Cara Menciptakan Password Untuk Perlindungan Folder Di Web Server Apache



Jika di goresan pena sebelumnya membahas bagaimana cara menciptakan perlindungan folder di web server apache dengan user dan password, pada tutorial kali ini dibahas bagaimana cara menciptakan password yang akan digunakan. Password yang dipakai pada file .htpasswd memakai metode enkripsi crypt. Di Ubuntu sendiri ada aplikasi mkpasswd yang dapat dipakai untuk menciptakan password tersebut. Akan tetapi aplikasi tersebut secara default tidak terinstall, jadi anda harus lebih dahulu melaksanakan instalasi, dengan menjalankan perintah:

 sudo apt-get install whois

Ternyata aplikasi yang diinstall bukanlah aplikasi mkpasswd tetapi aplikasi whois, alasannya yakni aplikasi mkpasswd sendiri merupakan bab dari aplikasi whois tersebut, sehingga otomatis aplikasi mkpasswd akan terinstall apabila anda menginstall aplikasi whois.  Sebagai informasi, anda tidak akan dapat menginstall aplikasi mkpasswd secara eksklusif alasannya yakni tidak terdaftar sebagai salah satu aplikasi di repository.

Untuk menggunakannya anda cukup menjalankan perintah dengan format:

 mkpasswd [password]

contohnya saja aku ingin mengenkripsi password qwerty, maka aku tinggal menjalankan perintah:

 mkpasswd qwerty

maka karenanya adalah:

 ZrFfpbAnIYcSw

mari kita coba lainnya, aku ingin mengenkripsi password terserahpassword maka aku tinggal menjalankan perintah:

 mkpasswd terserahpassword

maka hasilnya:

 KKCg6nEIcbUUM

gampang bukan implementasinya? Silakan buat password anda sendiri dan masukkan ke dalam file .htaccess untuk memproteksi folder anda yang telah diupload di web server apache. Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung :-)


Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menciptakan Password Untuk Perlindungan Folder Di Web Server Apache"

Posting Komentar