Pasar Persaingan Tepat (Perfect Competition Market)

Pasar persaingan tepat merupakan jumlah perusahaan sangat banyak dan kemampuan setiap perusahaan dianggap sedemikian kecilnya, sehingga tidak bisa memengaruhi pasar.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Suatu pasar dikatakan sebagai pasar persaingan tepat jikalau memenuhi tiga ciri berikut.
1) Terdiri atas Banyak Penjual dan Pembeli
Sifat ini menyebabkan perilaku penjual atau pembeli tidak sanggup mensugesti keadaan pasar, lantaran ia hanya merupakan belahan kecil dari unsur pasar secara keseluruhan. Dalam pasar persaingan  tepat seorang penjual atau pembeli dikatakan sebagai pengikut harga (price taker) sehingga harga di pasar bersifat datum, artinya berapapun jumlah barang yang dijual di pasar harganya tetap, lantaran harga ditentukan oleh prosedur pasar yaitu interaksi antara kekuatan undangan dan penawaran di masyarakat.

2) Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)
Maksudnya tidak ada kendala yang menghalangi suatu perusahaan untuk memulai perjuangan gres jikalau dianggap menguntungkan dan menutup usahanya jikalau dianggap merugikan.

3) Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen
Artinya semua produk kelihatan identik (serba sama) atau tidak sanggup dibedakan. Barang yang dihasilkan perusahaan merupakan pengganti yang tepat terhadap barang yang dihasilkan oleh perusahaan lain dalam semua aspeknya.
4) Penjual dan Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna wacana Pasar
Maksudnya penjual dan pembeli mempunyai pengetahuan yang tepat wacana keadaan pasar, yaitu mengenai tingkat harga yang berlaku di pasar dan perubahan-perubahannya. Adanya warta yang lengkap wacana pasar ini berakibat:
a) tidak ada produsen yang menjual barang dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar,
b) tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar,
c) semua sumber daya dipakai sepenuhnya untuk menghasilkan laba yang maksimal.

5) Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi Cukup Sempurna
Artinya, sumber daya atau faktor produksi sanggup dipindahkan dari satu daerah ke daerah lainnya tanpa kendala apapun.

Kebaikan dan Keburukan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan tepat dianggap sebagai bentuk pasar yang ideal lantaran banyak mempunyai kebaikan jikalau dibandingkan dengan pasar lainnya. Namun demikian, pasar persaingan tepat juga mempunyai beberapa keburukan. Berikut yakni kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna.

1) Kebaikan Pasar Persaingan Sempurna
a) Menggunakan Sumber Daya secara Efisien
Artinya seluruh sumber daya yang tersedia sepenuhnya digunakan. Pemanfaatan sumber daya tersebut dilakukan secara efisien sehingga menguntungkan perusahaan dan menambah kemakmuran masyarakat lantaran sanggup memperoleh barang dengan harga murah.

b) Adanya Kebebasan Bertindak dan Memilih
Hal ini sangat bermanfaat untuk membawa perusahaan pada peningkatan kreativitas dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada pengelola perusahaan.

2) Keburukan Pasar Persaingan Sempurna
Di samping mempunyai kebaikan, pasar persaingan tepat juga mempunyai beberapa keburukan antara lain sebagai berikut.

a) Kelemahan dalam Asumsi
Pasar persaingan tepat dalam kenyataannya akan sulit dijumpai alasannya homogenitas atas barang yakni sebuah perkiraan yang tidak realistis. Selain itu, lantaran tingkat harga tidak sanggup ditawar-tawar lagi akan menimbulkan daya beli masyarakat berpenghasilan rendah menurun.

b) Tidak Mendorong Adanya Inovasi
Penemuan teknologi dan teknik produksi gampang dicontoh oleh perusahaan lain sehingga akan memaksa persaingan produk antar produsen.

c) Membatasi Pilihan Konsumen
Karena dalam pasar persaingan tepat barang yang dihasilkan homogen, konsumen mempunyai pilihan yang terbatas untuk memilih barang yang akan dikonsumsinya.

d) Menimbulkan Eksploitasi Sumber Daya dan Ongkos Sosial
Jika eksploitasi penggunaan sumber daya tidak dibatasi, pasar persaingan tepat adakalanya menimbulkan ongkos sosial berupa pencemaran lingkungan. Pada pasar persaingan tepat undangan akan barang akan menjadi elastik sempurna, sehingga kurva undangan berbentuk suatu garis horizontal. Harga merupakan suatu datum, sehingga baik penjual maupun pembeli tidak sanggup memengaruhi harga. Berikutnya: Pasar Persaingan Tak Sempurna

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pasar Persaingan Tepat (Perfect Competition Market)"

Posting Komentar