RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2017 (Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016) |
Satuan Pendidikan : SDN 1 SRATI
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Tema 1 : Indahnya Kebersamaan
Sub Tema 3 : BersyukuratasKeberagaman
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan dan menghargai aliran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan daerah bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar tulisan.
Indikator:
3.2.3 Mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks verbal dalam bentuk peta pikiran.
IPA
3.6 Memahami sifat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran.
4.6 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan/atau percobaan wacana sifat-sifat bunyi.
Indikator:
3.6.5 Menjelaskan sifat-sifat bunyi memantul menyerap.
4.6.5 Membuat peta pikiran wacana sifat bunyi memantul dan menyerap.
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah melaksanakan percobaan, siswa bisa menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap dengan benar.
2. Setelah melaksanakan percobaan, siswa bisa menyajikan laporan wacana sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis.
3. Setelah menyimak teks permainan tradisional, siswa bisa mengidentifikasi gagasan pokok dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dengan mandiri.
4. Setelah menyimak teks wacana permainan tradisional, siswa bisa menyajikan gagasan utama dan gagasan pendukung setiap paragraf dari teks tulis dalam bentuk peta pikiran dengan tepat.
v Karakter siswa yang diperlukan :
Ø Bahasa Indonesia dan IPA : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan | DeskripsiKegiatan | AlokasiWaktu |
Pendahuluan | ¡ Gurumemberikansalamdanmengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing.Religius ¡ Guru mengecekkesiapandiridenganmengisilembarkehadirandanmemeriksakerapihanpakaian, posisidantempatdudukdisesuaikandengankegiatanpembelajaran. ¡ Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Indahnya Kebersamaan”. Integritas ¡ Guru menyampaikan tahapan acara yang meliputi acara mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan. | 10 menit |
Inti | § Siswa menyimak dongeng wacana wacana permainan tradisional lainnya yaitu Fahombo Batu atau lompat kerikil dari kepulauan Nias, yang dilisankan oleh guru.Literasi § Siswa diminta untuk menyimak dengan teliti, lalu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dari setiap paragraf tersebut. (Menganalisis) § Untuk paragraf pertama, siswa mendiskusikan tanggapan bersama sahabat disebelah.Collaboration § Paragraf ke dua dan ketiga dikerjakan secara individu dan langsungdisampaikan kepada guru. § Siswa diingatkan kembali pada pembelajaran sebelumnya wacana sifat bunyi menyerap dan memantul.Communication § Siswa membaca informasi wacana bunyi memantul dan menyerap yang biasanya terjadi di area lapangan yang luas. Bunyi pantul juga terdapat pada beberapa jenis alat musik menyerupai gendang dan angklung.Literasi § Siswa lalu membaca senyap informasi yang terdapat di buku,tentang sifat bunyi memantul dan menyerap serta jenis-jenis bunyi.Mandiri § Siswa dalam kelompok melaksanakan percobaan sederhana membunyikan bermacam-macam benda yang dpat menghasilkan bunyi menyerupai botol, ember, gelas atau kaleng. (Memepresentasikan)Gotong Royong § Siswa membunyikan bermacam-macam benda tersebut di dalam dan di luar ruangkelas.Critical Thinking and Problem Solving § Siswa mencatat dan mendiskusikan hasilnya, lalu melaporkannya kepada guru. | 150 menit |
Penutup | ¡ Bersama-sama siswa menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil mencar ilmu selama sehariIntegritas ¡ Bertanya jawab wacana materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) ¡ Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk memberikan pendapatnya wacana pembelajaran yang telah diikuti. ¡ Melakukanpenilaianhasilbelajar ¡ Mengajaksemuasiswaberdo’amenurut agama dankeyakinanmasing-masing (untukmengakhirikegiatanpembelajaran)Religius | 15 menit |
E. SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman Guru Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Buku Siswa Tema : Indahnya Kebersamaan Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡ Botol atau alat lainnya yang menghasilkan bunyi menyerupai ember, gelas atau kaleng untuk percobaan IPA.
Mengetahui Kepala SDN 5 Rajamandala (Wawan Setiawan, S.Pd.) NIP. ....................................... | …………, 17 Juli 2017 Guru Kelas IV (Nadya Nursalma, S.Pd.) NIP. ....................................... |
Lampiran 1
F. MATERI PEMBELAJARAN
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks lisan.
§ Melakukan percobaan.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Pemantulan dan Penyerapan Bunyi
Bunyi sanggup dipantulkan dan diserap.
1. Pemantulan Bunyi
Sebuah kelereng yang kita lempar ke dinding yang keras akanmengalami pemantulan, demikian juga dengan bunyi. Bunyi jugadapat memantul, kalau dalam perambatannya dihalangi oleh benda yangpermukaannya keras, menyerupai kayu, kaca, dinding, atau besi.
