Informasi Dan Tips Derma Pakan Untuk Burung Jalak Bali

Di alam, burung Jalak Bali sanggup ditemukan di hutan dan semak belukar. Makanan favorit burung ini di habitat aslinya yaitu berupa serangga, cacing, dan jangkrik. Selain masakan berupa binatang atau serangga-serangga kecil, burung Jalak Bali pun sangat suka mengonsumsi biji-bijian dan buah-buahan sebagai makanannya, rujukan masakan tersebut di antaranya yaitu Juwet (Zizygium cumini), Jambu (Psidium guaj4va), dan pisang (Musa paradisica).

Lain halnya dengan burung Jalak Bali yang hidup di alam bebas, burung yang hidup di sangkar (dipelihara) sama sekali tidak sanggup mencari makanannya sendiri alasannya yaitu ruang gerak yang dibatasi oleh sangkar atau sangkar. Maka, proteksi pakan burung menjadi sangat tergantung pada pemeliharanya. Oleh alasannya yaitu itu, semoga Jalak Bali kesayangan tetap sehat, wajib rasanya untuk mengetahui bagaimana proteksi pakan yang baik untuk burung peliharaan Anda tersebut.

Di bawah ini yaitu beberapa warta dan tips mengenai pakan untuk burung Jalak bali yang sanggup Anda terapkan.

Pakan utama burung Jalak Bali

 sanggup ditemukan di hutan dan semak belukar Informasi dan Tips Pemberian Pakan untuk Burung Jalak bali
Source – pixabay

Pakan yang sanggup diberikan pada Jalak Bali di penangkaran atau peliharaan sanggup terdiri dari adonan buah pepaya, pisang, dan kroto (telur dan larva semut), masakan ayam berupa pelet (butiran) PAR S 512, dan ulat gandum (meal worm). Sebelum disajikan, buah pepaya dan pisang terlebih dahulu dikuliti kemudian dipotong menjadi potongan-potongan kecil dengan diameter kurang dari 0,5 cm, kemudian dicampurkan dengan kroto.

Sepasang Jalak Bali sanggup diberikan sekitar 150 gram per hari dengan adonan tersebut. Meal worm atau ulat gandum sanggup diberikan sekitar 40-50 ekor per hari dan pelet hanya diberikan secukupnya. Pakan diberikan dengan dimasukkan ke daerah yang diikatkan pada pokok flora tempatnya bertengger.

Suplemen tambahan

 sanggup ditemukan di hutan dan semak belukar Informasi dan Tips Pemberian Pakan untuk Burung Jalak bali
Source – orbird

Selain pakan utama, burung Jalak Bali peliharaan sanggup diberikan perhiasan tambahan berupa multivitamin khusus burung kicau, misalnya menyerupai labro anticekaman yang mengandung 12 macam vitamin dan 5 macam mikro mineral yang sangat baik untuk burung. Pemberian multivitamin ini sanggup dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan air minum setiap dua ahad sekali.

Membagi masakan Jalak Bali menurut fase perkembangan hidupnya

 sanggup ditemukan di hutan dan semak belukar Informasi dan Tips Pemberian Pakan untuk Burung Jalak bali
Source – pixabay

1. Pakan harian untuk Jalak Bali dewasa

Contoh pakan harian yang baik untuk periode berakal balig cukup akal Jalak Bali terdiri dari buah pisang, pepaya, materi pakan buatan pabrik, jangkrik, kroto, dan ulat. Makanan tersebut diberikan secukupnya pada pagi dan sore hari. Jumlah jangkrik yang diberikan kira-kira 10 hingga 20 ekor pagi dan sore.

2. Pakan ketika indukan/siap kawin

Rekomendasi sajian utama yang sanggup diberikan kepada Jalak Bali dalam periode ini yaitu pepaya atau pisang, tetapi masakan buatan pabrik pun sanggup tetap diberikan. Sebaiknya masakan hewani menyerupai serangga dan ulat kecil lebih banyak diberikan pada fase ini alasannya yaitu masakan hewani mempunyai kandungan protein yang tinggi dan sanggup membantu memacu birahi Jalak Bali.

3. Pakan ketika Indukan mengeram

Pada fase ini masakan pokok tetap diberikan, tetapi masakan berupa binatang dikurangi pemberiannya. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi terjadinya birahi pada jantan yang biasanya menjadikan pembuangan telur atau anakan sebelum saatnya diambil.

4. Makanan ketika penetasan

Pada fase ini pakan pokok maupun pakan binatang sebaiknya dihentikan hingga terlambat diberikan.  Hal tersebut sanggup berakibat fatal alasannya yaitu menjadikan pembunuhan pada anakan.

Nah, itulah beberapa warta dan tips dalam proteksi pakan untuk burung Jalak Bali. Cara pemeliharaan dan proteksi pakan yang baik menjadi hal yang sangat penting untuk tetap menjamin kesehatan salah satu dari jenis burung bagus dan istimewa orisinil Indonesia ini. Tetap membaca dan semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Informasi Dan Tips Derma Pakan Untuk Burung Jalak Bali"

Posting Komentar