RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) TEMATIK TERPADU KURIKULUM 2013 |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 1 : Keberagaman Budaya Bangsaku
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari ( Kamis, 19 Juli 2018 )
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis.
4.1.1 Menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran.
IPS
3.2 Memahami keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
4.2 Menceritakan keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis dan agama di provinsi setempat sebagai identitas bangsa Indonesia.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman
di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia
4.2.1 Mengomunikasikan secara mulut dan goresan pena keragaman budaya, etnis,
dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan wacana sifatsifat bunyi.
Indikator:
3.6.1 Menjelaskan cara menghasilkan bunyi.
4.6.1 Menyajikan laporan pengamatan wacana cara menghasilkan bunyi.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca teks wacana keragaman budaya, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dengan mandiri.
2. Setelah membaca teks wacana keragaman budaya, siswa bisa menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung di setiap paragraf dari teks tersebut dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
3. Setelah wawancara sederhana, siswa bisa menyebutkan keragaman budaya, etnis, dan agama dari teman-teman di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia dengan lengkap.
4. Setelah diskusi, siswa bisa mengomunikasikan keragaman budaya, etnis, dan agama sahabat di kelas sebagai identitas bangsa Indonesia secara mulut dan goresan pena dengan sistematis.
5. Setelah eksplorasi, siswa bisa menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari bermacam-macam benda di sekitar dengan lengkap.
6. Setelah eksplorasi dan diskusi, siswa bisa menyajikan laporan hasil pengamatan wacana cara menghasilkan bunyi dari bermacam-macam benda di sekitar dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diperlukan : Ø Bahasa Indonesia dan IPA : | Religius, Nasionalis, Mandiri, Gotong-Royong, Integritas |
Ø IPS : | Religius,Toleransi, Rasa Ingin Tahu Semangat Kebangsaan, Cinta Tanah Air Bersahabat/Komunikatif, Cinta Damai |
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”.Nasionalis ¡ Guru menyampaikan tahapan aktivitas yang meliputi aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Sebelum memulai pembelajaran, guru menempelkan gambar seorang anak Bali yang menggunakan baju tradisional. Di belakang anak ada rumah tradisional Bali. (Mengamati) § Siswa diajak berdiskusi wacana Keragaman Budaya Indonesia. Guru mengajukan pertanyaan pembuka,Communication - siapa di antara kalian yang berasal dari suku Sunda, Suku Jawa, Suku Minang, dan seterusnya. (Menanya) § Siswa secara berpasangan diminta untuk saling menginformasikan wacana asal suku mereka kepada sahabat di sebelahnya. (Mengkomunikasikan) § Siswa kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3-4 siswa dalam setiap kelompok. Siswa bisa diminta untuk menghitung 1 hingga 4 secara berurutan. Setiap siswa kemudian diminta untuk membentuk kelompok berdasarkan nomor urut yang sama. (Mengekplorasi) § Guru memberikan kepada siswa bahwa mereka akan mendapat bermacam-macam informasi wacana keragaman budaya Indonesia dari teks bacaan yang akan dipelajari. Siswa kemudian diajak untuk mengamati gambar keragaman budaya yang ada di buku dan membaca teksnya dalam hati. (Mengamati) § Siswa dalam kelompok diminta berdiskusi untuk menjawab pertanyaan wacana isi dari paragraf satu. (Menanya) § Setelah semua kelompok selesai mengomunikasikan hasil diskusi, gurumemberikan penguatan wacana taktik dalam menemukan isi kisah yangbiasa dinamakan gagasan pokok/gagasan utama/ide utama/ide pokok/pokok pikiran, dari suatu paragraf. § Siswa diminta untuk menemukan gagasan utama dan gagasan pendukungdari paragraf ketiga, keempat, dan kelima dari teks yang ada di buku danmenuliskannya pada diagram yang tersedia. § Siswa mendapat klarifikasi bagaimana mengisi diagram dari guru. Mengisi Diagram 1. Pastikan siswa mempunyai diagram. 2. Minta siswa menuliskan ‘Gagasan Pokok’ di tengah diagram. 3.Siswa diminta menemukan paling sedikut 5 gagasanpendukunguntuk setiap satu gagasan pokok. 4.Siswamenuliskansetiapsatugagasandisatukolom di sekitargagasanutama. 5. Isi sisibintangsearahjarum jam. § Guru memberikanpenguatantentangpentingnyasikapsalingmenghargaidalamkeragamanbudaya, suku,dan agama, sertamenjadikankeragamantersebutsebagaiidentitasbangsa Indonesia.Nasionalis § Siswamenjawabpertanyaandanmengisitabeltentangsikapsalingmenghargai yang terdapat di bukusecaramandiri.Mandiri § Siswaakansalingberbagijawabantentangpengalamanmelaksanakansikapsalingmenghargaidancontohsikaptidakmenghargaisecaraberpasanganbersamateman di sebelahnya.Gotong Royong § Siswadapatmendiskusikanpengalaman yang menurutmerekamenarik.Collaboration § Guru menampilkan satu alat musik tradisional dari kawasan asal sekolah. § Guru mengajukan pertanyaan sebagai aktivitas pembuka: - Bagaimana cara memainkan alat musik ini sehingga sanggup menghasilkan bunyi? § Beberapa siswa diminta membunyikan alat musik tersebut di depan kelas.Minta satu/beberapa siswa untuk menjelaskan wacana cara alat musik tersebut dibunyikan. (dipukul, ditiup, digoyang, dipetik, digesek, dsb.)Mandiri § Siswa kemudian akan melaksanakan aktivitas eksplorasi menggunakan benda-benda yang sanggup menghasilkan bunyi yang terdapat di kelas dan sekitarnya. § Siswa kemudian menjawab pertanyaan yang terdapat di buku berdasarkan hasil kerjasama mereka dalam membuat ansambel bunyi yang yummy didengar. | 150 menit |
Penutup | Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing(untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Teman-teman di sekolah sebagainarasumber aktivitas wawancara.
