Tertarik Mempunyai Burung Lovebird? Berikut Sisi Istimewanya

Meskipun mulanya hanya kerap bertengger sebagai penghias teras rumah, tetapi seiring berjalannya waktu, popularitas burung lovebird bermetamorfosis jenis burung yang cukup sering diperlombakan. Tidak hanya mempunyai atribut penunjang estetika yang menarik, burung lovebird juga mempunyai bunyi unik yang tidak biasa dibandingkan burung-burung kicauan pada umumnya. Suara ngekeknya yang panjang bisa menjadi hiburan tersendiri bari para pencinta burung. Oleh alasannya ialah itu, tidak heran penggemar burung jenis ini pun juga terus bertambah.

Berdasarkan hal-hal di atas, muncul pesona tersendiri yang menciptakan burung lovebird ini istimewa. Pesona inilah yang biasanya menggerakkan pencinta burung untuk turut melirik burung lovebird. Tidak terbatas sebagai peliharaan atau diperlombakan, tapi juga sering dibisniskan. Faktor-faktor menyerupai perawatan yang gampang dan murah menciptakan burung ini cukup laris di pasaran.

Tentunya, tidak hanya itu keistimewaan yang dimiliki oleh burung lovebird. Lalu, apa saja?

Ikatan Emosional

Meskipun mulanya hanya kerap bertengger sebagai penghias teras rumah Tertarik Memiliki Burung Lovebird? Berikut Sisi Istimewanya
Source – Publicdomainpictures

Sesuai namanya, burung lovebird kerap dikatakan bisa menjalin ikatan emosional tidak hanya dengan pasangannya di alam liar, tetapi juga pada sang pemilik yang memeliharanya. Di alam liar, burung ini mempunyai kebiasaan bertengger dengan pasangan dan hidup monogami selama sisa hidupnya. Barangkali alasannya ialah sifat alamiahnya itu yang menciptakan burung lovebird sering disebut sebagai burung yang setia, bahkan kepada majikannya.

Keberagaman Varian

Meskipun mulanya hanya kerap bertengger sebagai penghias teras rumah Tertarik Memiliki Burung Lovebird? Berikut Sisi Istimewanya
Source – pixabay

Dengan keberagaman jenisnya itu, para pencinta burung tidak kehabisan opsi menentukan peliharaan gres mereka. Umumnya, variasi burung lovebird mempunyai perbedaan pada corak bulu mereka. Mulai dari berbulu putih bersih, bercorak kuning cerah dengan sentuhan warna merah di sekujur leher dan sayap, sampai yang lebih berwarna-warni lagi. Bagi pencinta burung jenis ini, dikenal varian-varian menyerupai lovebird lutino, lovebird albino, lovebird blorok, dan sebagainya.

Meskipun burung lovebird mempunyai keragaman dalam warna, ukuran dan bentuk badan antara jenisnya relatif sama. Perihal lainnya, warna dan corak bulu tidak terlalu dipedulikan oleh pencinta burung lovebird, terutama bagi pemilik yang berniat memperlombakan burung lovebird-nya. Hal yang paling penting ialah bunyi ngekek yang panjang.

Suara Kicauan

Meskipun mulanya hanya kerap bertengger sebagai penghias teras rumah Tertarik Memiliki Burung Lovebird? Berikut Sisi Istimewanya
Source – pixabay

Berbeda dengan burung-burung kicauan pada umumnya, burung lovebird tidak menonjolkan kemerduan bernyanyi dalam kicauannya. Keunikannya ini menciptakan lomba kicauan jenis lovebird cukup sering diadakan. Peminatnya pun tidak sedikit.

Berhubung bunyi ngekek burung lovebird tidak merdu dan nyaring menyerupai burung-burung lain, kriteria evaluasi pada lombanya pun turut berbeda. Biasanya, keras dan durasi ngekek yang panjang merupakan bab penting dalam penilaian. Tidak cukup sekali, tetapi ngekeknya harus gacor. Dengan kata lain, ngekek berdurasi panjang yang diulang secara berkala. Biasanya, burung yang begini sangat mencolok dan gampang dikenali.

Kemudahan Perawatan

Meskipun mulanya hanya kerap bertengger sebagai penghias teras rumah Tertarik Memiliki Burung Lovebird? Berikut Sisi Istimewanya
Source – wikimedia

Kabar ini tentu sangat ingin didengar oleh pencinta burung pada umumnya. Perawatan yang dilakukan untuk burung lovebird relatif gampang dan sederhana.

Untuk sangkar, burung lovebird lebih cocok ditempatkan di kandang berjeruji besi. Penting untuk tidak memakai kandang berbahan kayu. Sebagai burung dengan paruh bengkok yang runcing dan kokoh, menempatkannya di dalam kandang kayu berisiko menciptakan burung tersebut lepas ke alam bebas.

Untuk pakan, burung lovebird cocok diberikan biji-bijian menyerupai canary seed, biji matahari, milet putih, milet merah, dan jagung muda. Selain biji-bijian, sayuran menyerupai kangkung juga sanggup diberikan. Namun, untuk tentang pakan burung lovebird ini, pemilik sebisa mungkin memperlihatkan pakan secara selang-seling. Hal ini dilakukan untuk menghindari kejenuhan. Agar lebih praktis, pemilik bisa membeli biji-bijian campur yang banyak dijual di pasaran.

Hal-hal di atas ialah keistimewaan yang cenderung dimiliki oleh burung lovebird. Tertarik untuk mempunyai burung jenis ini?


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tertarik Mempunyai Burung Lovebird? Berikut Sisi Istimewanya"

Posting Komentar