9 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional

Wah, Ujian Nasional benar-benar sudah di depan mata nih, smart buddies! Deg‐deg-an, nervous, susah tidur, dan aneka macam macam tanda-tanda niscaya kau alami. Eits, jangan panik, jangan gugup! Ruangguru akan memperlihatkan tips dan trik bagi kau semoga lebih siap lagi menghadapi Ujian Nasional. Keep reading! ☺

1. Jaga kesehatan

Hal utama yang sangat perlu diperhatikan ialah kondisi kesehatan kamu. Mulai sekarang, konsumsi makanan yang lebih sehat dan bernutrisi yuk! Eits, tidak hanya mengatur asupan lho, kau juga harus mengontrol waktu istirahatmu. Kurang‐kurangi deh begadang yang kurang penting. Kalau ada tugas, baiknya diselesaikan sesegera mungkin supaya kau tidak perlu begadang. Jangan lupa dibarengi olahraga ya. Kalau tidak sempat di hari sekolah, ikut car free day di hari Minggu ialah inspirasi yang menyenangkan lho. Efeknya bukan hanya untuk menghadapi Ujian Nasional, tapi jangka panjang. Siapa sih yang tidak ingin berumur panjang?

Tips Menghadapi Ujian

2. Ikuti semua agenda berguru yang disediakan di sekolah

 Tips Menghadapi Ujian

Foto: cantbesaturdaynow 

Sekolah  akan  mengadakan  program  bimbingan  belajar, tryout, pelajaran tambahan, dan banyak  lagi.  Semua agenda ini tentu sangat bermanfaat untuk persiapanmu menghadapi Ujian Nasional. Jadi, jangan absen ya kalau ada bimbingan belajar.

3. Ciptakan suasana berguru yang nyaman 

Tips Menghadapi Ujian Foto: studyin-UK 

Belajar  akan  menjadi  lebih  menyenangkan  jika  kondisi  mood‐mu  juga  sedang  baik. Oleh alasannya itu, diharapkan suasana berguru yang nyaman sesuai dengan kepribadianmu. 

Tips Menghadapi Ujian Foto: ucdavis.edu 

Misalnya, berguru di taman belakang rumah, kamar yang higienis dan senyap ditemani aromaterapi, dan sebagainya. Ketika kau sudah nyaman, niscaya kau dapat lebih betah juga untuk belajar.

4. Lahap semua soal

Dari tahun ke tahun, tipe soal untuk Ujian Nasional sama saja. Semakin sering kau berlatih, maka semakin terbiasa juga kau menghadapi soal‐soal. Mulai sekarang, jadikan soal sebagai sobat baikmu ya. Jika kau merasa kesulitan dalam menjawab soal, kau dapat mencoba aplikasi berguru online dari Ruangguru lho! Foto soal yang kau rasa sulit, kemudian upload, dan nanti akan ada guru yang membantu memecahkan kesulitanmu. Selain itu, kalau kau lupa dengan materi pelajaran pada soal, jangan khawatir! Tonton RuangVideo by Ruangguru yang menyajikan ribuan video berguru berisi materi persiapan Ujian Nasional. Nah, #BelajarJadiMudah kan, smart buddies?

5. Belajar kelompok 

Tips Menghadapi Ujian Foto: collegeperfomancecoaching 

Belajar sendiri mungkin terkadang agak membosankan ya. Coba deh ajak beberapa orang temanmu yang dapat menciptakan suasana belajarmu lebih santai dan menyenangkan. Tapi hal yang perlu diingat, jangan hingga terlalu banyak ngobrol dan bercanda  ya hingga lupa tujuan utama, yaitu belajar.

6. Kurangi melaksanakan hal yang kurang bermanfaat

Dimulai  dari  sekarang,  kamu  harus  mengurangi  kebiasaan‐kebiasaan  kurang  penting  nih.  Misalnya nongkrong berjam‐jam sesudah pulang sekolah, terlalu lama menghabiskan waktu di depan televisi, atau main game yang tidak kunjung usai. Semoga dapat jadi kebiasaan baik ya!

7. Fokus!

Tips Menghadapi Ujian Foto: cdn.meme.am 

Selama persiapan UN, berguru menahan diri yuk. Salah satunya, tidak terlalu sering buka media sosial. Sesekali boleh kok mengecek update‐an atau posting kegiatan terbarumu, tapi jangan hingga berjam‐jam larut ya! Hal ini  dilakukan semoga perhatianmu tidak beralih ke hal lain. Kalau kau memang tipe yang agak susah fokus, mungkin  ikut belajar intensif akan membantumu lebih fokus.

8. Jangan lupa bermain

Jalan‐jalan sesekali tidak ada salahnya lho untuk sekedar me‐refresh otak. Tidak perlu jauh‐jauh, coba saja berkeliling komplek atau mengurus hewan peliharaan. Menghirup udara segar akan menciptakan otakmu kembali fresh.

9. Berdoa

The last but not least, berdoa! Semakin banyaklah berdoa semoga kau diberikan kelancaran selama UN.  Baik  dari  kesehatan,  saat  mengerjakan,  hingga  hasilnya  nanti.  Jangan  lupa berdoa untuk kesuksesan teman‐temanmu juga ya. 

Tips Menghadapi Ujian Foto: artikelindonesia.web.id 

Sekian beberapa tips yang dapat coba kau aplikasikan untuk persiapan UN. Tapi, semua tips di atas akan percuma, bila kau tidak mulai mempraktekkannya. Yuk, mulai dari sekarang! Semoga sukses ya, teman‐teman! (TN)

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Tips Jitu Menghadapi Ujian Nasional"

Posting Komentar