Panduan Budidaya Semangka Step By Step Sampai Sukses

Cara Menanam Semangka – Kembali lagi bersama kami Sentra Budidaya, kali ini kami ingin menyajikan info mengenai bagaimana cara menanam semangka. Buah semangka sudah tidak absurd lagi bagi kita penggemar buah-buahan, tapi tahukah anda buah semangka bahwasanya bukan buah orisinil indonesia  melainkan buah dari afrika lantaran tergolong tumbuhan yang gampang ditanam banyak para petani pribumi melaksanakan budidaya semangka.

Artikel terkait: Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!

Selain lantaran gampang dibudidayakan, ternyata buah semangka banyak mengandung vitamin diantaranya vitamin A, B1, B6 dan yang begitu menonjol yaitu vitamin C selain itu semangka juga mengandung asam amino sitrulin, asam spantotenik, tembaga, biotin, potasium,kalium, dan magnesium.

Sebelum kita membahas bagaimana cara menanam semangka ada baiknya anda mengetahui manfaat yang diperoleh sesudah mengkonsumsi semangka bagi tubuh.

Manfaat Buah Semangka 

Dibawah ini yaitu manfaat yang diperoleh badan sesudah mengkonsumsi buah semangka :

1. Mencegah Penyakit Asma

Manfaat pertama yaitu mencegah penyakit asma, perlu diingat buah semangka hanya sanggup mencegah bukan mengobati penyakit asma. Kenapa buah semangka sanggup mencegah penyakit asma? Karena dalam buah semangka banyak mengandung vitamin C, fungsi dari vitamin C untuk meningkatkan kekebalan badan sehingga sanggup mencegah gangguan pernafasan.

Bagi anda penderita asma sangat kami anjurkan mengkonsumsi buah semangka paling tidak 3-4 kali dalam seminggu.

2. Dapat menurunkan tekanan darah

Manfaat berikutnya yaitu menurunkan tekanan darah, kenapa sanggup buah semangka menurunkan tekanan darah ?? lantaran buah semangka sangat baik untuk pembuluh darah serta sanggup mengatasi tekanan darah yang terlalu tinggi khususnya didaerah jantung. Kami sangat menyarankan bagi anda yang mempunyai tekanan darah tinggi untuk mengkonsumsi buah semangka secara rutin.

3. Mencegah kanker

Ini bukan kantong kering ya, tapi penyakit kanker yang terjadi lantaran pertumbuhan sel-sel jaringan tumbuh secara tidak normal sehingga bermetamorfosis sel kanker. Salah satu buah yang sanggup mengatasi pertumbuhan sel kanker pada badan yaitu buah semangka lantaran buah semangka kaya akan vitamin C dan zat licopen sehingga badan tidak sanggup diserang oleh radikal bebas.

4. Dapat mengatasi sembelit

Sembelit merupakan penyakit susah buang air besar lantaran kurangnya serat yang dikonsumsi tubuh, lantaran buah semangka kaya akan serat serta sanggup membentuk gel alami didaerah usus besar sehingga sanggup memperlancar buang air besar. Kami menyarankan bagi anda untuk mengkonsumsi buah semangka paling tidak 2-3 dalam seminggu.

Artikel terkait: Panduan Budidaya Jagung yang Benar Step by Step!

 kali ini kami ingin menyajikan info mengenai bagaimana cara menanam semangka Panduan Budidaya Semangka Step by Step Hingga Sukses
Cara Menanam Semangka

Panduan Cara Menanam Semangka dengan Benar 

Setelah kami menyajikan sedikit manfaat dari buah semangka, kami akan membahas topik utama yaitu cara menanam semangka dibawah ini:

1. Menentukan lahan tanam

Cara menanam semangka pertama yaitu menentukan lahan tanam, kenapa kami menentukan menentukan lahan tanam yang pertama ?? itu lantaran tumbuhan semangka mempunyai beberapa syarat yang harus dipenuhi baik dari PH tanah, jenis tanah, ketinggian serta suhu daerah. Kali ini kami akan menyajikan syarat-syarat menentukan lahan tanam buah semangka yang benar, sehingga tumbuhan semangka terhindar dari gagal panen.

