungan, kali ini cobalah untuk menyisihkan honor tabungan sebelum Anda menggunakannya untuk keperluan lain sehari-hari. Anda sanggup menyisihkan sekitar 10% dari honor untuk ditabung. Selain menyisihkan uang tabungan, Anda juga perlu mencatat dan mengumpulkan nota belanja setiap kali Anda berbelanja kebutuhan. Hal ini akan membantu mengendalikan pengeluaran serta menekan harapan untuk membeli yang tidak terlalu penting.

3. Buat rekening khusus untuk menabung

cara mengatur keuanganBuat rekening khusus menabung (Sumber: bugetul.ro)

Anda sanggup menciptakan dua macam rekening berbeda untuk membantu mengelola uang bulanan. Pilihlah rekening dengan biaya manajemen bulanan yang rendah atau yang tidak mempunyai kemudahan kartu ATM. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, menyerupai mendapatkan gaji, membayar tagihan, dan belanja. Rekening lainnya sanggup Anda gunakan khusus untuk menabung. Jangan gampang termakan untuk mengutak-atik rekening tabungan Anda untuk kebutuhan sehari-hari. Tabunglah uang Anda menyerupai kewajiban yang harus Anda penuhi setiap bulannya.

4. Buat laporan keuangan harian

cara mengatur keuanganBuat laporan keuangan (Sumber: compoundingpennies.com)

Jangan buang struk yang Anda dapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran Anda setiap harinya. Cara ini akan membantu Anda mengetahui ke mana saja uang yang dipakai selama ini, serta menganalisis barang apa saja yang bergotong-royong tidak harus dibeli atau dikurangi di bulan yang akan datang.

5. Lakukan perbandingan antara pengeluaran dengan anggaran

cara mengatur keuanganBuat perbandingan antara pengeluaran dan anggaran (Sumber: wealthmanagement.com)

Jika di awal Anda sudah menyusun planning keuangan yang jelas, tentu Anda sudah sanggup mengira-ngira berapa uang yang akan terpakai dalam satu bulan. Nah, sesudah itu Anda sanggup mulai membandingkan asumsi tersebut dengan realita pengeluaran bulanan. Hal ini wajib Anda lakukan untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang sudah dibentuk atau malah melebihi anggaran tersebut. Jika yang terjadi kurang, pastinya Anda harus melaksanakan revisi terhadap anggaran tersebut. Bandingkan dengan catatan pengeluaran harian Anda untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang mengeluarkan dana paling besar.

6. Segera bayar tagihan

cara mengatur keuanganBayar tagihan di awal bulan (Sumber: lennycredit.com)

Begitu honor bulanan Anda masuk ke rekening, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu membayar semua tagihan di awal bulan. Mulai dari tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan supaya tidak mengganggu biaya kebutuhan Anda sehari-hari. Membayarkan semua tagihan di awal bulan tentu akan menciptakan Anda lebih hening untuk mengatur kebutuhan bulanan lainnya.

7. Investasi

cara mengatur keuanganBerinvestasi (Sumber: investleaks.com)

Langkah terakhir, sesudah Anda menyisihkan honor bulanan untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari namun masih ada kelebihan dana, ada baiknya Anda memakai dana tersebut untuk investasi. Anda sanggup mengikuti asuransi, Reksa Dana, ataupun membeli emas dan komplemen dengan nilai jual tinggi. Cara ini tentunya berbeda dengan menabung, alasannya ketika menabung Anda sanggup mengambilnya kapan saja. Berbeda dengan investasi yang tidak bisa Anda ambil kapan pun sesuai keinginan. Berinvestasi akan memperlihatkan Anda laba di masa depan.

Menggunakan uang yang Anda dapatkan dengan bijak merupakan salah satu cara menghargai perjuangan dan kerja keras yang sudah dilakukan. Yuk, asah terus kemampuan soft skill lainnya dalam dunia profesional dengan mengunduh aplikasi ruangkerja. So, tunggu apa lagi? Klik gambar di bawah ini untuk unduh dan mulai dapatkan keuntungannya sekarang!

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Mengatur Keuangan Dari Honor Bulanan"

Posting Komentar