Sifat Materi Serat Dan Kayu

IPA_9

Squad, apa sih yang terlintas di pikiran kau saat mendengar kata-kata serat atau kayu? Mungkin sebagian dari kau bila ditanya soal serat, jawabannya yaitu komponen yang digunakan untuk memperlancar pencernaan. Hmm gak salah sih, tapi bukan itu yang mau kita bahas. Nah serat yang akan dibahas di sini yaitu serat yang biasa digunakan manusia, tetapi tidak dimakan dan digunakan dalam kehidupan insan sehari-hari. Selain itu, kita juga akan membahas wacana sifat kayu. Yuk baca penjelasannya di bawah ini.

SERAT

Baju yang kau pakai, celana yang kau pakai, sarung, tirai, tali, semua terbuat dari serat lho. Secara umum serat yaitu suatu jenis materi yang berupa potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang dan utuh. Serat sebagai materi yang terbentuk secara memanjang, oleh insan biasanya dibuat menjadi sebuah benang, benang tersebut nantinya akan digunakan untuk menciptakan sebuah kain.

ladang/kebun kapasPerkebunan kapas (sumber: pinterest.com)

Serat sanggup dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu serat alami dan serat sintetis. Serat alami biasanya tersedia secara alami dari alam, sedangkan serat sintetis diciptakan alasannya yaitu ketidakmampuan serat alami untuk mencukupi undangan manusia. Adapun benda-benda yang termasuk serat alami yaitu sebagai berikut ini:

WOOL

Wool dan kaus kaki rajut

Wool biasanya dihasilkan dari bulu domba, wool ini bersifat menyerap air, menahan panas, lembut dan lentur, maka dari itu wool biasanya banyak digunakan untuk menciptakan baju hangat atau selimut.

KAPAS

Kapas dan Produknya

Katun yang terbuat dari tanaman kapas memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga menyejukkan di kala panas dan juga bisa menjadi penjaga panas dikala dingin. Oleh alasannya yaitu itu, kapas sering digunakan untuk menciptakan baju kaus yang santai dan kasual. Kain yang terbuat dari kapas, dalam bahasa Inggris disebut dengan cotton dan diserap dalam bahasa Indonesia menjadi katun.

SUTERA

SUtera

Sutera yaitu serat alami yang terbuat dari benang kepompong ulat sutera yang lalu dijadikan benang. Kain sutera yang dihasilkan biasanya bersifat licin, mengkilat, kenyal, kuat, lembut, dan sejuk dipakai.

KAPUK

Bantal kapuk

Kapuk dihasilkan oleh biji kapuk yang biasa juga disebut buah kapuk sama orang Indonesia. Kamu biasanya menemukan serat ini sebagai pengisi bantal, guling, atau kasur. Kapuk menjadi terkenal dalam isian peralatan tidur alasannya yaitu mudah melepaskan panas, empuk, lentur, lembut, dan gampang kering bila basah.

Nah di bawah ini yaitu beberapa pola serat sintetis.

Kain SintetisRayon, nilon, dan poliester yaitu bebera pola kain yang terbuat dari serat sintetis

Serat sintetis memang bisa dibuat lebih banyak dan cepat, tetapi ada satu keunggulan serat alami yang tidak sanggup ditandingi oleh serat sintetis, yaitu kenyamanan bahan.

Nah sehabis mempelajari wacana serat, kini kita beralih ke materi berikutnya, yaitu kayu!

KAYU

memotong kayuMengubah bentuk kayu yaitu pekerjaan yang gampang tapi sulit (sumber: giphy.com)

Sebenarnya ya, ada perdebatan wacana kayu, kayu terkadang di golongkan ke dalam serat. Hal ini terjadi alasannya yaitu bila kita perhatikan baik-baik, deskripsi serat sanggup kita aplikasikan juga kepada kayu, bahkan ada beberapa jenis kayu yang sangat lentur sampai mirip tali. Tetapi kayu bisa juga menjadi sebuah materi sendiri yang tidak sama dengan serat.

Secara umum kayu mempunyai sifat yang kaku, gampang dibentuk, tahan lama, dan merupakan isolator panas serta listrik yang baik. Kayu sanggup menjadi keras alasannya yaitu adanya akumulasi selusosa dan lignin. Keduanya yaitu zat yang menciptakan kayu bisa keras. Kayu sesungguhnya mempunyai banyak sekali jenis, dan insan hampir memakai semua jenis kayu untuk membantu mempermudah hidupnya.

Jika dijabarkan, maka kayu akan punya sifat mirip ini squad

Sifat Kayu

Berdasarkan beberapa sifatnya, maka kayu tidak hanya dijadikan sebagai materi atau alat suplemen bagi manusia. Manusia juga mengakibatkan kayu sebagai alat mulut dan seni, alasannya yaitu salah satu sifat kayu yaitu gampang di bentuk sehingga tercipta lah patung dan gesekan kayu.

patung asmatUkiran kayu suku Asmat, Papua (sumber: wacana.co)

Selain itu, alasannya yaitu ketahanan dan ketersediannya, kayu juga dijadikan perabotan rumah tangga mirip bangku dan meja. Kenapa bisa gitu? Karena walaupun kayu kuat, tetapi bobotnya cukup ringan dan bisa menahan beban yang tidak mengecewakan banyak.

Nah Squad, itu tadi yaitu sifat 2 bahan, yaitu kayu dan serat. Bahan-bahan tersebut sering kita temui dan gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kau lebih paham lagi sama materi ini, coba deh kau kerjain soal di ruangbelajar, di sana ada ribuan soal berkualitas dari banyak sekali mata pelajaran yang bisa kau kerjakan untuk mengasah kemampuan kamu.

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sifat Materi Serat Dan Kayu"

Posting Komentar