Pengertian, Peranan Dan Manfaat Akuntansi Biaya

|Pengertian Akuntansi Biaya|Pengertian Akuntansi Biaya berdasarkan Mulyadi (2010:7), akuntansi biaya adalah: “Proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk atau jasa, dengan cara-cara tertentu, serta penafsiran terhadapnya”.

|Peranan Akuntansi Biaya|Peranan akuntansi biaya berdasarkan Carter (2009:11) yang diterjemahkan oleh Krista yakni sebagai berikut:
  1. “Membuat dan melakukan planning dan anggaran untuk beroperasi dalam kondisi kompetitif dan ekonomi yang telah diprediksikan sebelumnya. Suatu aspek penting dari planning yakni potensinya untuk memotivasi orang biar berkinerja dengan cara yang konsisten dengan tujuan perusahaan.
  2. Menetapkan metode perhitungan biaya yang memungkinkan pengendalian aktivitas, mengurangi biaya, dan memperbaiki kualitas.
  3. Mengendalikan kuantitas fisik dari persediaan, dan memilih biaya dari setiap produk dan jasa yang dihasilkan, untuk tujuan penetapan harga dan untuk penilaian kinerja dari suatu produk, departemen, atau divisi.
  4. Menentukan biaya dan keuntungan perusahaan untuk periode akuntansi satu tahun atau untuk periode lain yang lebih pendek. Hal ini termasuk memilih nilai persedian dan harga pokok penjualan sesuai dengan hukum pelaporan eksternal.
  5. Memilih di antara dua atau lebih alternatif jangka pendek atau jangka panjang, yang sanggup mengubah pendapatan atau biaya.”
|Manfaat Akuntansi Biaya|Penggunaan akuntansi biaya terbukti sangat penting bagi suatu perusahaan sebab mempunyai banyak manfaat yang berkhasiat bagi kelangsungan perusahaan. Manfaat tersebut yakni sebagai salah satu isu yang diharapkan oleh administrasi dalam mengelola perusahaannya, yaitu untuk perencanaan dan pengendalian laba, penentuan harga pokok produk dan jasa, serta bagi pengambilan keputusan oleh administrasi dalam proses produksi.

 
Gambar
Pengertian Akuntansi Biaya

Sumber:
-Mulyadi. 2010. Sistem Akuntansi, Edisi ke-3, Cetakan ke-5. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
-Carter, W.K. (2009). Akuntansi Biaya “Cost Accounting”. Jakarta : Salemba Empat.


Sekian uraian tentang Pengertian, Peranan dan Manfaat Akuntansi Biaya, semoga bermanfaat.

Sumber http://infodanpengertian.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Peranan Dan Manfaat Akuntansi Biaya"

Posting Komentar