Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat Ini

Foto: ThinkstockFoto: Thinkstock

Jakarta - Kulit buah biasanya dibuang. Padahal selain punya nutrisi juga sanggup dipakai untuk banyak hal bermanfaat. Dari pelembap sampai semir sepatu.

Banyak manfaat yang didapat badan jikalau mengonsumsi buah-buahan. Umumnya orang mengupas kulit buah dan hanya memakan daging buahnya saja dan kulit buah dibuang begitu saja. Padahal kulit buah juga punya banyak manfaat.

Anda sanggup memakai sebagai pelembab kulit sampai minuman sehat yang lezat. Untuk itu, ketahui 6 manfaat kulit buah menyerupai dikutip This Is Insider (18/7) ini.

1. Pelembab kulit

Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat IniFoto: Istimewa

Tak hanya punya daging buah yang rasanya lezat, cuilan kulit buah alpukat ternyata punya manfaat baik bagi kulit. Bagian kulitnya yang berwarna hijau itu sanggup melembapkan sekaligus meremajakan kulit.

Karenanya tak heran kalau banyak produk kecantikan berbahan dasar daging sampai kulit alpukat. Daripada mengeluarkan uang ekstra untuk membeli produk kecantikan, sebaiknya manfaatkan kulit buah ini.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokan cuilan dalam kulit alpukat ke wajah, tangan ataupun rambut. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih. Kulit serta rambut Anda akan halus dan lembut.

2. Pembersih dan pewangi dapur

Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat IniFoto: Istimewa

Anda niscaya sudah tak absurd lagi dengan manfaat kulit lemon. Bisa membersihkan peralatan dapur sampai kamar mandi! alasannya kulit lemon punya kandungan asam sitrat yang cukup tinggi.

Selain sanggup menciptakan wastafel sampai peralatan dapur kinclong, aroma kulit jeruk juga sanggup menghilangkan amis tak sedap di wastafel maupun area akrab tong sampah. Anda hanya perlu mencincang bernafsu kulit lemon dan meletakkan di dalam wastafel atau pun tong sampah.

Baca juga: Jangan Dibuang, Kulit 8 Sayuran dan Buah Ini Justru Kaya Nutrisi!

3. Manisan

Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat IniFoto: Istimewa

Selain sanggup dijadikan tambahan rasa pada minuman dan kue, kulit jeruk juga sanggup diubah menjadi manisan. Caranya ternyata cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan kulit jeruk, air, dan gula.

Kemudian potong kulit jeruk sebesar satu ruas jari. Rebus air gula yang sudah diisi potongan kulit jeruk sampai mendidih. Kemudian saring dan tiriskan kulit jeruk tadi. Ulangi sampai kulit jeruk bertekstur menyerupai permen jelly. Lalu taburi dengan gula pasir dan keringkan.

4. Semir sepatu

Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat IniFoto: Istimewa

Kulit pisang punya banyak manfaat. Dari segi kesehatan, konsumsi kulit pisang sanggup tingkatkan serotonin dalam tubuh. Serotonin sendiri merupakan senyawa kimia yang bantu tingkatkan suasana hati dan timbulkan suasana nyaman.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan University of Taiwan, konsumsi dua kulit pisang selama tiga hari berturut-turut tingkatkan kadar serotonin dalam badan sebesar 15%. Selain itu, kulit pisang juga sanggup dijadikan alat semir sepatu. Kandungan potasium dalam kulit pisang sanggup menghilangkan lecet sekaligus mengkilaukan sepatu.

5. Minuman sehat

Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat IniFoto: Istimewa

Kulit jwruk grapefruit sanggup dijadikan minuman hangat yang menyehatkan. Banyak manfaat yang ditawarkan kulit jeruk ini. Ini alasannya kulit grapefruit kaya serat dan antioksidan. Sehingga sanggup turunkan tekanan darah dan tingkatkan metabolisme tubuh.

Anda sanggup menciptakan 'teh kulit grapefruit' dengan menambahkan potongan kulit grapefruit ke dalam air mendidih. Lalu diamkan selama 15 menit. Tambahkan madu sebagai komplemen alami.

6. Pupuk kompos

Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat IniFoto: Istimewa

Punya limbah dari bermacam-macam buah di rumah? Jangan pribadi dibuang. Sebaiknya jadikan limbah buah yang ada sebagai pupuk kompos. Anda hanya perlu mengubur limbah tadi di dalam tanah kebun rumah. Hal ini sanggup menyuburkan tanah. Mudah, kan?

Baca juga: 6 Buah Ini Sebaiknya Dimakan Berikut Kulitnya Karena Bernutrisi Tinggi

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Dibuang! Kulit Buah Punya 6 Hal Bermanfaat Ini"

Posting Komentar