Mengenal Ciri Khas Burung Kecici Lurik Dan Tempat Persebarannya

Pada umumnya, burung kicauan yang tubuhnya kecil sanggup menghasilkan bunyi yang melengking dan juga nyaring. Seperti halnya pada ciri khas burung kecici lurik ini.

Untuk burung kicauan yang berukuran kecil memang jumlahnya tergolong cukup banyak dengan ciri fisik dan corak warna yang berbeda-beda.

Akan tetapi, banyak sekali orang yang mengenal burung kicauan dengan ukuran badan yang kecil biasanya terbatas pada jenis burung pleci, prenjak, cimblek dll

Ternyata belum banyak para kicaumania yang mengenal jenis burung kecici lurik ini.

Daerah Persebaran Burung Kecici Lurik

 burung kicauan yang tubuhnya kecil sanggup menghasilkan bunyi yang melengking dan juga nyari Mengenal Ciri Khas Burung Kecici Lurik dan Daerah Persebarannya
omkicau.com

Burung kecici lurik ini memang belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Sebab, burung kecici lurik yang mempunyai badan mungil ini termasuk burung migrasi.

Yang mana, hanya mengunjungi hutan Indonesia ketika menjelang demam isu hambar turun di negara asalnya.

Burung ini berasal dan juga melaksanakan perkembangbiakan di banyak sekali negara. Diantaranya seperti, daerah Finlandia, Russia, Mongolia, Cina, dan juga di daerah India.

Kemudian untuk negara migrasi yang dituju sekelompok burung kecici urik ini pada umumnya berada di daerah Asia Tenggara, menyerupai halnya di Indonesia.

Apabila di Indonesia, daerah persebaran burung ini hanya terdapat di wilayah Sumatera dan juga di Jawa saja.

Ciri Khas Burung Kecici Lurik

 burung kicauan yang tubuhnya kecil sanggup menghasilkan bunyi yang melengking dan juga nyari Mengenal Ciri Khas Burung Kecici Lurik dan Daerah Persebarannya
omkicau.com

Ciri khas burung kecici lurik (Locustella Lanceolata) untuk fisiknya adalah mempunyai ukuran badan yang kecil.

Sebab, untuk tubuhnya hanya dengan panjang kurang lebih sekitar 12 cm saja.

Untuk serpihan atas tubuhnya mulai dari kepala, punggung, sayap, serta pada serpihan ekornya terlihat berwarna cokelat renta dan bergaris hitam yang agak tebal.

Pada serpihan sayap dan punggungnya ada garis hitamnya yang mana menyerupai mirip burung gereja dan juga burung branjangan.

Untuk serpihan tenggorokan serta pada serpihan dadanya terlihat ada corak sisik dengan paduan warna hitam dan kuning krim.

Kemudian untuk area perut sampai pada serpihan tunggirnya terlihat berwarna kuning krim yang polos.

Ciri khas burung kecici lurik lainnya adalah dengan mata yang agak besar dan mempunyai sorot pandang yang cukup tajam.

Bagian paruhnya mempunyai warna cokelat kekuningan dengan ukuran sedang dan agak tipis .

Dengan demikian, pada serpihan ujungnya terlihat runcing. Pada serpihan ekornya yang berwarna cokelat dan hitam ini ukurannya juga tampak sedang.

Kemudian agak sedikit lebar pada serpihan pangkal sampai ke ujungnya. Kakinya yang berwarna merah muda terlihat kurus dan berukuran tidak mengecewakan panjang.

Pada dikala berada di alam liar, pada umumnya burung kecici lurik ini suka menghuni area tempat terbuka yang tidak begitu jauh dari pemukiman masyarakat.

Untuk sementara, tempat yang sering dihuninya adalah di area persawahan, semak belukar di rawa-rawa, area padang rumput.

Kemudian burung ini juga suka hidup di area lahan yang tidak berpenghuni yang bersahabat dengan air.

Kicauan Burung Kecici Lurik

Burung kecici lurik ini merupakan salah satu jenis burung yang mempunyai bunyi yang tergolong unik dan belum tentu sanggup ditiru oleh jenis burung kicauan jenis lainnya.

Keunikan suaranya adalah dengan tempo rapat dan juga menyerupai dengan bunyi belalang. Serta durasiya yang cukup lama, adalah mencapai satu menit.

Tak hanya itu saja, bunyi kicauannya terdengar tidak mengecewakan melengking dengan bunyi nyaring dan volume yang juga cukup kencang.

Biasanya dikala burung Kecici Lurik berkicau dengan bunyi khas menyerupai belalang dilakukan hampir tanpa berhenti sama sekali untuk mengambil udara.

Ciri khas burung kecici lurik ini sebetulnya juga masih kurang bervariasi dengan hanya mengulangi nada yang sama secara terus menerus.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ciri Khas Burung Kecici Lurik Dan Tempat Persebarannya"

Posting Komentar