Panduan Cara Menciptakan Pupuk Kompos

Cara Membuat Pupuk Kompos – Pupuk ialah komplemen zat untuk menyuburkan tanah yang berkhasiat untuk meningkatkan hasil produksi dari tanaman. Salah satu pupuk yang menjadi dasar dalam pertanian ialah pupuk kadang. Pupuk ini merupakan pupuk yang paling utama dalam proses penyuburan tanah.

Pasalnya, dalam pupuk sangkar terdapat unsur hara yang sangat lengkap, menyerupai fosfor, kalium, dan nitrogen dimana unsur-unsur tersebut sangat diharapkan bagi tanaman. Namun sayangnya, meskipun mempunyai unsur hara yang begitu lengkap, unsur tersebut tidak diserap dengan baik oleh tumbuhan.

Oleh sebab itu, pupuk sangkar harus diolah terlebih dahulu semoga nutrisi yang terkandung sanggup lebih mudah terserap oleh tumbuhan. Salah satu pengolahannya ialah dibentuk pupuk kompos.

Pupuk kompos itu sendiri ialah pupuk yang berbahan utama dari kotoran binatang dan ditambah dengan beberapa unsur lain kemudian difermentasi semoga menjadi pupuk yang lebih mudah diserap tanaman.

Cara menciptakan pupuk kompos itu sendiri tidaklah sulit dan akan lebih menghemat biaya jikalau dibentuk sendiri. Selain murah, pupuk kompos juga mempunyai banyak manfaat bagi tumbuhan dan tanah. Sayangnya, untuk mengolah pupuk sangkar menjadi pupuk kompos memang diharapkan proses pengolahan yang tepat.

Namun tentu saja, pupuk kompos ini akan sangat bermanfaat bagi para petani. Hal tersebut dikarenakan pupuk kimia ketika ini harganya cukup tinggi.

Untuk membantu petani, tak jarang pemerintah menyediakan bantuan. Ketersediaan subsidi pupuk dari pemerintah ini nyatanya sering dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang bermain pupuk untuk mendapat laba yakni dengan cara mempermainkan harga pupuk di pasaran.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menciptakan pupuk sendiri. Tapi sangat disayangkan, ketika ini tidak semua petani mengetahui dengan niscaya cara menciptakan pupuk kompos yang benar. Nah, kemudian bagaimana cara membuatnya? Yuk, eksklusif simak saja ulasannya!

Simak juga: Jenis dan Manfaat Pupuk Organik

Keuntungan Pembuatan Pupuk Kompos

Pembuatan pupuk kompos sejatinya sanggup dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan baku yang mudah didapat disekitar daerah tinggal dari petani itu sendiri. Ada dua laba dari pembuatan pupuk kompos tersebut, antara lain :

1. Mengurangi Biaya

Dengan mengetahui cara menciptakan pupuk kompos sendiri, para petani akan sanggup mengurangi biaya akan pupuk kimia. Selain itu, ketersediaan pupuk akan lebih stabil dan terjamin jikalau dibandingkan dengan mengandalkan dari subsidi pupuk kimia.

2. Bahan Praktis Ditemukan

Mengapa biaya pembuatan pupuk kompos relatif sangat murah? Hal ini tentu saja sebab materi yang akan kita gunakan untuk menciptakan pupuk kompos ini sangat mudah kita sanggup dilingkungan sekitar kita. Sebut saja  menyerupai kotoran ternak, isi rumen sapi, seresah dedaunan, air kencing ternak, dedak kasur hingga bubuk dapur.

Nah, semua materi tersebut sangat mudah didapat dilingkungan rumah, bukan? Kaprikornus kalian tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mencari materi baku pembuatan pupuk kompos ini.

 Pupuk ialah komplemen zat untuk menyuburkan tanah yang berkhasiat untuk meningkatkan hasil p Panduan Cara Membuat Pupuk Kompos
Cara Membuat Pupuk Kompos

Cara Membuat Pupuk Kompos

Untuk menciptakan pupuk kompos secara murah dan praktis, kau sanggup ikuti tips berikut ini. Pertama, hal yang harus kau siapkan terlebih dahulu ialah materi bakunya.

1. Bahan Baku Pupuk Kompos

Adapun bahan-bahan yang harus disiapkan menyerupai 300 kg kotoran ternak yang sudah ditiriskan semoga tidak basah, sampah organik, dan seresah dedaunan kering.

Selain itu, materi komplemen materi lain menyerupai 50% air kencing ternak (bisa sapi, kerbau, domba, kambing, kelinci, kuda), 15% bubuk dapur, 5% dedak kasar, 10% kapur mati  (kapur tembok) dan kuman pengompos. Bakteri pengompos ini sanggup diambil dari isi rumen sapi.

Tidak hanya materi saja, tentunya kalian akan membutuhkan peralatan yang akan dipakai untuk mengolah pupuk tersebut.

