Ipa Kelas 7 | Cara-Cara Menanggulangi Pemanasan Global

Penanggulangan Pemanasan Global

Artikel IPA kelas 7 ini akan membahas mengenai cara-cara yang dapat kau lakukan untuk menanggulangi pemanasan global.
--

Squad, kau masih ingat kan, apa saja dampak negatif dari pemanasan global? Sangat merugikan, ya. Dampak negatif dari pemanasan global ini harus segera dihentikan. Meskipun mustahil eksklusif berhenti, tapi setidaknya kau dapat memulai, kan? Kira-kira, apa saja ya yang dapat mulai dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global ini? Ada 3 cara sederhana nih yang dapat kau lakukan, yaitu memakai energi terbarukan, meningkatkan efisiensi materi bakar kendaraan, dan melaksanakan acara penghijauan. Kuy, kita bahas bersama-sama!

Penanggulangan Pemanasan GlobalIlustrasi pemanasan global (Sumber: giphy.com)

Penggunaan Energi Terbarukan

Cara pertama yang dapat kau lakukan untuk menanggulangi pemanasan global yaitu dengan memakai energi terbarukan dalam kehidupan sehari-hari. Apa sih energi terbarukan itu? Sesuai dengan namanya, energi terbarukan yaitu energi yang dapat mengalami pemulihan secara alami serta proses pembaruan energinya dapat terus berkelanjutan.  Oleh lantaran itu, energi terbarukan juga sering disebut sebagai energi berkelanjutan. Jumlah energi terbarukan ini sangat banyak, sehingga tidak perlu khawatir akan habis. 

Baca Juga: Apa Itu Efek Rumah Kaca?

Salah satu teladan energi terbarukan yaitu panel surya. Panel surya ini berfungsi untuk mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Wah, jadi energi listriknya eksklusif berasal dari matahari? Yes, betul banget! Menarik, ya? Meskipun sangat membantu untuk menanggulangi pemanasan global, ternyata panel surya ini belum terkenal digunakan. Salah satu alasannya yaitu lantaran biayanya yang sangat mahal kalau dibandingkan dengan materi bakar fosil. Sayang sekali, ya. Semoga ke depannya panel surya ini dapat lebih gampang diakses, ya. Siapa di sini yang mau coba memakai panel surya? 

Penanggulangan Pemanasan Global

Ini ia yang namanya panel surya! (Sumber: youtube.com)

Peningkatan Efisiensi Bahan Bakar Kendaraan

Kamu pernah membayangkan nggak sih, apa kesudahannya bumi kita ini kalau setiap orang naik kendaraan pribadi? Selain macet, niscaya polusinya juga meningkat ya. Polusi yang terus meningkat ini dapat menjadikan pemanasan global. Selain itu, polusi juga dapat menjadikan timbulnya penyakit, khususnya penyakit pernapasan. Selain itu, semakin banyak kendaraan pribadi yang beroperasi, semakin banyak pula materi bakar yang diperlukan. Lama-lama, materi bakarnya dapat habis, deh. Menakutkan nggak sih? 

Lalu, bagaimana caranya menanggulanginya, nih? Kamu dapat mulai dari hal sederhana, contohnya naik kendaraan umum, contohnya bus. Coba deh bayangkan, kalau 1 bus dapat mengangkut sebanyak 50 orang, berarti sudah ada setidaknya 50 orang yang tidak naik kendaraan pribadi. Polusi yang disebabkan oleh kendaraan pribadi tersebut juga berkurang, kan? Itu gres dari 1 bus saja. Kalau busnya ada banyak, tentu semakin mengurangi polusi yang disebabkan oleh kendaraan pribadi, kan? Bahan bakar juga tentu saja dapat dihemat. Jadi, mulai naik kendaraan umum dari sekarang, yuk! 

Penanggulangan Pemanasan Global

Siapa yang suka naik bus ke sekolah? (Sumber: Shutter Stock)

Melakukan Kegiatan Penghijauan

Kamu pernah dengar istilah reboisasi? Yes, yang dimaksud dengan reboisasi yaitu penghijauan kembali. Coba, kira-kira, apa yang harus kau lakukan untuk melaksanakan reboisasi? Betul banget, kau harus menanam pohon. Berarti harus ke hutan, nih? Nggak harus ke hutan, kok. Kamu dapat memulai acara reboisasi ini dari halaman rumahmu sendiri. Sekarang bahkan sudah banyak komunitas pencinta lingkungan yang turut serta meramaikan acara reboisasi ini. Kamu mau ikutan, nggak

Penanggulangan Pemanasan Global

Siapa yang mau ikutan acara reboisasi? (Sumber: Shutter Stock)

Wah, ternyata cara untuk menanggulangi pemanasan global itu tidak sulit ya, Squad. Bahkan kau dapat melakukannya secara berdikari di lingkungan rumahmu. Mulai dicoba, yuk! Selain mencoba menanggulangi pemanasan global, yuk tetap semangat berguru pakai ruanglesonline! Kamu dapat tanya-tanya PR yang susah lewat aplikasi, kemudian nanti bakal dijawab deh sama abang tutornya. Gimana cara nanyanya nih, soalnya kan panjang banget? Kamu tinggal foto kemudian upload di aplikasinya aja, Squad. Mudah banget kan? Makanya, d0wnl0ad sekarang, ya! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ipa Kelas 7 | Cara-Cara Menanggulangi Pemanasan Global"

Posting Komentar