Penilaian Perilaku Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Matematika Semester Genap


Penilaian Sikap

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 20../20..

No
Nama Peserta Didik
AKTIVITAS
Kerjasama
Keaktifan
Partisipasi
Inisiatif
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





































Rubrik penilaian:
1.    Apabilapesertadidikbelummemperlihatkanperilakuyangdinyatakan dalam indikator.
2.    Apabila sudahmemperlihatkan sikap tetapi belum konsisten yang dinyatakan dalam indikator.
3.    Apabilasudahmemperlihatkanperilakudansudahkosistenyangdinyatakan dalam indikator.
4.    Apabilasudahmemperlihatkanperilakukebiasaanyangdinyatakandalam indikator.

Catatan :
Penguasaan nilai diubahsuaikan dengan aksara yang diinginkan.
Rentang Skor               = Skor Maksimal – Skor Minimal
= 16 – 4
= 12
MK=
14 - 16
MB=
11- 13
MT=
8 - 10
BT=
4-7
Keterangan:
BT
=
BelumTerlihat(apabilapesertadidikbelummemperlihatkantanda- tanda awal sikap yang dinyatakan dalam indikator).
MT
=
MulaiTerlihat(apabilapesertadidiksudahmulaimemperlihatkan adanyatanda-tandaawalperilakuyangdinyatakandalamindikator tetapi belum konsisten).
MB
=
MulaiBerkembang(apabilapesertadidiksudahmemperlihatkan berbagaitanda sikap yang dinyatakan dalam indikator dan mulai.
MK
=
Mulaimembudaya/terbiasa(apabilapesertadidikterus-menerus mengatakan sikap yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten).

Format Penilaian Sikap

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018

Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No
Nama Peserta Didik
SIKAP
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerja sama
Ramah dengan teman
Hormat pada orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1













2













3














Keterangan:
Skala evaluasi sikap dibuat dengan rentang antara 1 hingga dengan 4

Jurnal (buku catatan harian tentang peserta didik oleh guru)

Nama sekolah                        :
Mata pelajaran       :
Kelas                         : 
Tahun Pelajaran       :
Nama Guru                :

Contoh Isi Buku Catatan Harian
No.
Hari/Tanggal
Nama Peserta didik
Kejadian
1.



2.



dst





Kolom insiden diisi dengan insiden positif maupun negatif.Catatan dalam lembaran buku tersebut, selain bermanfaat untuk merekam dan menilai sikap akseptor didik, sangat bermanfaat pula untuk menilai sikap akseptor didik serta sanggup menjadi materi dalam evaluasi perkembangan akseptor didik secara keseluruhan. Selain itu, dalam observasi perilaku, sanggup juga dipakai daftar cek  yang memuat perilaku-perilaku tertentu yang dibutuhkan muncul dari akseptor didik pada umumnya atau dalam keadaan tertentu.

Kisi-Kisi TesTertulis /Uraian/Essai

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018

No
KompetensiDasar
Materi
IndikatorSoal
BentukSoal
JumlahSoal
1
3.10   Menjelaskan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
·   Hubungan antar garis
·   Menganalisis korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
·   Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
·   Menentukan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
Uraian


Contohbutirsoal:
1.    Sebutkan rusuk-rusuk sejajar pada kerangka kubus atau balok
2.    Sebutkan rusuk-rusuk yang berpotongan pada kerangka kubus atau balok
3.    Sebutkan rusuk-rusuk yang berhimpit pada kerangka kubus atau balok



Pedoman Penskoran Soal Uraian

No. Soal
Rubrik
Skor
1
Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar.
4
2
Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar, tapikuranglengkap.
3
3
Siswadapatmenyebutkanjawabantapisalahsebagianbesar.
1

SkorMaksimum
8


Kisi-Kisi TesTertulis /PilihanGanda

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018

No
KompetensiDasar
Materi
IndikatorSoal
BentukSoal
JumlahSoal
1
3.10  Menjelaskan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
·   Hubungan antar garis
·   Menganalisis korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
·   Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
·   Menentukan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
Pilihan Ganda


SoalPilihanGanda:
1.      .... 
a.        
b.       
c.        
d.       

PedomanPenskoranSoalPilihanGanda
No. Soal
Rubrik
Skor
1
Siswadapatmenyebutkanjawabandenganbaikdanbenar.
1
2
Siswamenyebutkanjawabansalah
0

SkorMaksimum



Kisi-Kisi Penugasan

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
No.
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Soal
Teknik Penilaian
1
3.10   Menjelaskan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit) memakai model konkret
·   Hubungan antar garis
·   Menganalisis korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
·   Menganalisis sifat-sifat garis-garis sejajar, garis-garis berpotongan dan berhimpit
·   Menentukan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, berhimpit)
Penugasan

Tugas:
ª  Menyelesaikan permasalahan yang melibatkan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit).

