7 Tips Administrasi Waktu Dalam Mengerjakan Soal Un Pbt

mengerjakan soal un

Foto: www.akuinginsukses.com

Menjelang Ujian Nasional 2016 banyak persiapan yang dilakukan oleh siswa untuk menghadapi ujian tersebut. Pastinya kau tidak mau melewatkan kesempatan untuk menerima nilai terbaik kan?

Nah, untuk menghadapi UN Sekolah Menengan Atas di 4 April 2016 ini, Ruangguru.com punya tips administrasi waktu dalam mengerjakan ujian nasional Paper Based Test (PBT) semoga kau sanggup memanfaatkan waktu dengan maksimal. Simak yuk!

1. Teliti dan cermat dalam pengisian LJK

Berikan 5-10 menit pertamamu untuk membaca petunjuk pengerjaan soal dengan cermat. Isi identitas diri dengan lengkap dan teliti, isikan sesuai yang diminta, jangan hingga salah ya. :D

2. Buat tanda pada soal-soal yang gampang dan sering ditemui ketika tryout

Sebelum terpaku dengan soal, baca semua soal sekilas saja, tangkap poinnya, kemudian tandai soal yang berdasarkan kau gampang termasuk soal yang sering kau temui ketika tryout. Metode ini akan membantu kau dalam menghemat waktu sebab kau sudah tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan berapa usang waktu yang diharapkan dalam mengerjakannya.

3. Pembagian waktu

Waktu yang disediakan dalam mengerjakan ujian ini yaitu 120 menit dengan soal pilihan ganda sebanyak 40-50 butir soal sehingga butuh waktu maksimal 3 menit untuk mengerjakan satu soal. Namun, waktu 3 menit ini tidak serta-merta hanya untuk mengerjakan 1 soal saja ya, tapi kerjakan secepat mungkin dan semaksimal mungkin sehingga pengerjaan 1 butir soal tidak lebih dari 3 menit.

Selain mengetahui batasan waktu maksimal pengerjaan 1 soal, kau juga harus menciptakan prioritas pengerjaan soal. Prioritaskan soal yang kau anggap paling gampang dan sering kau temui sebelumnya untuk dikerjakan dan beri waktu singkat dalam mengerjakannya, misal maksimal 1 menit tiap butir soal.

Setelah soal gampang terselesaikan, mulailah mengerjakan prioritas berikutnya yaitu kerjakan soal dengan tingkat kesulitan sedang. Waktu pengerjaan soal ini akan bertambah sedikit dari soal mudah, yaitu 1,5-2 menit tiap butir soal. Setelah selesai, barulah mengerjakan soal sulit dengan maksimal pengerjaan tetap 3 menit.

4. Tahu kapan waktunya berhenti

Tentunya tidak semua soal sanggup dikerjakan sesuai prediksi pembagian waktu kamu, jadi biasakan semoga kau tidak terlalu terpaku pada 1 soal saja. Jika kau merasa belum sanggup menuntaskan soal tersebut, berhentilah dan beralihlah mengerjakan soal yang lain. Ini akan membantumu menghemat waktu dengan maksimal sebab waktu yang kau gunakan tidak habis untuk mengerjakan soal yang susah saja.

5. Ingat waktu

Dalam mengerjakan ujian nasional ini kau akan disibukkan dengan keseriusan mengerjakan soal-soal, tapi jangan lupa untuk selalu update waktu ya. Jangan hingga kau terpaku dan kehabisan waktu ketika mengerjakan soal yang kesannya mengakibatkan kau merasa kekurangan waktu dan belum menuntaskan semua soal dengan maksimal.

6. Sisakan 10 menit untuk mengecek ulang jawabanmu dan pastikan sudah terisi semua

Menyisakan waktu 10 menit untuk mengecek ulang semua jawabanmu juga penting lho. Hal ini dilakukan semoga kau sanggup memastikan semua balasan yang diisikan sudah terisi dengan benar dan sesuai dengan pilihan balasan kamu, sekaligus mengecek bahwa semua nomor pada LJK-mu sudah terisi semua.

7. Jawab dan hitamkan penuh semua balasan pada LJK secara langsung

Sering ditemukan siswa yang mengerjakan soal UN ini dengan memberi tanda saja pada teks soal atau pada LJK. Sebaiknya hindari hal tersebut! Jawab dan hitamkan dengan penuh semua balasan soal pada LJK yang tersedia, jadi kau tidak akan kehabisan waktu untuk menghitamkan balasan saja.

Bagaimana, cukup membantu, bukan? Yuk, pelajari tipsnya dan praktekkan dengan melaksanakan latihan soal di rumah! Latihan soal dengan ruangbelajar ya.

Cheers! :)

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Tips Administrasi Waktu Dalam Mengerjakan Soal Un Pbt"

Posting Komentar