2 Jenis Burung Penghisap Darah Dan Perilakunya Di Alam Liar

Sudah kita ketahui bersama kalau di dunia ini terdapat aneka macam jenis burung yang mempunyai keunikannya sendiri. Contohnya saja ibarat burung cenderawasih yang mempunyai keunikan berupa tariannya yang memang tampak indah, juga burung beo atau kakatua yang bakir menirukan bermacam-macam suara.

Akan tetapi selain burung yang tampil dengan keindahan dan juga keunikannya, ada juga spesies burung yang terkenal dengan keanehannya bahkan dinilai mengerikan.

Jenis burung ini dinilai absurd dan mengerikan alasannya yaitu kuliner burung tersebut. Karena pada umumnya kuliner burung yaitu biji-bijian, buah dan serangga.

Tapi siapa sangka kalau ada burung yang makanannya yaitu darah. Jenis burung penghisap darah ini ternyata sanggup kita jumpai di beberapa wilayah di dunia.

Vampire finch (Geospiza difficilis)

Sudah kita ketahui bersama kalau di dunia ini terdapat aneka macam jenis burung yang memi 2 Jenis Burung Penghisap Darah dan Perilakunya Di Alam Liar
Jenis Burung Penghisap Darah

Vampire finch merupakan jenis burung penghisap darah orisinil dari Kepulauan Galapagos yang termasuk endemik di Pulau Darwin. Meskipun kalau dilihat tampilannya sama dengan burung finch, akan tetapi spesies ini tidak termasuk keluarga finch melainkan dari keluarga Thraupidae.

Untuk genus Geospiza yang terdiri atas enam spesies di dunia. Sesuai dengan namanya, vampire finch ternyata punya sikap yang cukup unik dan aneh.

Jenis burung penghisap darah ini mempunyai kebiasaan yang jarang ditemukan pada spesies burung lainnya, yaitu meminum darah burung lain. Jenis burung yang kerap menjadi korbannya yaitu Nazca dan blue-footed boobies.

Pada ketika menghisap darah, vampire finch akan mematuki kulit burung memakai paruhnya yang tajam hingga berdarah, sehabis itu meminum darahnya. Burung yang dihisap darahnya akan pasrah saja atau tidak menawarkan perlawanan.

Berarti dengan diketahuinya tingkah jenis burung penghisap darah tersebut, sikap dari burung vampir ini sanggup membantu burung lain dalam membersihkan parasit. Oleh alasannya yaitu itu burung yang dihisab darahnya tidak melawan, bahkan hanya membisu saja.

Perilaku jelek yang lain dari jenis burung penghisap darah ini yaitu juga gemar mencuri telur burung lain untuk dijadikan sebagai makanannya.

Dan yang unik, kalau telur tersebut berukuran besar dan sulit dipecahkan dengan memakai paruhnya maka ia akan menggelindingkan telur tersebut memakai bab paruhnya dan membenturkannya ke bebatuan hingga telur tersebut pecah.

Akan tetapi, burung yang unik ini statusnya sudah dinyatakan terancam punah, terlebih lagi burung ini hidup terbatas di pulau kecil.

Gelatik Batu

Sudah kita ketahui bersama kalau di dunia ini terdapat aneka macam jenis burung yang memi 2 Jenis Burung Penghisap Darah dan Perilakunya Di Alam Liar
Gelatik Batu

Untuk para pecinta burung kicauan, pastinya sudah mengenal burung gelatik batu. Burung gelatik kerikil termasuk burung yang dikenal sebagai burung ramah dan baik hati. Namun siapa sangka burung ini mempunyai sifat yang sangat kejam.

Burung gelatik batu/wingko merupakan jenis burung berukuran kecil yang sangat digemari pecinta burung di seluruh dunia.

Penampilannya yang cukup menarik dan bunyi kicauannya yang merdu menyebabkan banyak orang jatuh cinta pada jenis burung kicau ini. namun, diluar itu burung ini mempunyai sifat kejam yang banyak dari mereka tidak mengetahuinya.

Saat dilakukan sebuah penelitian, rupanya burung gelatik tersebut tengah membantai seekor kelelawar dan selanjutnya akan memakan bab kepalanya.

Kemudian juga diketahui bahwa burung gelatik ini ternyata gemar masuk ke dalam sebuah gua yang berisi binatang kelelawar. Di dalam gua tersebut, burung ini juga akan menangkap kelelawar yang tengah tertidur (hibernasi), dan selanjutnya akan memakan bab dari kepalanya.

Tak hanya membunuh dan juga memakan kelelawar, jenis burung penghisap darah ini juga tercatat sering membunuh dan juga suka memakan bab kepala dari burung gereja.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Jenis Burung Penghisap Darah Dan Perilakunya Di Alam Liar"

Posting Komentar