¡ Alat musik tradisional kawasan masing- masing.
¡ Beragam benda di kelas dan sekitarnya.
Ayah, 20Juli 2018
Mengatahui,
KepalaSekolah Guru Kelas IV
____________________________________________________
CatatanKepalaSekolah :
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
LAMPIRAN 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
o Menemukan gagasan pokok dan pendukungdaritekstulis
o Mengidentifikasikeberagaman yang ada di sekitar
o Melakukanpercobaancaramenghasilkanbunyi
IPS
Indonesia terdiri atas banyak sekali macam suku bangsa dan budaya, namun tetap dalam satu wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keragaman tersebut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Kita wajib mensyukurinya.
BAHASA INDONESIA
Setiap bacaan biasanya terdiri atas beberapa paragraf. Setiap paragraf mempunyai gagasan pokok yang diperkuat oleh gagasan pendukung.
Gagasan pokok yaitu ide utama yang dibahas dalam suatu bacaan, bisa berupa kalimat inti atau pokok paragraf.
Gagasan pendukung yaitu uraian atau suplemen informasi untuk
gagasan pokok.
Berikut beberapa langkah yang sanggup dilakukan untuk menentukan
gagasan pokok setiap paragraf.
1. Bacalah paragraf dengan cermat!
2. Cermati kalimat pertama hingga terakhir!
- Apakah kalimat pertama merupakan gagasan pokok atau gagasan penjelas? Apakah kalimat kedua yang merupakan gagasan pokok? Teruslah membaca kalimat demi kalimat hingga gagasan pokok paragraf ditemukan.
- Ingat, gagasan pokok sebagai isi atau inti paragraf sanggup terletak di awal, akhir, awal dan akhir, atau di seluruh paragraf.
IPA
Segala macam bentuk bunyi berasal dari benda yang bergetar. Getaran dari suatu benda akan menjadikan udara di sekitarnya bergetar. Getaran tersebut mengakibatkan gelombang bunyi di udara. Benda-benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut sumber bunyi.
Bunyi sanggup merambat melalui benda padat, cair, dan gas. Akan tetapi, bunyi tidak sanggup merambat pada ruang hampa.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
LAMPIRAN 2
Penilaian
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | ||||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | ||||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | |||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | |||
1 | JUNIASTI EKA P | |||||||||||||
2 | M. SANI JAUFA LAILAN | |||||||||||||
3 | MUHAMMAD ABDUL F | |||||||||||||
4 | YAHYA TSANI | |||||||||||||
5 | AGRA SOLEH S | |||||||||||||
6 | AHMAD IRFAN KH | |||||||||||||
7 | ATIQOH UMMU S | |||||||||||||
8 | KHOERUL MANKHOFA | |||||||||||||
9 | LATIFATUM MARDIANA | |||||||||||||
10 | MINDIA APRILIANI | |||||||||||||
11 | NAUFAL AHNAF ZAKI | |||||||||||||
12 | NUR DEWI PUTRI ANDINI | |||||||||||||
13 | SFA KHANIFATUN N | |||||||||||||
14 | TEFA ARLIZA | |||||||||||||
15 | YOGI FERDIANSYAH | |||||||||||||
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Diskusi
Saat siswa melaksanakan diskusi, guru menilai mereka dengan
menggunakan rubrik.
