Cara Gampang Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu

Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang kualitas suaranya sangat baik. Selain itu, burung murai watu juga mempunyai bulu-bulu yang anggun dan sangat indah.

Akan tetapi, ada kalanya burung Murai watu terjangkit kutu, dan keadaan menyerupai ini niscaya akan menyibukkan Anda sebagai pemilik atau pemeliharanya.

Burung murai watu yang bulunya mempunyai bnayak kutu sanggup menjadi duduk perkara yang begitu mengganggu kenyamanan dari burung murai watu peliharaan anda.

Ketika burung murai watu terjangkit oleh kutu, maka murai watu akan mematuki bulu-bulunya tanpa tentu arah dan sanggup mengakibatkan adanya luka.

Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang kualitas suaranya sangat baik Cara Praktis Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu
Mengatasi Kutu Burung Murai Batu

Efek lainnya yaitu burung murai menjadi tidak maksimal dalam berkicau. Sebab akan lebih sering menggaruk-garuk bulunya yang gatal jawaban kutu.

Dengan demikian, menghilangkan kutu pada burung murai watu ialah sesuatu yang penting untuk segera dilakukan. Tujuannya semoga burung murai watu tidak lagi mematuk bulunya dan sanggup maksimal saat berkicau.

Dalam menghindari hal tersebut maka dari itu, Anda sebaiknya menghilangkan kutu pada burung murai watu tersebut.

Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Murai Batu

Untuk menghilangkan kutu pada burung murai watu ini, Anda sebaiknya melaksanakan perawatan dengan baik dan benar.

Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang kualitas suaranya sangat baik Cara Praktis Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu
Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu

Lalu untuk perawatan itu sendiri lebih mengacu pada kebersihan badan burun, dan sumbangan pakan, kebersihan sangkar burung, dan obat untuk Murai yang bulunya dihinggapi banyak kutu.

Berikut ini perawatan yang sebaiknya anda lakukan jikalau burung murai watu peliharaan anda terjangkit kutu:

1. Pembersihan bulu Murai Batu

Pembersihan bulu burung murai watu sanggup dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya yaitu;

a. Menghilangkan kutu dengan air sirih

Cara menghilangkan kutu pada burung Murai Batu sanggup anda coba dengan menggunakan air rebusan daun daun sirih. Kemudian untuk jumlah daunnya sendiri yaitu sebanyak kurang lebih 10 lembar daun yang direbus.

Apabila telah mendidih, tunggulah air tersebut hingga benar-benar dingin. Kemudian sesudah itu air tersebut sanggup Anda pakai untuk disemprotkan pada bulu Murai yang sedang terjangkit kutu.

b. Menghilangkan kutu dengan air beras

Tak hanya dengan menggunakan air sirih, Anda juga sanggup menggunakan air cucian beras. Akan tetapi yang harus Anda ingat, dianjurkan menggunakan air yang berwarna putih susu.

Air yang menyerupai itu menjadi semakin efektif untuk menghilangkan kutu-kutu yang menyerang Murai. Sedangkan untuk cara pemakaiannya sendiri yaitu dengan cara menyemprotkan air tersebut di pecahan bulu Murai.

Pastikan bulu-bulu yang kerap di garuk burung ini seluruhnya disemprot dengan menggunakan air ini.

C. Semprot kutu dengan obat alami

Pakailah obat pembasmi kutu yang mempunyai vitamin terbaik dan juga sangat efektif untuk menghilangkan kutu burung murai.

Pemakaiannya dengan cara mencampurkannya dengan air, selanjutnya anda sanggup semprotkan pada bulu murai hingga merata. Dengan demikian kutu yang ada akan rontok dan hilang.

2. Pembersihan sangkar Murai

Kemudian cara menghilangkan kutu pada murai watu selanjutnya yaitu dengan pencucian sangkar. Dan untuk pembersihkan sangkar atau sangakar Murai sendiri anda sanggup akukan dengan proses berikut;

Jangan menggunakan kerodong bekas

Burung murai batu yang akan dikerodong sebaiknya jangan mengenakan kerodong yang telah digunakan oleh burung ocehan lain.

Sebab dikhawatirkan kerodong tersebut akan terjangkit oleh telur-telur kutu dari burung yang dikerodong. Kaprikornus jikalau digunakan tanpa dicuci terlebih dahulu maka bulu burung murai watu peliharaan anda sanggup didiami oleh telur kutu yang telah siap menetas.

Apabila terpaksa menggunakan kerodong bekas, maka dianjurkan kerodong tersebut dicuci higienis dan juga disemprot terlebih dahulu dengan cairan anti kutu.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Gampang Menghilangkan Kutu Pada Burung Murai Batu"

Posting Komentar