2. Penyerapan Bunyi
Bunyi juga sanggup diserap. Benda-benda yang sanggup menyerap bunyiadalah benda yang permukaannya lunak. Benda yang demikian disebutperedam bunyi, contohnya karpet, goni, kertas, kain, busa, dan wol.Benda-benda tersebut sanggup dipakai untuk mencegah terjadinyagaung atau kerdam. Dinding dan langit-langit gedung pertemuan,studio rekaman, dan gedung bioskop dilapisi dengan bahan-bahantersebut semoga tidak terjadi gaung atau kerdam.
Macam-Macam Bunyi Pantul
1. Gaung atau Kerdam
Gaung atau kerdam terjadi alasannya yaitu bunyidipantulkan oleh dinding yang jaraknya tidakjauh dari sumber bunyi. Hal itu menyebabkandatangnya bunyi pantul bersamaan denganbunyi orisinil yang belum selesai terucapkan.Akibatnya, bunyi pantul mengganggu bunyi aslisehingga bunyi yang terdengar tidak jelas.
2. Gema
Gema terjadi alasannya yaitu bunyi dipantulkan olehdinding yang jaraknya jauh dari sumber bunyi.Hal itu menimbulkan datangnya bunyi pantulsetelah bunyi orisinil selesaiterucapkan. Jadi, bunyipantul yang terdengar lengkap setelah bunyiasli.
Gema sering terjadi di gua-gua, lembahlembah,dan bukit-bukit yang jaraknya jauhserta permukaannya keras dan rapat. Selain itu,gema juga sanggup dipergunakan untuk mengukurkedalaman jurang atau gua.
Lampiran 2
H. PENILAIAN
Penilaian Sikap
No | Nama | Perubanantingkahlaku | |||||||||||
Santun | Peduli | TanggungJawab | |||||||||||
K | C | B | SB | K | C | B | SB | K | C | B | SB | ||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1 | ................... | ||||||||||||
2 | ................... | ||||||||||||
3 | …………….. | ||||||||||||
4 | …………….. | ||||||||||||
5 | …………….. | ||||||||||||
Dst | …………….. |
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2,B (Baik) : 3,SB (SangatBaik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Tugas siswa menemukan gagasan pokok dan gagasan utama dari setiap paragraf dinilai memakai rubrik
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Gagasan pokok | Menemukan gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pokok pada semua paragraf dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pokok. |
Gagasan Pendukung | Menemukan gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian besar gagasan pendukung pada semua paragraf dengan benar. | Menemukan sebagian kecil gagasan pendukung pada semua paragraph dengan benar. | Belum dapat menemukan gagsan pendukung. |
Penyajian gagasan pokok dan gagasan pendukukung | Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung dalam peta pikiran dengan benar. | Menyajikan sebagian besar gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan benar. | Menyajikan sebagian kecil gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan benar. | Belum dapat menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung pikiran dengan. |
Sikap: Mandiri | Tugas diselesaikan dengan berdikari . | Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. | Tugas diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru. | Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.
IPA
Laporan hasil percobaan wacana sifat bunyi memantul dan menyerap dinilai memakai rubrik.
Kriteria | Sangat Baik (4) | Baik (3) | Cukup (2) | Perlu Pendampingan (1) |
Sifat bunyi memantul dan menyerap | Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan lengkap. | Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan dengan cukup lengkap. | Menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan kurang lengkap. | Belum mampu menjelaskan sifat bunyi memantul dan menyerap berdasarkan hasil percobaan. |
Laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap | Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. | Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan cukup sistematis. | Menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap kurang sistematis. | Belum mampu menyajikan laporan percobaan tentang sifat bunyi memantul dan menyerap dengan sistematis. |
Sikap Rasa Ingin Tahu dan Berfikir Kritis | Tampak antusias dan mengajukan banyak wangsit dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. | Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan. |
Catatan: Penilaian (penskoran) sanggup dilihat contohnya pada Pembelajaran 1.
Pengayaan
• Apabila mempunyai waktu, siswa sanggup melaksanakan percobaan bunyi memantul dan menyerap di lapangan yang luas.
Remedial
• Siswa yang belum memahami sifat bunyi memantul dan menyerap akan diberikan bacaan sederhana terkait materi. Siswa dimotivasi untuk membaca dengan teliti. Siswa sanggup mengerjakan latihan tertulis (kuis, pertanyaan esay) terkait materi yang belum dipahami.
Sumber http://aqdaffa.blogspot.com
Mari berteman dengan saya
Follow my Instagram _yudha58
0 Response to "Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 1 Sub Tema 3 Pembelajaran 3"
Posting Komentar