Syarat – syarat menentukan lahan tanam buah semangka:

Nah, pribadi saja anda perhatikan beberapa syarat menentukan lahan tanam semangka dibawah ini :

a. Jenis tanah dan PH tanah ( media tanam)

  • pertama tentukan jenis tanah yang cocok untuk tumbuhan semangka, berdasarkan kami tanah yang cocok untuk buah semangka yaitu tanah porous(sarang). Kenapa tanah ini cocok?? Karena jenis tanah ini sanggup membuang air yang berlebihan secara mudah, tetapi jikalau tanah terlalu gampang membuang air akan tidak manis untuk pertumbuhan tumbuhan semangka.
  • Berikutnya menentukan keadaan atau kondisi tanah yang cocok untuk tumbuhan semangka, anda sanggup memelih tanah yang gembur, kaya akan materi organik atau sanggup memakai lahan bekas kebun namun yang sudah diolah sebelumnya.
  • Selanjutnya tingkat keasaman tanah, pilih tanah yang mempunyai tinggat keasaman berkisar 6-6,7. Namun bila tanah hanya mempunyai tingkat keasaman di 5 anda sanggup melaksanakan proses pengapuran

b. Menentukan ketinggian lahan tanam

  • Pemilihan ketinggian lahan tanam semangka yang ideal, cari tempat budidaya semangka yang mempunyai ketinggian 100-300 m dpl. Pernyataan mengenai ketinggian 100-300 m dpl itu benar lantaran buah semangkat hanya sanggup tumbuh didekat kawasan pantai yang memilik ketinggian 100 m dpl serta didaerah perbukitan yang ketinggiannya mencapai 300 m dpl

c. Iklim atau suhu kawasan

  • Tanaman semangka membutuhkan suhu ± 25 derajat C biar sanggup tumbuh dan berbuah secara maksimal. Selain itu tumbuhan semangka juga sanggup tumbuh pada kawasan yang mempunyai kelembaban udara rendah, serta curah hujan yang baik untuk tumbuhan semangka berkisar antara 40-50 mm/bulan.

Baiklah sesudah mengetahui syarat-syarat lahan tanam semangka yang ideal, kami akan melanjutkan cara menanam semangka ke tahap selanjutnya.

2. Pemilihan bibit semangka berkualitas 

Cara menanam semangka berikutnya yaitu menentukan bibit/benih semangka berkualitas, tentu anda ingin merasa hasil panen semangka berlimpah serta maksimal bukan ?? oleh alasannya itu jangan pernah membeli bibit/benih semangka secara sembarang pastikan dulu bibit yang anda beli tersebut memang berkualitas.

Langkah pertama yang anda lakukan mencari bibit yang berkualitas, anda sanggup menanyakan dengan petani yang sudah profesional atau pun bertanya pribadi dengan penjual bibit semangka di toko erat rumah anda.

Selanjutnya tentu jenis semangka apa yang ingin anda tanam, terdapat beberapa jenis semangka tapi kali ini kami akan menyajikan 2 jenis yaitu semangka tidak berbiji (tripolid) serta semangka berbiji (haploid). Setelah anda selesai menentukan jenis mana yang akan ditanam pribadi beli bibit tersebut di toko sekitar rumah anda masing-masing.

3. Penyemaian bibit/benih semangka

Tahap selanjutnya yaitu penyemaian bibit/benih, kenapa penyemaian bibit ini peting ?? lantaran dengan melaksanakan proses penyemaian bibit sanggup tumbuh secara maksimal serta dalam proses kontrol akan lebih gampang alasannya diletakkan pada satu tempat secara rapi.

Baiklah pribadi saja ada perhatikan beberapa cara penyemaian bibit/benih semangka yang benar dibawah ini.

 kali ini kami ingin menyajikan info mengenai bagaimana cara menanam semangka Panduan Budidaya Semangka Step by Step Hingga Sukses
Benih Buah Semangka

Cara penyemaian bibit atau benih semangka :

Berikut ini panduan menyemai bibit semangka yang benar;

  • Langkah pertama, anda siapkan dulu media tanam berupa tanah serta pupuk kadang dalam jumlah tertentu(sesuai kebutuhan)
  • Setelah itu bersihkan tanah dari sampah atau pun beberapa hama pengganggu yang sanggup merusak kualitas tanah
  • Setelah tanah higienis dari kotoran, campurkan semua materi yang disiapkan tadi dengan rata. Anda sanggup memakai tangan pribadi atau dengan cangkul.
  • Cari tempat yang kira-kira sanggup memudahkan anda dalam proses mengontrol keadaan benih
  • Lalukan penyiram dengan air higienis tidak perlu banyak-banyak, lantaran tujuan dari penyiraman hanya menciptakan tanah tidak kering saja
  • Setelah semua selesai, anda hanya perlu menunggu benih atau bibit semangka tumbuh.

