Analisis Lingkungan Dalam Kewirausahaan

ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan umum, lingkungan luas, menyangkut factor-faktor yang paling kuat sebagian bisnis dalam suatu masyarakat. Lingkungan industry, kombinasi kekuatan yang secara eksklusif mempengaruhi perusahaan yang ada dan pesaing-pesaing terdekatnya.
RUAS LINGKUNGAN UMUM
Ruas lingkungan umum, meliputi:
1. Demografi
Factor ini menjadi kunci utama dalam perencanaan usaha. Komposisi penduduk sebagai factor penentu terhadap keberlangsungan bisnis. Unsure yang harus dipertimbangkan meliputi jumlah dan pertumbuhan penduduk, pendapatan da daya beli, serta karakteristik demografi yang meliputi gender, kelompok umum, dan tingkat pendidikan.

2.  Ekonomi Makro
Kondisi ekonomi makro harus menjadi pertimbangan dalam berusaha, khususnya produk dan atau jasa yang berkaitan dengan perdagangan luar negeri atau ekspor impor. Sebab, kondisi makro yang jelek secara tidak eksklusif akan mempengaruhi perjuangan anda. Variable lingkungan ekonomi makro meliputi pertumbuhan rata-rata ekonomi dan industry dunia, tingkat pengangguran, nilai tukar rupiah terhadap valuta asing, perubahan struktur perdagangan (ekspor impor), perpajakan dan sebagainya. Termasuk juga kebijakan ekonomi pemerintah yang meliputi kebijakan fiscal dan moneter (perpajakan, anggaran pendapatan dan belanja Negara serta tingkat suku bunga), kebijakan subsidi pemerintah, dan kebijakan perdagangan (ekspor impor) dalam negeri.
ADN-111 Konishi Yuu https://oload.download/f/TB5MAMcRPJU
3.Ekologi
Factor ekologi seringkali menjadi hambatan bagi sebuah usaha. Contohnya, masyarakat bali yang  lebih banyak didominasi beragama Hindu menganggap sapi yakni hewan keramat. Oleh sebab itu, kalau ingin membuat perjuangan pemotongan sapi, tentu tidak cocok dilakukan dilingkungan masyarakat bali. Lingkungan yang ketat akan kuat terhadap bisnis tersebut.

4.  Social dan Budaya
Demikian juga factor social dan budaya harus menjadi pertimbangan dalam mendirikan usaha.

5.  Politik dan Hukum
Factor politik dan hokum tidak sanggup daianggap sepele dalam berusaha. Politik dan hokum yang tidak mendukung dunia perjuangan biasanya juga akan mempersulit seseorang untuk melaksanakan usaha. Konsistensi kebijakan pemerintah dibidang pengembangan perjuangan mikro, kecil, dan menengah (UMKM), terutama dalam training manajemen, pemodalan maupun fasilitasi dibidang pemasaran dan pameran, baik didalam maupun diluar negeri.

6. Teknologi
Factor teknologi juga akan menjadi hambatan bagi perjuangan tertentu. Contohnya, kalau perjuangan kita dihasilkan dengan manual atau tangan manusia, sedangkan Negara lain sudah memakai teknologi modern, maka kita sulit untuk bersaing dari sisi harga dan produk yang berkualitas dengan standar industry. Pengusaha sebaiknya mengenali dengan baik keunggulan teknologi yang dimiliki dan menggunakannya sebagai sumber keunggulan daya saing usaha. Disamping itu juga harus dikenali teknologi yang dimiliki oleh pesaing terdekat kita. Pemanfaatan teknologi internet dan komunikasi mobile membuka peluang gres bagi pebisnis yang sanggup memanfatkan perkembangan dan kemajuan teknologi tersebut.

7.  Globalisasi Perdagangan
Perdagangan global sanggup menjadi peluang, tetapi sekaligus menjadi hambatan kalau kita tidak bisa mengikuti tren yang terjadi pada perdagangan global dari sudut daya saing.
faktor yang paling kuat sebagian bisnis dalam suatu masyarakat ANALISIS LINGKUNGAN DALAM KEWIRAUSAHAAN
ANALISIS LINGKUNGAN INDUSTRI
Analisis industry meliputi lingkungan pasar, segmentasi pasar, sector industry, dan persaingan-persaingan meliputi pasar industry, produk-produk, substitusi, produk pendatang baru, serta parpemasok dan para pembeli. Analisis tersebut meliputi pasar local, regional, bahkan kalau perlu internasional.

