Tips Menguasai Linux Secara Cepat Dan Mudah


 

Sebuah pertanyaan singkat dengan tanggapan panjang. Sebenarnya tidak ada yang sulit di Linux jikalau Anda sudah memahami dasar-dasar pengoperasian sebuah OS komputer. Jika Anda sudah terbiasa bekerja dengan Windows, maka dalam waktu singkat Anda akan segera memahami dan menguasai Linux.
Kesulitan yang dihadapi para pemula umumnya berkisar seputar pemilihan distro Linux (...ya, ada ratusan 'jenis' Linux di hadapan Anda !...), pemartisian dan teknik instalasi (tetangga pusing, data di harddisknya hilang semua gara-gara coba instal Linux !...), dan pengaksesan file-file data yang sudah ada (...bagaimana nasib data di Windows saya ?...). Permasalahan selanjutnya yaitu pemilihan jadwal kerja dan teknis pemakaian utility sistem di Linux. Berikut tip-tip untuk Anda :

Tip 1 : Pilih distro popular
Ya, cari warta dan dapatkan CD instalasi sebuah distro yang terkenal di lingkungan Anda. Jika banyak rekan pakai Linux Ubuntu, kenapa tidak ikut pakai Ubuntu. Jika warnet sebelah pakai Linux SuSE, ya cari CD SuSE, semoga bisa chatting di warnet sebelah. Semakin terkenal distro pilihan Anda, semakin banyak rekan yang memahami dan siap membantu kesulitan Anda.
Tip 2 : Pakai Live CD
Apa itu Live CD ?... Ini yaitu salah satu penemuan penggunaan sistem operasi Linux. Anda tidak perlu menginstalasikan Linux atau mengorbankan isi harddisk Anda untuk mengoperasikan Linux. Dengan Live CD, Anda sanggup menjalankan Linux secara kondusif pada komputer Anda (baca: Windows) melalui sebuah keping CD. Anda tinggal membooting komputer dengan Live CD, tunggu sebentar, nah... operasikan 'komputer Linux' instan Anda.
Meskipun dijalankan dari sebuah keping CD, Anda sanggup menggunakan jadwal dan utility Linux secara lengkap dan normal ibarat jikalau Anda mengoperasikan sebuah Linux yang terinstal di harddisk. Selesai sesi ber-Linux dengan Live CD, Anda sanggup kembali menggunakan OS usang di harddisk,seperti sediakala.
Saat ini ada beberapa pilihan distro Linux Live CD (nah!). Bingung pilih Live CD? ingat Tip no. 1 Jika sudah familiar dengan teknik pengoperasian Linux, gres instalasikan Linux secara permanen pada harddisk anda.
Tip 3 : Baca dan baca !
Anda kesulitan mendapat rekan yang tangguh di Linux ? Jangan putus asa, Linux menyediakan dokumentasi secara lengkap mengenai aneka macam hal sesuai topik, teknik, atau jadwal yang ingin Anda ketahui. Sebagian dokumentasi bahkan sudah disajikan dalam bahasa Indonesia.
Dewasa ini juga sudah tersedia buku-buku Linux, pilih (...dan beli) topik buku sesuai kebutuhan Anda. Alternatif lain, di internet tersedia bermacam-macam artikel dan panduan teknis mengenai penggunaan Linux yang siap Anda d0wnl0ad secara gratis.
Tip 4 : Sedia payung sebelum hujan
Backup seluruh data di harddisk Anda sebelum menginstal Linux. Pada banyak kasus, alasannya yaitu salah langkah, seluruh isi harddisk musnah sehabis mencoba menginstal Linux. Siapkan keping CD secukupnya atau pindahkan data ke harddisk lain.
Semua menjadi lebih gampang dan cepat jikalau Anda menginstal Linux pada harddisk kosong / baru, tapi jikalau tidak ada, maka backup data selalu disarankan. Jika Anda telah menempatkan data pada folder tersendiri, partisi tersendiri, atau bahkan harddisk tersendiri, maka mekanisme pembackupan dan pemulihan data (jika diperlukan) akan menjadi gampang dan cepat. Namun, jikalau data Anda tersebar di aneka macam pelosok folder, maka kini lah saatnya Anda berguru berdisiplin dalam mengelola data secara baik dan efisien. Lakukanlah sebelum semuanya terlambat.
Tip 5 : Buat apa repot ?
" ...Kenapa saya harus pusing memikirkan hal-hal teknis, pilih distro, partisi, instal, backup, apalagi ? Saya pakai Windows juga tidak pernah dipusingkan cara instal, pilih OS, aplikasi, bla bla. Semua sudah siap di PC gres ! Saya hanya ingin pakai Linux semoga kondusif dari sweeping, saya hanya membutuhkan PC untuk menciptakan surat dan laporan-laporan rutin saja !...".
Begitu kira-kira ungkapan sang relasi. Ya, ada benarnya juga anutan ini. Anda tidak harus repot memikirkan hal-hal teknis untuk bekerja dengan komputer Linux. Di luar sana sudah banyak penyedia layanan teknis yang akan membantu proses peralihan sistem di kantor Anda. Sisihkan sedikit anggaran bagi persiapan sistem Linux di PC, dan Anda tinggal menggunakannya. Praktis ibarat yang telah Anda lakukan ketika menggunakan Windows.

Tip 6 : Banyak jalan menuju data
Sama ibarat di Windows, Anda sanggup bekerja dan menentukan aplikasi tertentu untuk melaksanakan kiprah tertentu. Anda hanya perlu mengetahui padan aplikasi dan alternatif-alternatif jadwal yang bisa Anda gunakan. Linux mempunyai bermacam-macam software untuk aneka macam keperluan. Cara pengoperasiannya secara umum juga sama. Open, Close, Save, Copy, Paste, yaitu istilah-istilah baku yang sanggup Anda kenali di setiap jadwal aplikasi, termasuk di Linux.
Sebagian besar aplikasi Linux bisa membaca dan mengolah jenis-jenis data yang telah Anda buat atau Anda miliki ketika menggunakan Windows. Misalnya file data olah dokumen, data olah angka, file presentasi, gambar, sampai koleksi film dan lagu. Lihat Tip 2 untuk membiasakan diri dengan aplikasi-aplikasi Linux.
Tip 7 : Siapkan kopi dan cemilan :)
Ini yang paling Anda perlukan jikalau tetapkan menginstal Linux sendiri dan mulai mencoba jadwal / utility di Linux. Bisa jadi Anda akan berlama-lama di depan monitor hanya untuk menunggu progress kafe di layar segera selesai, sementara Anda belum bisa memutar MP3 kesayangan.

------------------------------------------------------------------
Sumber : http://www.cyberkomputer.com
------------------------------------------------------------------



Sumber http://itoru-linux.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menguasai Linux Secara Cepat Dan Mudah"

Posting Komentar