2 Jenis Burung Yang Hidup Di Rawa Dan Karakteristiknya

Banyak sekali jenis burung yang tersebar di dunia ini. Jenisnya memang bermacam macam sesuai dengan jenis makanannya, habitatnya dan tempat asalnya. Dari masing masing jenis burung tersebut pastinya mempunyai keunikan tersendiri.

Misalnya saja burung pemakan madu atau nektar, burung tersebut biasanya mempunyai keunikan dari bentuk paruhnya dan gaya terbang ketika menghisap madu.

Sedangkan burung yang tidak bisa terbang juga mempunyai keunikan yang pada umumnya ukurannya besar dan cuilan sayapnya juga kecil. Untuk kali ini akan membahas mengenai jenis burung yang hidup di rawa beserta dengan ciri cirinya.

1. Burung Sepatu Jengger

Banyak sekali jenis burung yang tersebar di dunia ini 2 Jenis Burung Yang Hidup Di Rawa dan Karakteristiknya
Jenis Burung Yang Hidup Di Rawa

Burung sepatu jengger merupakan jenis burung yang hidup di rawa dengan ciri khas berukuran agak kecil dengan panjang sekitar 23 cm. Jenis burung ini bulu berwarna hitam dan juga berwarna putih. Pada cuilan kepalanya terdapat jengger sesuai namanya dengan warna merah.

Pada tempat mahkota, punggung , tungging, cuilan ekor, dada dan juga cuilan sisi pada lambung warnanya hitam. Akan tetapi pada cuilan tenggorokan berwarna putih, warna leher dan sisi muka kuning keemasan dan juga cuilan perut putih.

Paruhnya berwarna hitam pada ujung lalu pangkal warnya merah dan kaki abu-abu. Suaranya juga menyerupai mirip suara seruling. Penyebaranya terd apatdi Australia, tempat yang berada di jalur Wallacea, dan Kalimantan di cuilan tenggara.

Pada umumnya burung ini suka berjalan di atas air, biasanya di daun teratai di tempat bak atau danau kecil sembari mencari makan.

Habitat dan Perilaku

Untuk burung-sepatu jengger menghuni rawa dan lahan pasang surut dan juga menghuni lahan lembap air tawar yang punya tipe vegetasi yang mengapung di permukaan air.

Sering terlihat ketika berjalan di atas tumbuhan air yang mengambang mencari makan berupa biji-bijian dan serangga air. Sarang burung ini berada di atas vegetasi air yang mengambang.

Sedangkan jumlah telur pada umumnya empat butir berwarna cokelat pucat bercoret hitam yang dierami oleh induknya yang jantan.

Di pulau lombok jarang sekali bisa dijumpai jenis burung ini. Sebab habitat yang cocok dengannya telah dijadikan lahan produktif. Dalam sebuah pengamatan hanya tampak ada 2 ekor saja yang terlihat sedang mencari makan di atas permukaan tumbuhan air enceng gondok di tepian bak dengan luas hampir 2 hektar.

Burung sepatu jengger juga merupakan enis burung pendatang di lombok, hanya singgah sebentar ketika bulan tertentu sehingga kesempatan untuk mengamatinya harus pada waktu yang sempurna adalah sekitar bulan februari.

2. Burung Tiker

Banyak sekali jenis burung yang tersebar di dunia ini 2 Jenis Burung Yang Hidup Di Rawa dan Karakteristiknya
Burung Tiker

Burung Tiker yang mempunyai nama latin Metopodius indicus merupakan sejenis burung yang hidup di rawa. Akan tetapi, burung ini tidak mempunyai kemampuan untuk berenang.

Meskpun begitu burung ini punya kelebihan adalah mempunyai kemampuan untuk berlari dan juga berjalan di atas tumbuhan yang mengapung di atas permukaan air.

Dan pada ketika memasuki masa kawin, burung tiker yang jantan ini akan memamerkan bulu ekornya yang panjang dan indah untuk memikat hati burung tiker dengan jenis burung tiker yang betina.

Kebiasaan ini juga sudah sering dilakukan oleh jenis burung yang lainnya. Sebab burung jenis kelamin jantan pastinya mempunyai cara tersendiri untuk menggoda pasangannya.

Ciri Khas Burung Tiker

Burung tiker ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan jenis burung lainnya, akan tetapi hampir menyerupai dengan jenis burung air yang lainnya. Burung tiker mempunyai kaki dengan bentuk yang ramping dan juga panjang.

Selain itu untuk cuilan kuku pada jari-jari kaki burung tiker ini juga sangat panjang. Jenis burung yang hidup di rawa ini pada cuilan bentuk kakinya berkhasiat sekali untuk menopang berat badannya di atas tumbuhan yang ada di air.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Jenis Burung Yang Hidup Di Rawa Dan Karakteristiknya"

Posting Komentar