4 Seni Administrasi Menyiapkan Cucak Rowo Berkualitas Juara

Menyiapkan cucak rowo yang mempunyai kualitas juara dalam lomba membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan pengalaman dan persiapan yang matang untuk membentuk cucok rowo biar siap tampil dan bisa berkompetisi dengan burung akseptor lainnya.

Meski butuh waktu, bukan berarti menyiapkan cucak rowo untuk bertanding yaitu hal yang sulit. Simak 4 strategi menyiapkan cucak rowo berkualitas juara di bawah ini.

  1. Mengenal abjad cucak rowo
Menyiapkan cucak rowo yang mempunyai kualitas juara dalam lomba membutuhkan waktu yang tida 4 Strategi Menyiapkan Cucak Rowo Berkualitas Juara
Source – Binatangpeliharaan

Kunci dasar persiapan cucak rowo untuk lomba yaitu mengenal terlebih dahulu abjad burung tersebut. Beberapa seni administrasi yang akan dijabarkan sehabis ini bukanlah hal yang mutlak. Anda bisa memodifikasinya sesuai abjad atau kebiasaan cucak rowo Anda.

Sebagai panduan umum, karakter dasar cucak rowo yaitu sebagai berikut:

  • Semi petarung; cucak rowo bukanlah burung petarung murni. Daya tarung mempunyai kegunaan untuk menjaga daerahnya. Kondisi berahi pada tingkat tertentu menjaga daya tarung cucak rowo
  • Sulit menyesuaikan diri pada lingkungan baru. cucak rowo gampang kaget jikalau ada yang mengganggu ketenangannya
  • Mudah stres
  • Relatif gampang dijinakkan
  1. Membangun mental/kepercayaan diri cucak rowo
Menyiapkan cucak rowo yang mempunyai kualitas juara dalam lomba membutuhkan waktu yang tida 4 Strategi Menyiapkan Cucak Rowo Berkualitas Juara
Source – youtube

Membangun mental cucak rowo yaitu prioritas pertama jikalau Anda akan mengikutsertakannya dalam lomba. Hal ini disebabkan cucak rowo yang tidak mempunyai mental yang anggun akan stres ketika digantung dalam gantang di perlombaan.

Walau tidak sulit, membangun mental cucak rowo tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Berikut ini beberapa tips jitu membangun mental Cucak rowo:

  • Menjinakkan cucak rowo biar tidak stres ketika berhadapan dengan manusia. Cucak rowo yang sudah dijinakkan akan lebih gampang dilatih.
  • Memberikan latihan ringan pada cucak rowo secara rutin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menempatkan cucak rowo Anda dengan cucak rowo lainnya yang seumur secara berdampingan.
  • Cucak rowo Anda yang sudah gampang dan lancar berkicau pada ketika melaksanakan latihan kecil mengindikasikan iman diri yang sudah terbangun. Langkah berikutnya yaitu membawanya ke aneka macam perlombaan. Hal ini bertujuan biar burung terbiasa dengan keramaian ketika lomba sedang berlangsung.
  1. Melakukan pemasteran yang tepat
Menyiapkan cucak rowo yang mempunyai kualitas juara dalam lomba membutuhkan waktu yang tida 4 Strategi Menyiapkan Cucak Rowo Berkualitas Juara
Source – Binatangpeliharaan

Secara umum pemasteran sanggup dilakukan selama 7-8 jam sehari dan dimulai sehabis perawatan pada pagi hari. Anda sanggup memperdengarkan bunyi master sesuai impian ke burung Anda.

Pemasteran juga sanggup dilakukan pada malam hari sehingga lebih gampang terekam oleh memori burung. Pemsteran yang baik dilakukan ketika kondisi burung dalam keadaan istirahat atau rileks. Dengan demikian, burung Anda akan lebih gampang mendapatkan bunyi master dan menirukannya. Selain itu, volume bunyi master tidak perlu terlalu besar namun cukup terdengar dengan jelas.

  1. Memberikan contoh makanan yang sesuai
Menyiapkan cucak rowo yang mempunyai kualitas juara dalam lomba membutuhkan waktu yang tida 4 Strategi Menyiapkan Cucak Rowo Berkualitas Juara
Source – pixabay

Memberikan contoh makan yang sempurna penting untuk menciptakan kondisi cucak rowo siap menjalani perlombaan. Dengan demikian, burung akan mempunyai timgkat berahi yang diinginkan dan stamina yang bagus. Adapun pola makan yang direkomendasikan sebelum mengikuti perlombaan yaitu sebagai berikut:

  • H-3 sebelum lomba: asupan jangkrik sanggup dinaikkan menjadi 8 ekor pada pagi hari dan 4 ekor pada sore hari.
  • H-2 sebelum lomba: contoh makan masih tetap sama dan burung sebaiknya dijemur paling usang 30 menit.
  • Satu Jam sebelum dinaikkan ke gantang lomba: berikan jangkrik 3 ekor dan ulat hongkong 10-20 ekor. Apabila burung akan berlomba kembali, berikan jangkrik 1 ekor.

Selain keempat seni administrasi di atas, hal lain yang harus diperhatikan yaitu jangan memandikan burung ketika menjelang lomba dimulai. Hal ini akan menciptakan kondisi berahi cucak rowo menjadi tidak stabil.

Anda harus memahami bahwa cucak rowo berkualitas juara tidak didapatkan secara otomatis. Selain lantaran bakalan yang berkualitas bagus, perawatan yang baik akan sangat memengaruhi. Semoga dengan menerapkan keempat seni administrasi di atas, Anda sanggup membentuk cucak rowo berkualitas juara.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Seni Administrasi Menyiapkan Cucak Rowo Berkualitas Juara"

Posting Komentar