Ciri Khas Burung Cabe Polos Dan Kawasan Persebarannya

Burung cabai-cabaian mempunyai banyak sekali macam jenis yang tersebar di banyak sekali wilayah dunia. Bahkan sebagian besar dari spesies burung cabe juga terdapat di Indonesia.

Penyebaran burung cabe di Indonesia juga hampir berada di seluruh pulau, antara lain yaitu Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan juga di Papua.

Dengan demikian, untuk masyarakat pastinya spesies burung cabe telah terkenal dan dikenal luas sebagai burung hutan.

Yang mana pada umumnya mempunyai kicauan yang merdu dan juga ukuran tubuhnya yang kecil.

Salah satu jenis burung cabai yang ada di Indonesia ini ialah burung cabe polos.

Habitat Burung Cabai Polos

cabaian mempunyai banyak sekali macam jenis yang tersebar di banyak sekali wilayah dunia Ciri Khas Burung Cabai Polos dan Daerah Persebarannya
gado2ceritaku.blogspot.com

Burung cabe polos (Dicaeum concolor) ialah burung kicauan yang berasal dari keluarga Dicaedae.

Untuk habitat hidup dari burung cabe polos ini yaitu pada tempat perbukitan yang di tumbuhan hutan.

Selain itu juga ada di hutan di daratan rendah, hutan sekunder, serta di lahan pertanian yang diolah masyarakat.

Makanan burung cabe polos ketika berada di alam liar yaitu berupa serangga-serangga kecil.

Diantaranya menyerupai laba-laba, jangkrik, serta belalang. Selain itu, burung cabe polos juga gemar makan makanan berupa buah parasit serta biji-bijian.

Ciri Khas Burung Cabai Polos

Ciri khas burung cabe polos yaitu sanggup dilihat dari bentuk fisiknya dan juga bunyi kicauannya.

Untuk fisiknya yaitu mempunyai ukuran badan dari burung cabe polos, yang mana hanya sekitar 8 cm saja. Selain itu juga ada warna hijau-zaitun yang terliat pada kepingan atas tubuhnya.

cabaian mempunyai banyak sekali macam jenis yang tersebar di banyak sekali wilayah dunia Ciri Khas Burung Cabai Polos dan Daerah Persebarannya
anekainfounik.net

Kemudian untuk badan kepingan bawahnya berwarna keabu-abuan yang pucat atau tidak terang. Lalu ciri khas burug cabe polos selanjutnya yaitu untuk perut di kepingan tengah terdapat warna hitam.

Sedangkan pada kepingan sayapnya terdapat lempeng putih di kepingan lengkungan sayapnya.

Lalu untuk kedua kakinya berwarna hitam, serta pada kepingan paruhnya apabila disentuh terasa halus dan juga berwarna hitam.

Kicauan Burung Cabai Polos

Ciri khas burung cabe polos juga sanggup dilihat dari bunyi kicauannya yang mempunyai nada kicauan untuk berkomunikasi dengan kawanannya yang disebutnya secara berulang-ulang.

Kemudian untuk kicauannya juga mempunyai nada yang cukup tinggi yang bunyi nada kicauannya memang terdengar kurang begitu nyaring.

Namun, apabila pemelihara sanggup melatihnya dengan penuh kesabaran maka kicauannya juga akan terdengar nyaring danjuga sanggup terdengar merdu.

Daerah Persebaran Burung Cabai Polos

Burung cabe polos ini tempat persebarannya tidak hanya terdapat di Indonesia saja. Sebab tempat persebarannya juga menyentuh daratan negara lain.

Diantaranya menyerupai India dan juga beberapa negara Asia Tenggara, Cina yang ada di kepingan selatan, dan juga di Malaysia.

Dengan demikian populasi dari burung cabe polos ini masih sanggup dikatakan cukup banyak dan jumlahnya juga sanggup dikatakan masih aman.

Kemudian apabila di Indonesia keberadaan burung cabe polos ini ada di pulau-pulau Sunda Besar yaitu Sumatera, Jawa, serta di Kalimantan.

Perilaku Burung Cabai Polos

Sedangkan masa perkembangbiakan burung cabe polos pada ketika berada di alam liar yaitu pada bulan Agustus, Desember, serta bulan Januari.

Sarang yang dibangun oleh burung cabe polos pada umumnya diletakkan dengan model menggantung yang ada di atas pohon.

Sedangkan untuk ciri khas burung cabe polos ini sanggup dilihat dari bentuk dari sarangnya yang menyerupai kantung.

Kemudian untuk sekali bertelur dalam satu animo kawin burung cabe polos sanggup mengerami telur sebanyak 2 butir. Untuk ciri khas telurnya ialah berwarna putih keabu-abuan.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri Khas Burung Cabe Polos Dan Kawasan Persebarannya"

Posting Komentar