FAKTOR-FAKTOR UTAMA UNTUK MENGIMBANGI DAYA SAING PASAR
1.      Ancaman pesaing baru, kuat atau lemah.
2.      Ancaman produk dan atau jasa substitusi, kuat atau lemah
3.      Tingginya persaingan diantara produk-produk yang ada kuat atau lemah.
4.      Kekuatan tawar menawar antar pemasok materi baku dan produk, kuat tau lemah.
5.      Kekuatan tawar menawar anatar pembeli atau pelanggan, kuat atau lemah.
6.      Daya tarik dan kemampuan-labaan pasar target, kuat atau lemah.

REAKSI PERUBAHAN SEBAGAI PELUANG
Inovasi yakni kekayaan dimana wirausahawan atau wirawastawan membuat salah satu atau dua kekayaan gres sebagai sumber penghasilan atau membantu dengan pertolongan sumber yang ada dengan mempertinggi kekuatan untuk membuat kekayaan(peter drucker).
Lawan asas daya tarik. Konsep yang menarik peluang industry menyerupai untuk menarik kelipatan industry/peserta gres dan mengurangi daya saing. Perubahan yang berpusat pada sumber-sumber peluang harus diidentifikasi, sehingga seorang pengusaha sanggup mengatasi perubahan sebagai peluang perjuangan atau peluang bisnis. Perubahan banyak sekali aspek perjuangan terjadi dengan sangat cepat, sehingga harus dipahami bagaimana mengantisipasi perubahan sebagai suatu peluang. Dengan demikian kita bisa menangkapnya dengan cepat.
Perubahan berpusat pada sumber-sumber peluang
   
Faktor Perubahan
   
Definisi
1.Tak terduga
  Tak terantisipasi menuju pada salah satu dari dua yakni kesuksesan atau kegagalan perusahaan/bisnis.
2.ketidaklayakan
    Apa yang dibutuhkan keluar dari garis yang dikerjakan/tidak sesuai tujuan semula.
3.Proses terpaksa
   Teknologi mutakhir tidak cukup untuk ditujukan pada tantangan yang muncul.
4.Perubahan struktural
   Perubahan teknologi pasar dan lainnya mengubah dinamika industry dan dunia usaha
5.kependudukan
   Perpindahan jumlah penduduk, struktur umur, etnis/kesukuan, dan distribusi pendapatan berdampak terhadap permintaan produk atau jasa
6.Perubahan dalam persepsi
  Variasi persepsi akan memilih permintaan dan penawaran produk atau jasa
7.lmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) gres Iptek membuka pintu peluang produk dan atau jasa sekaligus menutup peluang bisnis tertentu

UPAYA MENANGKAP PELUANG
Beberapa seni administrasi menangkap peluang antara lain :
1. Pilihan dan seni administrasi berbasis besar
Mencari keunggulan dalam biaya atau unggul dalam persaingan
2. Pilihan dan seni administrasi berbasis biaya
Mengahruskan perusahaan untuk menjadi produsen dengan biaya paling murah dibandingkan dengan produk dan atau jasa pesaing produk dan atau jasa terdekat.
3. Pilihan dan seni administrasi berbasis diferensiasi.
Pemusatan keunikan produk dan atau jasa perusahaan
4.   Piluhan dan seni administrasi focus
Target golongan pasar yang khusus (relung/ceruk pasar) atau berfokus pada pasar yang belum digarap.

PENERAPAN STRATEGI FOKUS
Penerapan seni administrasi fokus dengan upaya berikut ini :
1. Pembatasan berpusat pada bidang tunggal pembeli/pedagang.
2. Penekanan pada jasa atau produk tunggal
3.  Pembatasan pasar pada wilayah geografis tunggal.
4.  Pemusatan pada produk dan jasa uggulan/supervisor. Berikutnya: Strategi Bauran Promosi 4P

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisis Lingkungan Dalam Kewirausahaan"

Posting Komentar