Kimia Kelas 10 | Langkah-Langkah Mencari Bilangan Kuantum

Kimia 10 - Mencari Bilangan Kuantum

Mencari bilangan kuantum dengan gampang akan dibahas pada artikel ini melalui rujukan positif di kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar

--

Perhatikan sekeliling kalian, Squad. Matahari terbit dari timur di pagi hari, bulan muncul pada malam hari, bumi mengelilingi matahari dalam dua belas bulan, dan buanyaaak lagi keteraturan di alam semesta ini. Hebat ya Sang Pencipta kita mengatur alam semesta ini dengan rapi. Bahkan, hingga tingkat paling kecil pun, elektron-elektron di alam semesta ini telah diatur dengan rapi berdasarkan bilangan kuantumnya, Squad! Wow apa tuh bilangan kuantum?

atom

Elektron mengelilingi atom dengan teratur (sumber : giphy.com)

Elektron-elektron tersebar di sekeliling atom dengan teratur berdasarkan tingkat energinya. Nah, tingkat energi inilah yang digambarkan dengan bilangan kuantum. Artinya, dari bilangan kuantum, lokasi-lokasi penyebaran elektron sanggup digambarkan. Sedetail itu loh Sang Pencipta kita mengaturnya. Bayangkan bila elektron, penyusun segala sesuatu di alam semesta ini, tidak teratur. Alam semesta ini tidak stabil dong. Mana sanggup kita hidup di dunia ibarat itu. Keren kan?

Baca juga: Mengenal Partikel dan Notasi Atom

Bilangan kuantum yang biasa dicari ialah bilangan kuantum dari elektron paling simpulan (elektron dengan tingkat energi paling tinggi). Satu set bilangan kuantum terdiri dari empat bilangan. Apa aja tuh?

 4 bilangan kuantum

Wow andal kan! Hal yang sedemikian kecilnya, yang menyusun segala sesuatu di alam ini, ternyata diatur oleh empat bilangan! Bagaimana ya cara mencari keempat bilangan tersebut? Jangan khawatir. Ada cara mudahnya, kok. Ingat kembali bahan wacana konfigurasi elektron dan diagram orbital. Lalu coba perhatikan deh gambar di bawah.

 

Langkah-langkah mencari bilangan kuantum

 

Salah satu rujukan atom di alam semesta ini ialah atom karbon. Atom kabon ialah penyusun dari banyak sekali benda yang sangat berguna. Mulai dari bensin, plastik, berlian, bahkan badan kita pun tersusun dari karbon! Nah, karbon (biasa dilambangkan dengan karakter C) punya 6 elektron. Bagaimana bilangan kuantum dari elektron terakhirnya? Tinggal ikuti deh langkah-langkahnya.

 cara mencari bilangan kuantum

Mudah kan cara mencari bilangan kuantum dari suatu atom? Semakin kau mempelajarinya, semakin terkesima lah kau akan ciptaan Sang Pencipta, Squad. Tidak susah ternyata untuk memahami bagaimana alam ciptaan Sang Pencipta ini bekerja asalkan kita mau berusaha. Nah bila kau butuh pelengkap video bahan ataupun pembahasan soal lebih mendalam untuk memepelajari bilangan kuantum, eksklusif aja daftar di ruangbelajar. Tunggu apa lagi? Sikat!

ruangbelajar

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kimia Kelas 10 | Langkah-Langkah Mencari Bilangan Kuantum"

Posting Komentar