Pengertian Relasi Dalam Bahan Fungsi

Agar anda paham pengertian dari relasi, kini coba perhatikan pernyataan berikut ini. "Sekelompok siswa yang terdiri dari enam siswa, yaitu Eka, Budi, Bayu, Ayu, Dwi, dan Satriani. Mereka mempunyai hobi berolahraga. Eka suka bermain voli, Budi suka bermain sepak bola dan catur, Bayu suka bermain sepak bola, Ayu suka bermain badminton dan tenis meja, Dwi suka bermain sepak takraw, dan Satriani suka bermain badminton dan renang".
Sumber gambar: Modifikasi dari Google Images
Perhatikan bahwa ada korelasi antara himpunan anak = {Eka, Budi, Bayu, Ayu, Dwi, dan Satriani } dengan himpunan olahraga = {voli, sepak bola, catur, bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, renang}. Himpunan anak dengan himpunan olahraga dihubungkan oleh kata suka bermain. Dalam hal ini, kata suka bermain merupakan relasi yang menghubungkan himpunan anak dengan himpunan olahraga.

Jadi, relasi dari himpunan A ke himpunan B yaitu korelasi yang memasangkan anggota-anggota himpunan A dengan anggota-anggota himpunan B.

Berdasarkan definisi kekerabatan di atas, akan timbul permasalahan yaitu apakah boleh anggota himpunan A mempunyai pasangan lebih dari satu anggota himpunan B? Begitu juga dengan sebaliknya, apakah boleh anggota himpunan B mempunyai pasangan lebih dari satu anggota himpunan A?

Jawabannya boleh. Misalnya Iwan suka bermain badminton dan sepak bola dan permainan sepak bola disukai oleh Iwan dan Budi. Nah dari ilustrasi tersebut sanggup disimpulkan bahwa anggota himpunan A boleh mempunyai pasangan lebih dari satu anggota himpunan B dan sebaliknya.

Contoh Soal

Diketahui A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {2, 4, 6, 8, 12}. (a) Jika dari A ke B dihubungkan kekerabatan “setengah dari”, tentukan himpunan anggota A yang mempunyai mitra di B. (b). Jika dari B ke A dihubungkan kekerabatan “kuadrat dari”, tentukan himpunan anggota B yang mempunyai mitra di A.

Penyelesaian:
A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {2, 4, 6, 8, 12}.
(a) Jika dari A ke B dihubungkan kekerabatan “setengah dari”, maka himpunan anggota A yang mempunyai mitra di B yaitu {1, 2, 3, 4}

(b) Jika dari B ke A dihubungkan kekerabatan “kuadrat dari”, maka himpunan anggota B yang mempunyai mitra di A yaitu {2}

Nah postingan di atas merupakan pengertian kekerabatan dan teladan soalnya. Bagaimana cara menyajikan suatu relasi?

Sumber http://mafia.mafiaol.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Relasi Dalam Bahan Fungsi"

Posting Komentar