2. Peralatan yang Dibutuhkan

Peralatan ini juga sama pentingnya semoga lebih memudahkan kalian dalam mengolah pupuk kompos. Adapun peralatan yang akan kalian butuhkan ialah cangkul, sekop dan cengkek yang dipakai untuk mencampur dan mengambil kotoran, sampah, dedaunan, bubuk dapur, dedak bergairah dan kapur mati.

Ember plastik yang dipakai untuk wadah dan plastik transparan untuk menutup ember.Setelah semua materi dan peralatan sudah siap, saatnya kita bahas langkah-langkahnya.

3. Langkah Membuat Pupuk Kompos

Nah, sebelum memulai langkah-langkah dibawah ini, ada baiknya kalian menggunakan masker dan sarung tangan. Tahu kenapa? Karena kita akan mengolah yang namanya kotoran, pastinya akan mencium aroma-aroma yang tidak sedap yang akan menyengat hidung. Jika sudah, yuk… eksklusif saja ke langkah-langkah pembuatan pupuk kompos.

  1. Tumpuklah kotoran ternak, sampah organik dan seresah dedaunan hingga membentuk menyerupai gundukan dengan tinggi kurang lebih 20 cm.
  2. Kemudian, taburkan materi komplemen lainnya yakni dedak kasar, bubuk dapur dan kapur diatas gundukan kotoran, sampah organik dan dedaunan.
  3. Nah, sehabis materi sudah berada dalam satu gundukan, siram gundukan tersebut dengan air sumur dan air kencing yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Tambahkan juga kuman pengompos dari isi rumen sapi. Setelah itu, tumpuk kembali dengan bahan-bahan sesuai urutan yang pertama tadi dan lakukan secara berulang-ulang dan aduk menyerupai menciptakan campuran semen dengan cangkul.
  5. Kemudian jikalau semua materi sudah tercampur secara merata, tutup menggunakan plastik transparan untuk menghindari paparan sinar matahari dan terkena air hujan.
  6. Setelah itu diamkan gundukan tersebut selama kurang lebih 7 hari.
  7. Setelah satu minggu, pindahkan gundukan calon pupuk kompos ke lokasi disebelahnya dengan menyisirnya dari atas ke bawah secara terus menerus hingga berpindah.
  8. Setelah berhasil dipindah, tambahkan kembali air tanah dan air kencing ternak dengan takaran yang sama menyerupai tahap awal hingga mencapai tingkat kelembaban sebesar 60%. Nah, kalian niscaya galau cara mengetahui kelembaban yang pas, kan? Caranya mudah kok, ambilah pupuk kompos tersebut kemudian kepal  dengan tangan kemudian lepaskan dari genggaman. Jika pupuk terpisah namun ditangan masih  terasa lembab dan masih ada sisa yang melekat ditangan, maka itu tandanya kelembaban pupuk kompos sudah pas.
  9. Diamkan kembali pupuk kompos tersebut kurang lebih 1 minggu.
  10. Nah, sehabis satu minggu, pupuk kompos isready. Pupuk kompos sudah sanggup dipakai atau mungkin disimpan di dalam karung goni.

Itu tadi bahan-bahan, peralatan serta langkah-langkah dalam pembuatan pupuk kompos yang sanggup membantu dan bermanfaat. Mudah, bukan?

Namun selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan ialah takaran penggunaan pumpuk kompos. Untuk mendapat hasil yang maksimal, maka harus dengan takaran yang tepat. Berikut takaran penggunaan pupuk kompos yang sanggup kalian jadikan acuan.

Untuk tahun pertama, gunakan pupuk kompos sebanyak 10 ton per hektar lahan serta dengan penambahan pupuk buatan sebanyak 25%.Untuk tahun kedua, gunakan sebanyak 10 ton per hektar lahan pupuk kompos dengan komplemen pupuk buatan sebanyak 20%. Untuk tahun ketiga, berikan 15% pupuk buatan dan 10 ton per hektar lahan pupuk kompos.

Beda lagi di tahun berikutnya. Untuk tahun keempat, berikan 10 ton per hektar pupuk kompos dengan komplemen pupuk buatan sebanyak 10%.Untuk tahun kelima, berikan 10 ton per hektar pupuk kompos dan komplemen pupuk buatan sebanyak  5%.Dan untuk tahun keenam, tanah akan kembali subur dan sanggup menghasilkan hasil yang maksimal pula.

****

Demikian info mengenai cara menciptakan pupuk kompos dilengkapi dengan takaran penggunaan pupuk kompos yang akan membantu anda dalam mempermudah pertanian. Semoga bermanfaat dan membantu!

Artikel terkait: Cara Membuat Pupuk Kandang Padat dan Cair


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Cara Menciptakan Pupuk Kompos"

Posting Komentar