Merubah Hak Kanal Folder Di Linux



Artikel ini bahu-membahu ialah kelanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Merubah hak susukan file di Linux" hanya yang dibahas pada goresan pena ini bagaimana merubah hak susukan folder dan atau termasuk isi folder di dalamnya.

Disini aku simulasikan bahwa aku mempunyai file dan folder ibarat yang diilustrasikan atau di petakan pada gambar di samping ini. Untuk hak susukan folder dan file permission seluruh file dan folder tersebut ditunjukkan pada gambar di bawah:


Disitu terlihat bahwa direktori "folder2" mempunyai file permission rwxr-xr-x. Kemudian aku ingin merubah hak susukan direktori "folder2" biar sanggup ditulisi oleh user yang terdaftar di dalam anggota grup coba1, maka aku akan menjalankan perintah:

 chmod 775 folder/folder2/

mari kita lihat lagi hak susukan direktori "folder2" dengan menjalankan perintah:

 ls -l folder/

dengan hasil:


lalu lihat hak susukan di file-file yang berada di dalam isi direktori folder2 dengan perintah:

 ls -l folder/folder2/

dengan hasil:



dari hasil yang terlihat pada gambar di atas, menawarkan bahwa kita berhasil merubah hak susukan direktori "folder2", sedangkan file-file yang berada di dalam direktori "folder2" tidak berubah hak aksesnya (tetap).

Akan tetapi jikalau anda ingin melaksanakan perubahan hak susukan direktori "folder2" beserta seluruh isinya, contohnya saja aku ingin merubah hak susukan direkotri "folder2" dari 775 beserta seluruh isi folder tersebut menjadi 777 anda sanggup menjalankan perintah:

 chmod 777 -R folder/folder2/

mari kita cek balasannya dengan perintah dibawah:

 ls -l folder/

dan balasannya adalah:


kita cek lagi isi dari direktori "folder2" dengan perintah:

 ls -l folder/folder2/

dengan balasannya ibarat yang tertampil di bawah:


mari kita lihat lagi isi di dalam direktori "folder" dengan perintah:

 ls -l folder/

maka akan terlihat file contoh.txt dengan hak susukan rw- rw- rw- dan file xxx.txt dengan hak susukan rw- r- - r- - .

Bagaimana jikalau aku ingin merubah kedua file txt tersebut dengan hak susukan rw -  - - -  - - - tanpa merubah hak susukan dari direktori "folder2" tersebut? apakah aku akan merubah hak susukan tersebut satu per satu? Tidak.

Saya akan merubahnya dengan memakai persamaan kedua file tersebut. Apa persamaannya? Kedua file xxx.txt dan file contoh.txt tersebut sama-sama mempunyai ekstensi txt, sehingga aku tinggal menjalankan perintah:

 chmod 600 folder/*.txt

maka yang balasannya akan terlihat ibarat pada gambar di bawah ini:


gampang bukan? Mungkin saatya anda mencoba sendiri di sistem operasi Linux. Terima kasih telah berkunjung dan semoga membantu. :)

Artikel terkait:


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Merubah Hak Kanal Folder Di Linux"

Posting Komentar