Rubrik Penskoran Penugasan
Komponen
Penilaian
Rubrik
Skor
Pendahuluan
1.     Tujuan dan landasan teori disampaikan dengan tepat
4
2.     Tujuan atau landasan teori disampaikan dengan kurang tepat
3
3.     Hanya memuat salah satu komponen pendahuluan namun disampaikan dengan tepat
2
4.     Hanyamemuat salah satu komponen pendahuluan dan disampaikan dengan kurang tepat.
1
Pelaksanaan
1.     Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart danpenjelasannya dengan tepat.
4
2.      Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart dan penjelasannya dengan kurangtepat
3
3.      Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan tepat.
2
4.      Baris jadwal ditulis dengan lengkap berikut flowchart dengan kurang tepat.
1
Kesimpulan
1.      Terkait  dengan pelaksanaan kiprah danadasaran untuk perbaikan penugasan berikutnya yang feasible.
4
2.      Terkait  dengan pelaksanaan kiprah dan ada saran untuk perbaikan penugasan berikutnyatetapi kurang  feasible.
3
3.      Terkait  dengan pelaksanaan kiprah tetapi tidak adasaran.
2
4.      Tidak terkait dengan pelaksanaan kiprah dan tidak ada saran.
1
Tampilan Laporan
1.      Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover dan foto/gambar.
4
2.      Laporan rapi dan menarik, dilengkapi cover atau foto/gambar.
3
3.      Laporan dilengkapi cover atau foto/gambar tetapi kurang rapi atau kurang menarik.
2
4.      Laporan kurang rapi dan kurang menarik, tidak dilengkapi cover dan foto/gambar.
1
Keterbacaan
Mudah dipahami, pilihan katatepat, danejaan semua benar.
4
Mudah dipahami, pilihan katatepat, beberapa ejaan salah.
3
Kurangdapat dipahami,pilihan kata kurang tepat,  dan beberapa ejaan salah.
2
Tidak gampang dipahami,pilihan kata kurang tepat,  dan banyak ejaan yang salah.
1

No
Nama
Skoruntuk
Jumlah
skor
Nilai
Pend
Pelaks
Kesimp
Tamp
Keterb
1
Adi
4
2
2
3
3
14
70
...
...
...
...
...
...
...
...
...

Keterangan:
©  Skor maksimal = banyaknya kriteria x skor tertinggi setiap kriteria.
©  Pada pola di atas, skor maksimal  = 5x 4= 20.
© 
©  Pada pola di atas nilai kiprah Ajat =  = 70

Rubrik Penilaian Tugas Proyek
Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018

Tugas
ª   

Rubrikpenilaianproyekuntukmengumpulkan lembar kegiatan
ª   


No


Nama
Penilaian
Keakuratan Data dan Informasi

Ketepatan
Analisis
Kerapian Penulisan Laporan

Kelancaran
Presentasi
1.
....
.....
....
....
....
2.
....
.....
....
....
....
....
....
.....
....
....
....

Pedoman Penskoran :
No.
Aspekyang Dinilai
Skor
1.
Keakuratan data dan informasi


a.     Data dan isu yang dipakai sangat akurat dan lengkap
3

b.     Data dan isu yang dipakai akurat tetapi kurang lengkap
2

c.     Data dan isu yang dipakai tidak akurat dan tidak lengkap
1
2.
Ketepatananalisis


a.    Analisis tepat
3

b.    Analisis kurang tepat
2

c.    Analisis tidak tepat
1
3.
Kerapian penulisan laporan


a.    Penulisan laporan rapi
3

b.    Penulisan laporan kurang rapi
2

c.    Penulisan laporan tidak rapi
1
4.
Kelancaran dalam presentasi


a.     Lancar
3

b.     Kurang lancar
2

c.     Tidak  lancar
1

Format Penilaian Praktik
Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2017
Tugas                          :
ª  Menyajikan hasil penyelesaian permasalahan yang melibatkan korelasi antar garis (sejajar, berpotongan, dan berhimpit)

Nama akseptor didik    :                 
Kelas                           :

No.
ASPEKYANG DINILAI
Skala Penilaian
4
3
2
1



















Keterangan:
Kriteria evaluasi dapat dilakukan sebagai berikut:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang
1 = sangat kurang

INSTRUMEN REMEDIAL

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 2017/2018

Remidial dilakukan apabila sehabis diadakan evaluasi pada kompetensi yang telah diajarkan pada akseptor didik, nilai yang dicapai lidak  memenuhi KB (Ketulusan  Belajar) yang telah ditentukan, berikut pola formatnya: remidial terhadap tiga akseptor didik.
No
Nama Peserta Didik
KD
Aspek
Materi
Indikator
KB
Bentuk Remedial
Nilai
Awal
Pengayaan
1.
Joko Widodo




70

66
83
2.









3.










Format Pengayaan

Satuan Pendidikan      : SDN
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas /Semester          : IV /Genap
Tahun Pelajaran         : 20../20..

Pengayaan dilakukan apabila sehabis diadakan evaluasi pada kompetensi yang telah diajarkan pada  peserta didik, nilai yang dicapai melampaui KB (Ketulusan Belajar) yang telah ditentukan, berikut pola formatnya : pengayaan terhadap enam akseptor didik.
No
Nama Peserta Didik
KD
Aspek
Materi
Indikator
KB
Bentuk Pengayaan
Nilai
Awal
Pengayaan
1.
Ermy Sumiati




70

80
85
2.









3.











Mengetahui                                                         Ciburahol, 2 Januari 2018
Kepala SDN Ciburahol,                                       Guru Mata Pelajaran,




Jajang Sulaeman, S.Pd.                                     Siti Nurlaelasari, S.Pd.
NIP. 19650817 199501 1006                              NIP. 19780517 200801 2001







Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penilaian Perilaku Rpp Kurikulum 2013 Kelas 4 Matematika Semester Genap"

Posting Komentar