Cara Membatasi Kapasitas Folder Di Ubuntu Server


Pada kesempatan ini aku ingin menjelaskan bagaimana menciptakan folder yang kapasitasnya terbatas di Ubuntu Server, misalkan aku ingin sebuah folder gres yang nantinya hanya sanggup diisi maksimal 5GB, kemudian bagaimana caranya? Ada beberapa cara sih, yang pertama anda sanggup menciptakan partisi gres sebesar 5GB dengan software gparted atau fdisk dengan catatan anda masih mempunyai sisa partisi yang belum dipakai atau anda sanggup menciptakan partisi gres dari sisa partisi yang ada dari LVM? Cara tersebut sanggup juga digunakan.

Akan tetapi pada masalah ini, semua partisi sudah digunakan, yang tersisa hanyalah sisa space dari partisi yang ada, apakah sanggup nih aku bikin folder yang kapasitasnya terbatas tanpa partisi kosong? Yup ternyata sanggup 😎 , wow, bagaimana caranya?

Berikut langkah-langkahnya:

Pertama aku akan perlihatkan bahwa sebelumnya aku mempunyai sususan partisi menyerupai berikut:


dari gambar di atas, terlihat bahwa partisi root aku masih bersisa 490GB, apakah aku akan meresize partisi tersebut? Oooh tidak, langkah meresize partisi (memperkecil) sungguh sebah langkah berbahaya yang mungkin sanggup menciptakan system corrupt. Don't do that guys! it's not recommended or you could destroy your system. 

Mari aku lanjutkan, langkah selanjutnya yaitu menciptakan folder gres yang nantinya kapasitasnya akan aku batasi sebesar 5GB saja dengan perintah:


 mkdir /home/himawan/newspace 

sehabis itu, aku akan buat image gres dengan nama space00.img dengan kapasitas 5GB, dengan perintah:

 sudo dd if=/dev/zero of=/mnt/space00.img bs=1024 count=5000000


jika berhasil, maka proses yang anda lihat akan menyerupai gambar di bawah ini:


Selesai menciptakan imag, langkah selanjutnya yaitu memfornat image tersebut dengan file ssystem ext4 melalui perintah:

 sudo mkfs.ext4 /mnt/space00.img 

prosesnya terlihat menyerupai pada gambar di bawah ini:
 
langkah berikutnya yaitu memounting image tersebut ke dalam folder yang telah dibentuk sebelumnya yang berlokasi di /home/himawan/newspace melalui perintah:


 sudo mount -o loop /mnt/space00.img /home/himawan/newspace 

jika berhasil di mounting, maka silakan jalankan perintah:


 df -h 

maka akan ada pertisi gres sebesar kurang lebih 5GB yang siap dipakai menyerupai yang terlihat pada gambar di bawah ini:




anda sanggup lihat di bawah sendiri terdapat sebuah folder yang berjulukan newspace yang hanya sanggup diisi kurang lebih 4GB saja, oh iya langkah terakhir yaitu mendaftarkan image dan folder tersebut ke dalam file fstab dengan perintah:

 sudo vim /etc/fstab 

Lalu masukkan konfigurasi di bawah yang fungsinya semoga image space00.img sanggup di mounting otomatis ke folder /home/himawan/newspace sehabis server restart dengan format:

 /mnt/space00.img /home/himawan/newspace ext4 loop 1 2 

mudah bukan? Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung 😎

Oh iya, jikalau dikala anda ingin menulisi folder tersebut anda mendapati error menyerupai permission denied, itu berarti folder tersebut mempunyai duduk masalah terhadap kepemilikan atau hak aksesnya, anda sanggup membaca tutorial di bawah ini untuk menuntaskan duduk masalah tersebut:





Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membatasi Kapasitas Folder Di Ubuntu Server"

Posting Komentar