4. Pengolahan lahan tanam 

Cara menanam semangka selanjutnya yaitu proses pengolahan lahan, lantaran pada tahap pertama kami hanya menyajikan menentukan lahan tanam saja. Kali ini kami akan menyajikan cara pengolahan lahan yang benar, tujuan biar tumbuhan semangka sanggup dikontrol secara maksimal serta pada dikala peraawatan tidak mengalami kesulitan lantaran tumbuhan semangka ditanam tidak beraturan. Baiklah pribadi saja, cara mengolah lahan tanam semangka dengan benar.

Cara pengolahan lahan tanam semangka :

  • hal pertama yang perlu anda lakukan menggembur, meskipun lahan yang anda pilih bekas kebun ataupun bekas sawah yang kering acara menggembur tanah teteap penting dilakukan.
  • Pada dikala penggemburan tanah anda juga sanggup menambahkan pupuk biar tercampur lebih rata
  • Selanjutnya menciptakan benda, lebar dan panjang sesuaikan dengan jumlah tumbuhan semangka anda masing-masing. Selain itu buat parit disekitar bedengan biar air sanggup mengalir lancar
  • langkah terakhir yaitu menciptakan lubang untuk menanam semangka dari tempat penyemaian.

5.  Proses Penanaman Bibit semangka

Tahap kali ini anda akan memindahkan tumbuhan semangka dari tempat penyemaian ke lahan tanam (bedengan) yang sudah diolah sebelumnya. Tanaman semangka yang berumur 5 ahad sudah siap melaksanakan pemindahan ke lahan tanam.

 kali ini kami ingin menyajikan info mengenai bagaimana cara menanam semangka Panduan Budidaya Semangka Step by Step Hingga Sukses
Penanaman Bibit Semangka

Anda hanya perlu mengambil tumbuhan semangka kemudian pindah ke lubang lahan yang sudah disiapkan sebelumnya, perlu diingat anda harus hati-hati dikala mengambil tumbuhan semangka dari tempat penyemaian hindari akar patah. Setelah masuk kedalam lubang bedengan tutup memakai tanah dengan tipis.

6. Perawatan tumbuhan semangka 

Panduan Cara menanam semangka yang tidak kalah penting yaitu tahap perawatan, lantaran dalam proses perawatan ini tumbuhan semangka akan menerima asupan air dan nutrisi yang cukup sehingga sanggup tumbuh secara maksimal. Baiklah kami akan menyajikan cara perawatan tumbuhan semangka biar tumbuh dan berbuah secara maksimal. 

Cara Merawat Tanaman Semangka 

Berikut ini teknik perawatan buah semangka biar berbuah maksimal:

a. Penyiangan

Perawatan yang pertama ini bertujuan untuk memotong ranting tumbuhan semangka yang tidak mempunyai kegunaan alasannya semangka hanya berbuah 2 dalam satu tanaman.

b. Pembubunan

Kali yaitu perawatan dengan cara pembubunan yang dilakukan biar tumbuhan semangka sanggup menyerap asupan masakan secara maksimal.

c. Perempalan

Perawatan ini dilakukan dengan membuang tunas muda yang tidak mempunyai kegunaan pada tumbuhan semangka.

d. Pemupukan

Meskipun sebelumnya semangka sudah mengalami pemupukan, tapi tidak ada salahnya melaksanakan pemupukan susulan biar tumbuhan semangka lebih maksimal menerima asupan nutrisi.

7. Tahap panen semangka 

Cara menanam semangka terakhir yaitu tahap panen, tahap yang tunggu-tunggu oleh semua petani tapi tahukah anda terdapat beberapa hal penting yang harus diketahui pasca sebelum panen semangka.

Buah semangka harus berumur yang cukup lantaran jikalau umur buah semangka tidak cukup, daging buah berwarna pucat serta rasanya kurang manis. Masa panen semangka akan berbeda jikalau ketinggian suatu kawasan berbeda juga selain itu ukuran buah akan berbeda juga disetiap daerah.

Jika anda merasa galau mana buah semangka yang benar-benar masak serta mana buah yang belum masak, kami menyarankan untuk melaksanakan pengambilan sampel dengan mengecek kadar gula pada buah semangka.

Setelah kami menyajikan info wacana cara menanam semangka kemudian bagaimana dengan anda kapan ingin memulai menanam semangka dengan cara kami? Mulailah menanam semangka dalam skala kecil dulu, sesudah berhasil pribadi tanam semangka dalam skala besar. Itulah yang sanggup kami sajikan semoga sanggup membantu anda semua dalam memulai bercocok tanam semangka, terima kasih.

Simak juga: Panduan Budidaya Sawi yang Benar untuk Pemula!


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Budidaya Semangka Step By Step Sampai Sukses"

Posting Komentar