Tugas Dan Wewenang Bank Sentral

Ekonomi_10

Hai, Squad! Kamu sudah tahu belum apa itu bank sentral? Jadi, bank sentral itu yaitu bank yang mengatur semoga keuangan di suatu negara tetap stabil. Kalau di Indonesia berjulukan Bank Indonesia (BI), Malaysia berjulukan Bank Negara Malaysia, di Singapura berjulukan Monetary Authority of Singapore.

Bank Sentral Republik Indonesia

Bank Indonesia sebagai Bank Sentral Republik Indonesia (Sumber: ndraweb.com)

Di setiap negara mempunyai bank sentralnya masing-masing yang bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas nilai mata uang, stabilitas sektor perbankan dan keseluruhan sistem finansial di negara tersebut. Bank Indonesia sebagai bank sentral mempunyai tujuan pokok menurut UU RI No. 3 Tahun 2004, pasal 7 yaitu memelihara dan menstabilkan nilai mata uang rupiah, mencakup kestabilan nilai uang terhadap uang maupun jasa yang diukur dengan inflasi, serta kestabilan terhadap nilai tukar dengan mata uang asing.

Sejarah Bank Indonesia

Squad, semoga tujuan tersebut tercapai Bank Indonesia mempunyai tugas dan wewenang, yaitu:

  1. Menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter, dalam hal ini Bank Indonesia mempunyai wewenang yaitu menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi dan melaksanakan pengendalian  moneter di luar operasi pasar terbuka, tingkat diskonto, cadangan wajib minimum dan pengaturan kredit atau pembiayaan baik secara konvensional maupun secara syariah.
  2. Mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, dalam hal ini Bank Indonesia berwenang untuk melaksanakan dan menawarkan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran, mewajibkan penyelenggaraan jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan wacana kegiatannya, dan menetapkan penggunaan alat pembayaran.
Fungsi Utama Bank Indonesia
 

 Baca Juga: Pengertian Tenaga Kerja, Angkatan Kerja dan Kesempatan Kerja

Dalam menjalankan kiprah dan wewenangnya, Bank Indonesia dipimpin oleh Dewan Gubernur yang terdiri dari seorang Gubernur sebagai pemimpin dan dibantu oleh seorang Deputi Gubernur senior serta empat sampai tujuh Dewan Gubernur. Saat ini Dewan Gubernur Bank Indonesia dipimpin oleh Agus Martowardojo.

Nah, sudah jelaskan apa itu bank sentral dengan kiprah dan wewenangnya? Tahu dong kini siapa yang bertugas untuk menjaga rupiah tetap stabil sehingga perekonomian Indonesia dapat makin maju. Kalau sudah mengerti, yuk berguru lebih banyak lagi wacana bahan lainya dengan tutor yang profesional dan menyenangkan. Semua pastinya ada di ruangles. Yuk gabung sekarang!

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tugas Dan Wewenang Bank Sentral"

Posting Komentar