Lakukan 4 Langkah Ini Untuk Meningkatkan Pemahaman Membacamu!

The more that you read, the more things that you know.
The more that you learn, the more place that you go.

- Dr Seuss

Membaca yakni hal yang sangat penting untuk dilakukan. Lebih dari itu, pemahaman dalam membaca jauh lebih penting. Kemampuan yang baik dalam memahami bacaan sanggup kita dapatkan dengan banyak latihan. Bukan sekedar memperbanyak kosa kata dan mempelajari struktur kaliat serta ungkapan, cara memahami bacaan pun juga harus kita latih. Berikut ini yakni cara yang bisa kau pakai untuk meningkatkan pemahamanmu terhadap suatu bacaan!

1. Survei sebelum membaca

Skimming. (Photo by lifeh4ck3r.com)

Sebelum mulai membaca, lakukanlah terlebih dahulu survei singkat. Baca judul dan pecahan pendahuluan, semoga kau bisa tahu secara umum bacaan yang kau hadapi membahas perihal apa. Saat melaksanakan ini, pastikan kau fokus kepada informasi-informasi umum, bukan hal yang spesifik.

Beberapa pecahan lain yang bisa kau baca dalam melaksanakan survei awal antara lain : Judul dan subjudul bab, pecahan awal chapter, kalimat pertama beberapa paragraf, beberapa pecahan visual, atau pecahan kesimpulan.

2. Tentukan tujuanmu

Pikirkan tujuan. Photo by (huffingtonpost.com)

Tentukan dulu tujuanmu dalam membaca sesuatu. Konten apa, pelajaran apa, informasi apa yang kau berusaha dapatkan dari bacaan yang ada. Dengan mengetahui ekspektasimu terhadap bacaan, kau jadi lebih gampang fokus dan mengeliminasi hal-hal yang terdapat dalam bacaan namun kurang relevan dengan kebutuhanmu.

3. Mulai membaca

Mulai baca sesuai kebiasaanmu. (Photo by playbuzz.com)

Setelah mendapat citra umum perihal bacaan, serta mengetahui ekspektasimu terhadap bacaan, saatnya benar-benar mulai membaca. Bacalah dengan kebiasaan terbaikmu dalam membaca. Misalnya, kalau kamu bermasalah dengan lingkungan yang ramai, carilah kawasan sepi. Membaca dengan bersuara juga akan sangat membantu untuk beberapa orang.

4. Buat catatan/highlight pecahan penting

Highlight pecahan penting. (Photo by thelantern.com)

Buat catatan kecil untuk bagian-bagian yang kau rasa penting, atau buat tanda dengan highlighter pada bagian tersebut. Bagian-bagian penting antara lain yang kau anggap sebagai kunci bacaan, ide/konsep penting, poin-poin tertentu, atau kesimpulan. Dengan catatan atau highlight kau akan jauh lebih gampang untuk mengingat apa yang kau baca. Selain itu akan mempermudah kau juga dalam mengakses informasi penting dari bacaan.

5. Review

Jangan lupa review. (Photo by alexinleeds.com)

Setelah selesai membaca, langkah paling sempurna yakni dengan melakukan review terhadap bacaan. Apakah kau mendapat informasi sesuai ekspektasi? Bagian mana yang kau rasa paling pahami? Bagian mana yang masih kurang terperinci dan butuh info tambahan? Dengan melakukan review, kau akan tahu apa yang harus kau lakukan selanjutnya.

 

Smart Buddies, membaca akan menjadi poin yang sangat penting, terutama dalam skill akademik kita. Cobalah teknik-teknik di atas untuk menambah pemahamanmu dari bacaan yang ada. Dengan demikian, proses belajarmu akan jauh lebih efektif dari biasanya.

Kamu punya cara sendiri untuk meningkatkan kemampuan membaca? Jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya!

Sumber : <a href="http://www.educationcorner.com/reading-comprehension.html">Education Corner</a>

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lakukan 4 Langkah Ini Untuk Meningkatkan Pemahaman Membacamu!"

Posting Komentar