Centang (ü) pada bab yang memenuhi kriteria.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan | Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. | Mendengarkan teman yang berbicara, namun sesekali masih perlu diingatkan. | Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara. ü | Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan. |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) | Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. | Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. ü | Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. | Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya saat diskusi. | Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik. | Berbicara dan menerangkan secara rinci,namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. | Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. ü |
Penilaian (penskoran) : Total nilai siswa x 10
Total nilai maksimal
Contoh : 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
2. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap
paragraf dinilai menggunakan rubrik
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok. | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. ü | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan pendukung. | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. ü | Belum dapat menemukan gagasan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung dalam peta pikiran. | Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin teman lainnya ketika diskusi. ü | Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan tepat. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran. |
Sikap: Mandiri | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. ü | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian (penskoran) : Total nilai siswa x 10
Total nilai maksimal
Contoh : 3+2+4+2 = 10 x 10 = 6,9
16 16
3. IPS
a. Tugas siswa menemukan dan menuliskan informasi tentang
keragaman budaya, serta mengomunikasikannya dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. | Menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara dengan lengkap. | Menuliskan sebagian besar informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara cukup lengkap. ü | Menuliskan sebagian kecil informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara kurang lengkap. | Belum dapat menuliskan informasi tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman di kelas berdasarkan hasil wawancara. |
Komunikasi lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama. | Mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara dengan sistematis. | Mengomunikasikan secara lisan sebagian besar keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara cukup sistematis. | Mengomunikasikan secara lisan sebagian kecil keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara kurang sistematis. ü | Belum dapat mengomunikasikan secara lisan tentang keragaman budaya, etnis, dan agama teman-teman berdasarkan hasil wawancara. |
Sikap kerjasama. | Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman secara konsisten. ü | Menunjukkan sikap kerjasama dengan semua teman namun belum konsisten. | Menunjukkan sikap kerjasama hanya dengan beberapa teman. | Perlu dimotivasi untuk dapat bekerjasama. |
Santun dan saling menghargai. | Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman secara konsisten. | Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai dengan semua teman namun belum konsisten. | Menunjukkan sikap santun dan saling menghargai hanya dengan beberapa teman. ü | Perlu dimotivasi untuk bersikap santun dan saling menghargai dengan semua teman. |
4. IPA
a. Tugas siswa menjelaskan dan menyajikan laporan pengamatan wacana cara menghasilkan bunyi dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Cara menghasilkan bunyi. | Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan lengkap. | Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup lengkap. | Menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang lengkap. ü | Belum dapat menemukan menjelaskan cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi. | Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari semua benda berdasarkan hasil eksplorasi dengan sistematis. | Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian besar benda berdasarkan hasil eksplorasi cukup sistematis. ü | Menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari sebagian kecil benda berdasarkan hasil eksplorasi kurang sistematis. | Belum dapat menyajikan laporan pengamatan tentang cara menghasilkan bunyi dari benda berdasarkan hasil eksplorasi. |
Sikap rasa ingin tahu. | Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. ü |
Penilaian (penskoran) : total nilai siswa X 10
total nilai maksimal
Contoh: 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
b. Percobaan IPA dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Penerapan Konsep | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung dan menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang sedang dipelajari dengan benar. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti pendukung namun perlubantuan saat menyampaikan pemahaman inti dari konsep yang yang sedang dipelajari. | Memperlihatkan pemahaman konsep dengan menunjukkan bukti yang terbatas dan penyampaian pemahaman inti dari konsep tidak jelas. ü | Perlu bimbingan saat menyampaikan bukti dan pemahaman inti dari konsep yang dipelajari. |
Komunikasi | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas, obyektif dengan didukung data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan jelas dan didukung sebagian data penunjang. ü | Hasil percobaan disampaikan denga njelas namun hanya didukung sebagian kecil data penunjang. | Hasil percobaan disampaikan dengan kurang jelas dan tanpa data penunjang. |
Prosedur dan Strategi | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis dan strategi yang digunakan membuat percobaan berhasil. | Seluruh data dicatat, langkah kegiatan dilakukan secara sistematis namun masih membutuhkan bimbingan dalam menemukan strategi agar percobaan berhasil. | Sebagian besar data dicatat, langkah kegiatan dan strategi dilakukan secara sistematis setelah mendapat bantuan guru. | Sebagian kecil data dicatat, langkah kegiatan tidak sistematis dan strategi yang dipilih tidak tepat. ü |
Penilaian (penskoran) : total nilai siswa X 10
total nilai maksimal
Contoh: 2+3+1 = 6 x 10 = 5
12 12
Pengayaan
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup memainkan ansambel bunyi mereka kepada kelas lain.
Remedial
• Siswa yang belum terampil dalam menemukan gagasan utama dan gagasan pokok sanggup diberikan contoh-contoh suplemen teks sebagai latihan tambahan. Siswa sanggup dibantu oleh siswa lain yang telah sangat terampil dalam menemukan gagasan pokok dan gagasan utama.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1"
Posting Komentar