Dampak Konkret Dan Negatif Inflasi Terhadap Negara

Squad, apa yang kalian pikirkan ketika mendengar kata "inflasi"? Pasti kalian memikirkan harga barang-barang yang meningkat. Tahukah kamu, ternyata dengan adanya inflasi, nilai uang yang kita punya akan menurun. Memangnya, apa saja sih dampak positif dan negatif inflasi? Kenapa ya, masyarakat cemas jika inflasi terjadi? Yuk, kita bahas apa saja efek inflasi. Ternyata, inflasi mempunyai efek positif dan efek negatif, lho!

DAMPAK POSITIF INFLASI

Kedengarannya gila ya, inflasi kok malah menguntungkan? Makara begini, Squad. Bagi sebagian pihak, misalnya debitur (orang yang mendapatkan utang) akan mendapatkan untung alasannya yaitu dengan adanya inflasi, uang yang ia kembalikan akan mempunyai nilai lebih rendah dibanding dikala meminjam.

Dampak Positif dan Negatif Inflasi

Lalu, siapa lagi, ya, orang-orang yang menerima untung dengan adanya inflasi ini?

Orang-orang yang menerima untung dengan adanya inflasi antara lain para pengusaha yang mempunyai pendapatan yang lebih tinggi dibandingkan kenaikan biaya produksinya. Jika harga barang naik (saat inflasi), produsen akan terdorong untuk meningkatkan jumlah barangnya. Nah, peningkatan jumlah barang ini tentu akan meningkatkan penghasilan produsen. Apalagi kalau barang yang dijual merupakan kebutuhan pokok yang akan tetap dibeli orang banyak meskipun harganya naik. Wah, ternyata inflasi punya efek positif yang cukup besar juga ya, Squad! 

DAMPAK NEGATIF:

Squad, kira-kira, apa saja ya efek negatif inflasi? Sebanyak efek positifnya nggak, ya? Yuk, kita simak pembahasannya! 

1. Kreditur

Sebaliknya, efek negatif akan terasa bagi para kreditur/pemberi pinjaman. Kenapa? Karena dengan adanya inflasi, nilai uang yang mereka terima akan lebih kecil dibandingkan dikala ia meminjamkan (sebelum terjadi inflasi).

2. Orang-orang yang Berpenghasilan Tetap

Mereka yang mempunyai penghasilan tetap ibarat PNS, pegawai swasta, polisi, tentara akan mendapatkan efek jelek dari inflasi ini. Dengan adanya inflasi, harga-harga barang akan naik, sementara pendapatan (gaji) yang mereka terima tidak ikut naik. Lebih jauh, ini berarti inflasi sanggup menurunkan tingkat kesejahteraan rakyat alasannya yaitu daya belinya yang semakin rendah.

3. Perekonomian Nasional

a) Memburuknya distribusi pendapatan

Jika dilihat secara keseluruhan dari sudut pandang negara, inflasi akan menguntungkan bagi mereka yang mempunyai tingkat pendapatan lebih besar daripada laju inflasinya. Akan tetapi, jumlah mereka sangat sedikit bila dibandingkan dengan orang-orang yang mengalami kerugian akhir inflasi. Oleh alasannya yaitu itu, pola pembagian pendapatan di suatu negara menjadi berat sebelah dan tidak merata.

b) Terganggungnya stabilitas ekonomi

Tidak sanggup dipungkiri bahwa inflasi akan menjadikan terganggunya stabilitas ekonomi. Hal ini dikarenakan sewaktu terjadi inflasi, niscaya akan ada kemungkinan bahwa inflasi akan berlangsung terus menerus, yang berarti, harga-harga akan terus naik. Oleh alasannya yaitu itu, para konsumen memutuskan untuk melaksanakan pembelian besar-besaran sebelum harga naik, yang menjadikan permintaan meningkat.

Di sisi lain, produsen akan menurunkan penawaran, alasannya yaitu proses penjualan ketika inflasi akan menjadikan produsen menerima laba yang lebih besar. Oleh alasannya yaitu itu, sanggup disimpulkan bahwa naiknya undangan dan menurunnya penawaran akan mempercepat laju inflasi. Hasilnya, kondisi ekonomi secara umum akan menjadi lebih jelek lagi.

Dampak Positif dan Negatif Inflasi

Squad, ternyata inflasi mempunyai efek positif dan negatif yang cukup siginifikan terhadap perekonomian - baik perekonomian negara maupun per individu. Kamu tertarik untuk mempelajari Inflasi secara lebih luas lagi? Yuk, berguru bersama ruangbelajar, dan siap-siap buat #BelajarJadiMudah! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Konkret Dan Negatif Inflasi Terhadap Negara"

Posting Komentar