√ 5 Tips Merawat Earphone Supaya Tak Cepat Rusak

 merupakan salah satu perangkat yang sering kita bawa bepergian kemana √ 5 Tips Merawat Earphone Agar Tak Cepat Rusak


Teknologi.id – Earphone merupakan salah satu perangkat yang sering kita bawa bepergian kemana-mana. Saat ini, earphone sudah ada yang hadir dengan kabel ataupun wireless. Setiap jenisnya pun mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.


Selain sering kita gunakan untuk mendapatkan atau melaksanakan panggilan telepon, earphone juga sudah menjadi aksesoris wajib ketika mendengarkan musik, menonton film atau streaming video.


Sayangnya, earphone jarang sekali mendapatkan perawatan yang seharusnya. Karena bentuknya yang fleksibel, kita simpel sekali meletakkannya secara sembarangan, digulung seenaknya, atau tak sengaja tertarik-tarik sampai balasannya menjadi rusak.


Nah, kali ini kami akan memperlihatkan 5 tips merawat earphone sehingga sanggup kau gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.


1. Kurangi penggunaan earphone dengan volume yang terlalu keras.


Tips merawat earphone yang pertama ialah dengan mengurangi kebiasaan memasang volume yang terlalu keras atau kencang. Kebiasaan tersebut dapat menciptakan komponen di dalamnya menjadi simpel rusak. Bahkan, lama-kelamaan bunyi yang dihasilkan menjadi tidak jernih menyerupai awal menggunakan.


Tidak hanya itu, earphone-mu juga sanggup mengalami “kebocoran suara”. Apa itu?


Kebocoran bunyi ditandai ketika bunyi menjadi tidak teredam lagi. Kamu sanggup mendengar suara-suara dari luar meskipun sudah memasang earphone dengan volume yang kecil.


Selain itu, dari segi kesehatan juga sanggup berpengaruh. Telingamu ialah belahan badan yang paling mendapatkan imbas terburuk dari penggunaan earphone yang sembarangan. Telinga sanggup menjadi tidak peka lagi terhadap suara-suara yang kau dengar di sekitarmu. Jadi, mulai biasakan ya menggunakan earphone dengan volume sekitar 50%-75% saja.


2. Jangan menggulung kabel earphone sembarangan.


Kamu niscaya pernah menggulung kabel earphone-mu secara sembarangan ketika sedang terburu-buru bukan?


Earphone memang mempunyai kabel yang kadang merepotkan. Namun, sebaiknya kau tidak menggulung kabelnya secara sembarangan. Karena, hal itu sanggup menjadikan kerusakan pada kabel ataupun membuatnya menjadi simpel kusut.


Dengan tekstur kabel yang simpel rusak, kau disarankan untuk menggulung kabel earphone dengan menggunakan metode gulung simpul. Lakukan metode tersebut sehabis kau menggunakannya atau ketika sedang berkemas-kemas membawanya pergi.


Baca juga: Earphone Google Pixel Buds Dapat Terjemahkan 40 Bahasa Secara Real Time


3. Bersihkan kepala earphone.


Tips merawat earphone selanjutnya ialah dengan rajin membersihkan belahan kepala earphone secara berkala.


Kamu sanggup menggunakan air hangat yang sudah di campur dengan cairan disinfektan secukupnya untuk membersihkan belahan tersebut. Gunakan kapas atau cotton bud untuk mengusapnya secara perlahan. Jangan lupa untuk mengeringkannya dengan cara diangin-anginkan.


Selain itu, kau juga membersihkannya dengan menggunakan sikat gigi. Sebelumnya, pastikan kalau sikat gigimu dalam kondisi yang kering ya. Kemudian, gosokkan secara perlahan di belahan kepala earphone. Dengan begini, kau akan mendapatkan earphone-mu dengan bunyi yang nyaring lagi.


4. Keringkan telingamu ketika memakai earphone.


Air ialah salah satu penyebab yang sanggup menciptakan earphone-mu cepat rusak. Secara tidak sadar, kita juga suka menggunakannya dalam keadaan indera pendengaran yang masih lembap atau berkeringat.


Padahal, hal ini sangatlah tidak dianjurkan terutama bagi kesehatan earphone ataupun telingamu. Terlebih lagi, earphone yang merupakan barang elektronik mempunyai kemungkinan korsleting bila terkena air.


Oleh alasannya itu, biasakan mengeringkan telingamu terlebih dahulu menggunakan tisu atau kain kering ketika ingin menggunakan earphone. Baik itu sehabis mandi, basuh muka, berwudhu, atau berolahraga. Dengan begitu, kau sanggup terhindar dari kemungkinan yang tidak diinginkan.


5. Simpan earphone menggunakan daerah khusus.


Dimana biasanya kau meletakkan earphone selama ini? Jika kau masih meletakkannya di mana saja, kini mulailah untuk memulai kebiasaan baru.


Kamu sanggup meletakkan earphone kesayanganmu di sebuah wadah/casing khusus. Wadah itu biasanya berbentuk seperti casing kamera pocket. Jika kau meletakkannya di sana, keamanan dari earphone dapat terlindungi.


Earphone merupakan barang yang sangat sensitif dan simpel rusak bila kau tidak menjaganya dengan hati-hati. Mulai sekarang, perhatikan kebersihan dan kesehatan dari earphone-mu ya.


Selain 5 tips merawat earphone di atas, hal yang juga perlu kau perhatikan ialah tidak meminjamkannya ke sembarang orang. Layaknya sikat gigi, kau tidak akan pernah tahu bakteri atau kotoran apa yang ada di indera pendengaran orang tersebut. Di samping itu, ia juga sanggup saja lupa untuk mengembalikannya kepadamu. Berhati-hatilah!


(ERS)



Sumber https://teknologi.id

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ 5 Tips Merawat Earphone Supaya Tak Cepat Rusak"

Posting Komentar