Penyebab Dan Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor Paling Efektif

Ciak ekor pada cendet yakni suatu sikap dimana burung mematuki bulu ekornya hingga rusak. Dan keadaan yang ibarat ini sering kali dikeluhkan oleh pecinta burung cendet. Burung cendet yang pada mulanya mempunyai ekor yang rapi dan indah, biasanya mendadak menjadi rusak. Kemudian kadang juga hingga patah. Sehingga anda harus segera mengatasi cendet ciak ekor ini.

Ciak ekor pada cendet yakni suatu sikap dimana burung mematuki bulu ekornya hingga rus Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor Paling Efektif
youtube.com

Cendet yang ciak ekor yang parah sanggup mengganggu penampilannya di lapangan. Oleh alasannya itu, ciak ekor ini sebaiknya segera ditangani dengan baik dan cepat. Agar burung cendet anda mempunyai tampilan fasik yang tepat serta sanggup layak untuk ditampilkan di lapangan.

Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor

Untuk mengatasi ciak ekor pada cendet tidak sanggup dilakukan sembarangan. Akan tetapi, harus diubahsuaikan sesuai dengan penyebabnya.

Over Birahi

Apabila ciak ekor pada cendet disebabkan oleh OB, maka anda sanggup mengatasinya dengan mengurangi santunan EF ibarat kroto, ulat hongkong, ulat kandang, atau ulat jerman.

Buatlah mandi lebih sering dan kurangi penjemuran, atau anda juga sanggup menyetop penjemuran sama sekali. Akan tetapi, apabila dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan dengan kesehatan cendet, sanggup anda menguranginya saja.

Terserang Kutu

Ciak ekor pada cendet juga sanggup disebabkan lantaran kutu. Jadi, sebaiknya anda senantiasa menjaga kebersihan sangkar dan kerodong. Di setiap harinya, sebaiknya anda membersihkanlah kotoran burung. Lalu, basuh sangkar sekali seminggu.

Jika dalam bulunya sudah ada banyak kutunya, maka anda sanggup mengatasinya dengan cara memandikannya dengan rebusan air sirih. Tak hanya itu saja, anda juga sanggup memandikannya dengan bekas cucian beras dengan cara yang sama. Anda juga sanggup melaksanakan terapi ini hingga kutu pada burung anda sanggup hilang dan pastinya juga sudah tidak ciak ekor lagi.

Kalah Mental

Ciak ekor pada cendet yakni suatu sikap dimana burung mematuki bulu ekornya hingga rus Penyebab dan Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor Paling Efektif
curvetube.com

Cara mengatasi cendet ciak ekor yang disebabkan lantaran kalah mental, drop, atau stres, mka anda semua sanggup mengisolasikannya. Anda sanggup menempatkan cendet anda di ruangan tersendiri. Sebaiknya anda juga menjauhkan dari burung-burung lain, khususnya untuk burung sejenis yaitu cendet.

Anda sanggup membiarkan cendet anda sendirian atau dikarantina. Karena ini sanggup lebih cepat untuk mengembalikan mentalnya. Tak hanya itu, anda juga sanggup menunjukkan EF secara variatif dengan dosis yang lebih banyak.

Sedangkan untuk rawatan harian, anda sanggup melaksanakan ibarat biasa. Misalnya saja mandi serta penjemuran. Anda juga sanggup melaksanakan pengasingan ini beberapa waktu hingga cendet anda tidak mematuki ekornya lagi.

Kekurangan Vitamin

Apabila ciak ekor penyebabnya lantaran cendet kekurangan vitamin dan mineral, dalam mengatasi cendet ciak ekor sebaiknya anda mencoba menunjukkan makanan-makanan yang bergizi tinggi. Misalnya saja ibarat kroto, jangkrik, belalang, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tak hanya itu, jangan lupa untuk menunjukkan multivitamin yang tujuannya untuk mencukupi mineral dan vitamin burung. Karena, biasanya burung yang dipelihara insan asupannya cukup terbatas.

Lain halnya dengan burung-burung yang hidup di alam bebas, mereka secara insting sudah sanggup memenuhi kebutuhan mineral serta vitaminnya. Biasanya mereka akan menentukan makanan-makanan yang dibutuhkan menurut instingnya.

Karena burung yang dipelihara dan di dalam sangkar terperinci sangat tergantung pada pemiliknya. Sehingga, kebutuhan vitamin dan mineral tidak sanggup tercukupi dengan maksimal.

Terkadang, pemilik burung tidak begitu memperhatikan serta memikirkan terhadap pentingnya asupan untuk burung. Dengan demikian, kebanyakan dari mereka hanya menunjukkan jangkrik saja. Jika hal itu terjadi, pastinya kebutuhan vitamin dan mineral akan semakin tidak terpenuhi.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Cendet Ciak Ekor Paling Efektif"

Posting Komentar