Infrastruktur Politik: Media Komunikasi Politik

Pengertian Media Komunikasi Politik (Political Communication Media) - Media komunikasi politik yaitu salah satu instrumen politik yang berfungsi memberikan informasi dan persuasi mengenai politik baik dari pemerintah kepada masyarakat maupun sebaliknya. Merupakan benda mati yang sebagai mediator penyebaran dan pemberitaan (singkat kata alat komunikasi) politik. Komunikasi politik yaitu menghubungkan pikiran politik yang hidup dalam masyarakat baik pikiran intragolongan, institusi, asosiasi ataupun sector kehidupan politik masyarakat dengan sektor pemerintah.
Media komunikasi politik yaitu salah satu instrumen politik yang berfungsi memberikan i Infrastruktur Politik: Media Komunikasi Politik
Kelompok infrastruktur politik ini, secara konkret menggerakkan sistem, memperlihatkan input, terlibat dalam proses politik, memperlihatkan pendidikan politik, melekukan sosialisasi politik, menyeleksi kepemimpinan, menuntaskan sengketa politik, yang terjadi diantara banyak sekali pihak baik di dalam maupun di luar. Serta memiliki daya ikat baik secara ke dalam maupun keluar.
Alat komunikasi sanggup mendukung terciptanya suasana politik rakyat alasannya yaitu alat komunikasi tersebut merupakan sarana perhubungan dan pemersatu bagi masing-masing golongan, terutama golongan politik. Alat komunikasi tersebut berfungsi sebagai alat penyebarluasan konsep-konsep, ajaran-ajaran, doktrin-doktrin, ideologi-ideologi politik tertentu, dasn program-program kerja golongan kepada seluruh anggota dan simpatisannya.

Posisi Media Komunikasi Politik

MC Luhan “Medium is the extension of man” (media yaitu bekerjsama perpanjangan instrument indra manusia). Media ditempatkan sebagai alat untuk sarana susukan informasi apapun dalam lingkunganmasyarakat, termasuk politik. “Medium is the message” (media yaitu pesan itu sendiri). Dalam konteks politik yang sanggup mempengaruhi khalayak, bukan hanya apa yang dikatakan media, tetapi media apa yang dipakai juga mempengaruhi keefektifan komunikasi politik.

Fungsi Media Komunikasi Politik

• Fungsi Informasi
Media dijadikan sarana diseminasi informasi yang terkait dengan politik dengan kekuasaan,    serta sosialisasi politik.
• Fungsi Edukasi
Media dijadikan sebagai sarana pendidikan politik melalui pesan-pesan politik yang disampaikan media.
• Fungsi Korelasi
Media dijadikan penghubung antara pemain film politik dan khalayak melalui isi media yang berkaitan dengan kegiatan pemain film poltik.
• Fungsi Kontrol Sosial
Media sebagai biro kritik atau koreksi terhadap pemain film politik atau kegiatan politik.
• Fungsi Pembentukan Opini Publik berkaitan dengan Persoalan Politik

Peranan Media Komunikasi Politik

1). Membantu pembentukan memori publik melalui penyampaian informasi yang menambah pengetahuan masyarakat.
2). Membantu menyusun jadwal kehidupan yang bekerjasama dengan politik dan kepentingan umum.
3). Membantu bekerjasama dengan kelompok diluar dirinya (media menjadi mediasi antara pemain film politik dengan pemain film politik lainnya). Media dalam hal ini menjadi fasilitator.
4). Membantu menyosialisasikan langsung seseorang, termasuk nilai-nilai yang diajarkan oleh orang tersebut.
5). Membujuk khalayak untuk menemukan kelebihan dari pesan-pesan politik yang diterima.

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Infrastruktur Politik: Media Komunikasi Politik"

Posting Komentar