Manfaat Teknik Industri

MANFAAT TEKNIK INDUSTRI



A. TEKNIK INDUSTRI
Menurut wikipedia, teknik industri yaitu ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan penilaian sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses.
Ilmu ini menerapkan cara-cara dan analisis engineering terhadap produksi barang dan jasa. Para insinyur industri memilih cara-cara yang paling efektif dan hemat bagi sebuah organisasi dalam memanfaatkan orang, mesin, dan bahan. Teknik industri lebih kekhususan ke arah how to mass-produce how to make an industry.
Teknik industri sanggup diartikan sebagai suatu teknik administrasi sistem, yaitu suatu teknik yang mengatur sistem secara keseluruhan dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang terkait. Aspek-aspek tersebut secara keseluruhan antara lain insan sebagai aspek terpenting, mesin, dan material. Teknik industri mengatur semoga sistem tersebut berjalan dengan cara yang paling produktif, efektif, dan efisien. Ilmu teknik industri sanggup dibagi dalam tiga bidang keahlian, yaitu sistem manufaktur, administrasi industri, sistem industri dan tekno ekonomi.
A.1  SISTEM MANUFAKTUR
Merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, material, energi, dan gosip melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek insan dengan lingkungan kerjanya.
A.2  MANAJEMEN INDUSTRI
Bidang ini memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk penciptaan dan peningkatan nilai sistem perjuangan melalui fungsi dan proses administrasi dengan bertumpu pada keunggulan sumber daya insani dalam menghadapi lingkungan kerja yang dinamis.
A.3 SISTEM INDUSTRI DAN TEKNO EKONOMI
Bidang keahlian ini memanfaatkan pendekatan teknik industri untuk peningkatan daya saing sistem integral yang terdiri atas tenaga kerja, materi baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah.
B.  MANFAAT TEKNIK INDUSTRI BAGI KEHIDUPAN MANUSIA
Tidak diragukan lagi sepanjang masa sejarah hidup manusia  teknik industri menawarkan banyak bantuan bagi kehidupan manusia. Sebagai hasil dari proses berfikir teknik industri diarahkan untuk melayani manusia. Teknik industri menawarkan solusi yang lebih efektif dan efisien dalam banyak sekali proses produksi, termasuk penggunaan mesin, material, waktu, sumber daya manusia, informasi, dan sebagainya. Teknik industri juga mempunyai manfaat dalam pembuatan sistem kerja yang efektif dan efisien semoga produksi barang di pabrik berjalan lancar.
C.  APLIKASI YANG SERING DIJUMPAI
Dalam pengaplikasian ilmu teknik industri yang sering dijumpai di kehidupan kasatmata yaitu pada perancangan sistem di pabrik. Salah satu pola aplikasi ilmu teknik industri yaitu seorang profesor ilmuwan penemu membutuhkan waktu 800 jam untuk menciptakan komputer hasil rancangannya. Tugas dari spesialis teknik industri yaitu merancang sistem di pabrik semoga pekerjaan si profesor sanggup dilakukan sepuluh orang dalam delapan jam. Sistem itu harus meliputi pengelolaan mesin, waktu, dan sumber daya.
D.  KESIMPULAN DAN SARAN
Teknik industri yaitu ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan penilaian sistem integral dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses. Ilmu ini menerapkan cara-cara dan analisis engineering terhadap produksi barang dan jasa. Teknik industri sanggup diartikan sebagai teknik administrasi sistem, yaitu yang mengatur sistem secara keseluruhan. Manfaat dari ilmu teknik industri yaitu menawarkan solusi yang lebih efektif dan efisien dalam banyak sekali proses produksi, juga dalam pembuatan sistem kerja yang efektif dan efisien. Salah satu pola pengaplikasian ilmu teknik industri secara kasatmata yaitu pada perancangan sistem di sebuah pabrik. Seorang profesor ilmuwan penemu membutuhkan waktu 800 jam untuk menciptakan komputer hasil rancangannya. Tugas dari spesialis teknik industri yaitu merancang sistem di pabrik semoga pekerjaan si profesor sanggup dilakukan sepuluh orang dalam delapan jam. Sistem itu harus meliputi pengelolaan mesin, waktu, dan sumber daya. Ini pertanda bahwa ilmu teknik industri sangat berperan dalam perancangan sistem di sebuah pabrik atau organisasi.
Diharapkan dari waktu ke waktu bidang industri semakin mengalami perkembangan.Karena itu, lulusan Teknik Industri dituntut untuk menjadi sarjana yang siap pakai. Selain itu, diperlukan pula teknik industri lebih kompeten jikalau setiap mahasiswanya lebih difokuskan kepada spesialisasi di bidangnya.


Sumber http://indonugraha.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Teknik Industri"

Posting Komentar