Cara Mengenkripsi Data Yang Disimpan Dalam Database Mysql



Apakah anda tahu apa itu enkripsi? Enkripsi yaitu suatu metode untuk menyamarkan isi suatu informasi. Metode berfungsi untuk melindungi suatu isu semoga tidak sanggup dibaca oleh orang-orang yang tidak mempunyai hak untuk membacanya. Metode enkripsi ini sanggup diimplementasikan dimana saja. Metode enkripsi di dunia teknologi memanfaatkan perhitungan matematika untuk menyamarkan informasi. Metode enkripsi tersebut ada majemuk jenisnya tergantung cara mengacaknya salah satunya yaitu metode enkripsi dengan metode MD5, SHA dan lain-lain. Database MySQL juga memilki fungsi untuk mengenkripsi isu sebelum menyimpan data di dalamnya.

Pada tutorial kali ini aku akan membahas bagaimana memanfaatkan fungsi enkripsi untuk menyamarkan isu di database MySQL.
Berikut langkah-langkahnya:
Pertama aku akan masuk ke dalam shell database MySQL melalui perintah berikut:

 mysql -u root -p

kemudian aku akan memakai database mencar ilmu yang telah aku buat sebelumnya. Untuk memakai database belajar, aku tinggal menjalankan perintah:

 use belajar;

sehabis itu aku akan buat sebuah table gres dengan nama kata_kunci dengan perintah di bawah:

 CREATE TABLE kata_kunci (  id INT(1) PRIMARY KEY,  nama VARCHAR(15),  password TEXT);

maka kesannya yaitu aku mempunyai sebuah table gres dengan nama kata_kunci.

Setelah itu aku akan memasukkan data dengan format berikut:
  • id = 1
  • nama = himawan
  • password = himawan
apabila diubah dalam bentuk query aku tinggal menjalankan perintah:

 INSERT INTO kata_kunci VALUES (  1, 'himawan', 'himawan  );

Jika dijalankan via shell mysql kesannya menyerupai berikut:
Lalu aku coba memasukkan data gres dengan format query yang sedikit aku ubah menyerupai berikut:

 INSERT INTO kata_kunci VALUES (  2, 'himawan', MD5('himawan')  );

Jika dijalankan di dalam mysql maka kesannya menyerupai berikut:
Apabila aku melihat data yang disimpan di dalam table kata_kunci dengan perintah query berikut:
SELECT * FROM kata_kunci;

maka kesannya adalah:

anda melihat perbedaan baris pertama dan kedua bukan? Pada baris pertama anda sanggup membaca password user himawan yaitu himawan, sedangkan pada baris kedua anda tidak sanggup membaca passwordnya, padahal itu yaitu password yang sama dengan baris pertama. Itulah yang aku maksud enkripsi untuk melindungi isu yang disimpan di dalam database MySQL.

Sumber http://www.newbienote.com/

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengenkripsi Data Yang Disimpan Dalam Database Mysql"

Posting Komentar