Tutorial Install Vagrant Di Macos High Sierra


Setelah kemaren saya menuliskan tata cara menginstall virtualbox di MacOS, maka sesi kali ini saya akan menjelaskan bagaimana menginstall vagrant di MacOS. Vagrant? iya vagrant. Bagi apa yang belum tau vagrant itu apa, mungkin dapat baca-baca di link berikut ini. Secara singkat saya akan coba jelaskan apa itu vagrant, vagrant itu kayak tools untuk membangun lingkungan virtual yang lebih cepat memanfaatkan system VMWare di atasnya dan virtualbox mendukung akomodasi itu. Kaprikornus dengan vagrant kita dapat create instance virtual lebih cepat. Kalau biasanya untuk membangun guest OS dengan virtualbox maka langkah-langkah ini harus kita jalankan:
  • nyiapin image instalasinya
  • bikin partisinya
  • install OS dari image tersebut,
  • create user dll.
keliatan ribetkan bikin mesin virtual? kalau ingin mencicipi pengalaman membangun server dari nol ya gapapa sih melewati tahap tahap di atas tadi, tapi bagi yang sudah sering melakukannya (sampai bosan), kan jadi lebih ekonomis waktu dan tenaga kalau proses tersebut tidak lagi perlu dilalui. nha salah satu solusinya  ya dengan vagrant ini, jadi kita dapat meniadakan proses tersebut, tau tau mesin virtual kita dah siap digunakan, menarik bukan? Semakin penasaran? Lanjut lagi ya bacanya :-) 

Kaprikornus sebelum kita dapat memanfaatkan vagrant tentu kita harus menginstall vagrant tersebut terlebih dulu dan berikut langkah-langkahnya:

Salah satu syarat semoga vagrant dapat berjalan, yaitu anda harus menginstall virtualbox terlebih dahulu, untuk tutorial instalasi virtualbox (di MacOS) anda dapat ikuti tutorial berikut:

Cara install virtualbox di MacOS

Untuk instalasi virtualbox di Ubuntu Desktop dan Windows, lain waktu akan saya tuliskan website ini, tapi ya tentu nunggu ada alatnya dulu ya 😎.


Selesai install virtualbox, kemudian silakan d0wnl0ad installer vagrant di link ini. Silakan sesuaikan dengan sistem operasi yang anda gunakan, alasannya ialah saya disini memakai MacOS, maka saya d0wnl0ad aplikasi untuk MacOS.

Selesai d0wnl0ad saya klik 2 kali installer tersebut, sehingga nampak ibarat gambar berikut ini:

kemudian saya klik dua kali file vagrant.pkg sehingga proses instalasi mulai berjalan ibarat berikut ini:


saya klik continue untuk melanjutkan proses, kemudian masuk ke step berikutnya:


disitu saya diberitahu kalau vagrant akan memakai sekitar 100MB di harddisk komputer saya, sesudah itu saya klik install dan berlanjutlah proses instalasinya:


ibarat biasa, saya diminta memasukkan user password direktur untuk melanjutkan proses installer tersebut, sesudah itu, proses instalasi mulai berjalan, apabila instalasi sukses di lakukan, maka akan terlihat ibarat gambar di bawah ini:


silakan klik tombol close untuk menuntaskan instalasi, sesudah itu anda akan diminta apakah anda akan menyimpan installernya atau akan anda hapus dari komputer, saya lebih menentukan untuk menyimpannya, maka saya klik opsi Keep.

Untuk mengetes apakah vagrant berhasil diinstall di komputer anda, silakan buka terminal (di MacOS) kemudian saya ketik perintah:

 vagrant -v

jikalau instalasi berhasil, maka akan terlihat tampilan ibarat berikut:


yap, tutorial instalasi telah final anda baca hingga disini, pada sesi selanjutnya saya akan bahas bagaimana memanfaatkan vagrant untuk membangun ekosistem virtual secara instant. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)

Jika anda tertarik dengan artikel yang membahas virtualisasi dan virtualbox di website ini, anda dapat klik kata virtual box atau virtualisasi di sebelah kanan artikel ini di hidangan TAGS.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Install Vagrant Di Macos High Sierra"

Posting Komentar