√ Dowload : Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia yakni kamus ekabahasa resmi bahasa Indonesia yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan diterbitkan oleh Balai Pustaka. Kamus ini menjadi pola tertinggi bahasa Indonesia yang baku, sebab kamus ini merupakan kamus bahasa Indonesia terlengkap dan yang paling akurat yang pernah diterbitkan oleh penerbit yang mempunyai hak paten dari pemerintah Republik Indonesia yang dinaungi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia.


 




  1. Edisi pertama : Edisi pertama diterbitkan pada tahun 1988 yakni hasil pengembangan dari Kamus Bahasa Indonesia yang terbit pada tahun 1983. Kamus ini gres memuat 62.100 lema.

  2. Edisi kedua : Edisi kedua yang diterbitkan pada tahun 1991 yakni revisi pertama KBBI dan memuat 72.000 lema.

  3. Edisi ketiga : Edisi ketiga yang terbit tahun 2005, memuat 78.000 lema. Menurut Dr. Dendy Sugono, Kepala Pusat Bahasa, kamus ketiga ini masih terasa banyak sekali kosakata yang belum masuk. Tetapi harap diingat bahwa KBBI yakni Kamus Umum berisi kosakata umum, sehingga dalam kamus tidak termasuk banyak sekali istilah. Untuk penggunaan kamus bidang ilmu tertentu Pusat Bahasa juga mempunyai kamus Istilah.

  4. Edisi keempat : Edisi keempat, diterbitkan tahun 2008, memuat lebih dari 90.000 lema. Pada edisi ini KBBI diperkaya kosakata yang berasal dari kamus istilah, pada edisi ini kamus disusun menurut paradigma.

  5. Edisi kelima : Edisi kelima resmi diluncurkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy pada 28 Oktober 2016 . Pada edisi ini, KBBI memuat 127.036 lema yang versi cetaknya setebal 2.040 halaman, hampir dua kali lipat versi sebelumnya, 1.400-an halaman.


 



Selain meluncurkan versi cetak, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia dalam jaringan atau online atau KBBI daring merupakan versi daring dari KBBI edisi ketiga yang diluncurkan pada tahun 2008 sebagai basis data yang digunakannya dan juga versi offline untuk aplikasi handphone ber-os android dan iOS.


Bagi pengguna umum, tersedia fitur pencarian lema atau entri dalam KBBI, dan santunan pencarian untuk entri yang tidak ditemukan. Sedangkan bagi pengguna yang terdaftar, tersedia fitur yang jauh lebih lengkap. Antara lain fitur pencarian entri menurut abjad awal, popularitas entri, pencarian terakhir, kelas kata, ragam, bidang, dan bahasa.


Pengguna terdaftar juga dapat mencari tautan kata turunan, kata gabungan, peribahasa, dan idiom dari kata yang dicari. Selain itu, dapat mengusulkan entri, makna, dan contoh gres dalam KBBI, perbaikan entri, makna, dan contoh dalam KBBI, serta pencarian entri dengan frasa dikala menciptakan usulan.


 



Kamus Besar Bahasa Indonesia versi cetak akan dimutakhirkan setiap 5 tahun sekali, sedangkan versi daring akan dimutakhirkan setiap 6 bulan sekali.


 


Silahkan unduh Kamus Besar Bahasa Indonesia versi .pdf, aplikasi untuk android dan ios di bawah ini,


 







 



Sumber aciknadzirah.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "√ Dowload : Kamus Besar Bahasa Indonesia"

Posting Komentar