Jenis Penyakit Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui

Banyak sekali penyakit yang kerap ditemukan pada ternak burung walet. Jenis penyakit burung walet ini dikarenakan oleh banyak sekali hal yang sanggup menjadikan burung walet merasa terganggu produktivitasnya pada ketika bertelur serta menyusun sarang.

Banyak sekali penyakit yang kerap ditemukan pada ternak  Jenis Penyakit Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui
arenahewan.com

Biasanya, penyakit ini disebabkan penyakit dan menyerang sarang walet. Karena, penyakit yang hinggap serta menyerang area burung walet tentunya sanggup mengganggu serta menghambat produktivitas burung walet. Bahkan sanggup menjadikan walet tidak betah di areanya hingga hasilnya pindah ke kawasan maupun ke area lain.

Jenis Penyakit Burung Walet

Berikut ini yaitu jenis penyakit yang sanggup menyerang burung walet yang harus anda waspadai.

1.Penyakit Karena Semut

Tidak semua jenis semut sanggup menjadi penyebab munculnya penyakit untuk burung walet. Semut yang kerap mengganggu walet yaitu jenis semut api. Semut api ini akan menyerang walet dengan cara mengganggu burung walet yang sedang bertelur serta akan memakan anakannya.

Untuk mengatasi supaya semut api tidak masuk ke area walet yaitu sanggup dilakukan dengan memberi umpan supaya semut sanggup mengerumuninya. Dan sehabis itu siram semut dengan menggunakan air panas.

2. Penyakit Akibat Tokek dan Cicak

Cara cicak dan tokek biasanya akan menyerang burung walet dengan cara memakan telur serta sarangnya. Selain memakan telur dan anakannya, kotorannya juga sanggup menjadikan area atau ruangan menjadi tercemar. Dengan demikian, burung walet menjadi tidak betah berada di dalam areanya.

Ketika tokek memakan telur burung walet, biasanya tokek akan memuntahkan kulitnya ke lantai yang sanggup menjadikan areaburung walet menjadi kotor. Dan kotoran yang menyerupai itu sanggup merubah suhu ruangan. Dengan demikian, ketenangan burung walet peliharaan terganggu.

Banyak sekali penyakit yang kerap ditemukan pada ternak  Jenis Penyakit Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui
pixabay.com

Untuk mengatasinya caranya ialah dengan menciptakan jalan masuk air di sekitar pagar. Tak hanya itu saja, tembok luar dicat serta permukaannya sanggup dibentuk licin. Anda juga sanggup menciptakan lubang ventilasi di area burung walet yang tidak terpakai sebaiknya ditutup saja.

Tak hanya itu, supaya okek tidak masuk pada wilayah walet, anda sanggup menciptakan ranjau dan penangkal anti tokek. Dapat dengan menggunakan seng yang bergerigi dan tajam. Selanjutnya dipasang di sekeliling pintu masuk terutana di sebelah luar.

Terdapat juga teknik lain dalam menjaring serta menjadikan binatang merayap ini jera. Anda sanggup memasang jaring jala yang pada umumnya digunakan oleh nelayan. Cara memakainya yaitu dengan memasang jaring tersebut mengelilingin gedung burung walet.

3. Penyakit Karena Tikus

Tikus juga termasuk salah satu binatang yang sanggup menimbulkan penyakit yang memakan telur, sarang, anakan bahkan induk burung walet. Kemudian, kotoran dan kencing tikus juga menimbulkan suhu dalam ruangan menjadi tidak nyaman untuk burung walet.

Untuk mengatasinya anda sanggup memberi racun tikus, menutup semua lubang kecil, atau buat dinding menjadi licin supaya tikus tidak sanggup memanjat.

4. Penyakit Akibat Kecoa

Kecoa merupakan serangga yang sanggup menimbulkan munculnya jenis penyakit burung walet. Selain itu sanggup menjadikan sarang burung walet peliharaan cacat dan kecil. Untuk mengatasinya anda sanggup membersihkan kawasan burungnya.

5. Penyakit Akibat Burung Hantu

Burung hantu juga termasuk jenis binatang pengganggu paling ganas. Sebab hadirnya burung hantu sanggup merusak seluruh koloni burung walet yang terdapat pada satu area.

Jika burung malam ini hingga masuk, maka sanggup dipastikan jikalau wilayah walet akan segera kosong jikalau tidak segera diatasi. Burung hantu sanggup memakan habis anakan walet bahkan terkadang indukannya.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Penyakit Burung Walet Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar