7 Cara Membangun Komunikasi Dan Korelasi Yang Baik Dengan Kolega Kerja

Rekan Kerja, membangun korelasi yang baik dengan kolega kerja Anda merupakan suatu hal yang sangat penting. Mengapa? Hubungan baik yang dimiliki dikala bekerja sanggup besar lengan berkuasa pada kinerja Anda sendiri alasannya ialah selama bekerja tentu Anda akan selalu bertemu dan bekerjasama secara eksklusif dengan kolega kerja Anda. Sayangnya, masih banyak karyawan yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi salah komunikasi yang pada balasannya berdampak jelek pada dapat dipercaya dan produktivitas kerja.

Menciptakan korelasi yang baik dengan kolega kerja mungkin bukan hal yang gampang bagi sebagian orang. Anda perlu membangun cara berkomunikasi yang berbeda antara satu orang dengan lainnya alasannya ialah tentu kita tidak sanggup memperlakukan semua orang dengan cara yang sama. Lalu, bagaimana ya caranya membangun komunikasi dan korelasi yang baik dengan sesama kolega kerja? Yuk, simak cara mudahnya berikut ini!

1. Memberikan feedback yang baik

Hal penting paling utama dalam kehidupan bekerja Anda ialah menghargai lawan bicara. Etika yang baik dikala berbicara ialah mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicara dengan baik. Setelah itu, Anda juga wajib menawarkan respon atau tanggapan terhadap apa yang telah disampaikan oleh si pembicara. Meskipun Anda tidak menyukai lawan bicara Anda, tetaplah tersenyum dan berikan respon yang positif.

2. Mengapresiasi kerja rekan Anda

Thanks-for-your-hard-workMemberikan apresiasi pada kolega kerja (Sumber: 3qrecruitment.ie)

Apakah Anda pernah mengucapkan terima kasih setiap kali selesai mengerjakan kiprah dengan kolega kerja Anda? Atau apakah Anda selalu menyatakan rasa bahagia Anda sanggup bekerja sama dengan kolega kerja Anda dalam sebuah proyek? Jika belum, maka Anda harus mulai melaksanakan cara ini untuk mengapresiasi kerja keras mereka. Dengan begitu, kolega kerja Anda tentu akan merasa bahagia atas apresiasi tersebut dan korelasi Anda dengan kolega kerja membaik.

3. Menerima masukan dengan baik

Body2Saran membangun (Sumber: blog.gskinner.com)

Di dalam sebuah perusahaan, tentu Anda akan bertemu dengan orang-orang dari aneka macam latar belakang yang berbeda. Maka, Anda harus sanggup memahami huruf orang lain dan juga harus bersifat terbuka terhadap kritik atau masukan yang Anda terima dari kolega kerja. Jangan eksklusif terbawa emosi atau menjadikannya persoalan personal jikalau ada karyawan lain yang mengkritik Anda. Jadikanlah kritikan tersebut sebagai masukan yang membangun Anda, baik dari segi personal maupun profesional.

4. Jujur dan terbuka

Sifat jujur dan terbuka penting untuk Anda miliki dalam dunia kerja. Kejujuran dan keterbukaan sanggup melancarkan koordinasi dengan kolega kerja dan menciptakan kolega kerja Anda merasa lebih dihormati. Anda tentu tidak perlu melaporkan setiap hal kecil yang terjadi, namun apabila ada pekerjaan gres dari atasan, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan kolega kerja. Jangan hingga kolega kerja Anda merasa kurang dihargai alasannya ialah Anda menyimpan semua pekerjaan sendiri.

5. Jangan bergosip

featured images (17)

Jangan bergosip (Sumber: networkerforbusinesswomen.com)

Untuk membangun korelasi dan komunikasi yang baik dengan rekan kerja, Anda sebaiknya menghindari hal-hal yang sanggup memunculkan kesalahpahaman menyerupai bergosip. Jangan pernah membicarakan orang lain kepada rekan kerja alasannya ialah akan menciptakan Anda dianggap sebagai tukang gosip. Namun, jikalau rekan kerja Anda menceritakan salah satu rekan kerja yang lain, jangan pernah menyebarkannya ke orang lain alasannya ialah akan menghambat komunikasi di antara rekan kerja.

6. Berbicara secara langsung

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, teknologi komunikasi pun semakin berkembang. Saat ini, Anda sanggup dengan gampang berkomunikasi dengan kolega kerja tanpa harus bertemu secara langsung. Walaupun cara tersebut lebih praktis, komunikasi secara online sanggup menciptakan penyampaian informasi menjadi sulit dipahami dan sering menjadikan kesalahpahaman. Berkomunikasi secara online menciptakan Anda sulit menebak mulut wajah ataupun bahasa badan dari lawan bicara. Bagaimana pun juga, berkomunikasi secara tatap muka ialah bentuk komunikasi paling efektif.

7. Jadilah humoris dan menyenangkan

Komunikasi akan terjalin dengan lebih efektif jikalau suasana di sekitarnya cair dan menyenangkan. Nah, untuk itu cobalah untuk sesekali menyelipkan humor dikala berbicara dengan kolega kerja Anda. Menjadi humoris sanggup menciptakan suasana lebih cair, asal humor yang Anda keluarkan tidak menyinggung orang lain. Cara ini terbukti sangat efektif untuk membangun keakraban dengan kolega kerja. Selain itu, suasana yang santai dan menyenangkan akan menciptakan Anda dan tim sanggup dengan gampang memberikan ide-ide cemerlang tanpa adanya tekanan.

Hubungan yang baik dan komunikasi yang efektif sanggup tercipta jikalau Anda dan kolega kerja saling menawarkan respon yang positif dan tujuan dari komunikasi sanggup tercapai. Nah, untuk itu Anda sanggup mencoba tujuh cara tadi biar suasana kerja di kantor lebih aman dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Rekan Kerja juga sanggup mengakses aneka macam video dan artikel menarik seputar karier lainnya dengan mengunduh aplikasi ruangkerja. Klik gambar di bawah ini untuk mengunduh ruangkerja!

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Cara Membangun Komunikasi Dan Korelasi Yang Baik Dengan Kolega Kerja"

Posting Komentar