Cara Merawat Jalak Suren Biar Sehat Dan Siap Dilombakan

Jalak suren merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara di rumah. Tak jarang orang-orang menyebut spesies ini sebagai penunggu rumah. Jalak suren akan eksklusif berkicau jikalau ada orang yang datang. Hal itu sanggup dimanfaatkan sebagai penanda kedatangan tamu. Kecerewetan jalak suren jikalau dilatih dengan baik sanggup menjadi modal untuk diikutsertakan ke dalam lomba burung kicau.

Bagi yang gemar memelihara burung, Anda tentu harus siap dengan konsekuensi perawatannya. Burung jalak membutuhkan perawatan intensif setiap hari semoga sanggup berkicau dengan merdu. Nah, jikalau Anda ingin memelihara jalak suren di rumah, berikut ini yaitu cara merawat jalak suren sehari-hari yang sanggup dijadikan panduan.

  • Pemandian
Jalak suren merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara di rumah Cara Merawat Jalak Suren semoga Sehat dan Siap Dilombakan
Source – wikipedia

Jalak suren biasanya dimandikan pada pagi hari dengan cara disemprot memakai air yang dimasukkan ke dalam botol spray. Agar lebih bersih, Anda boleh mencampurkan sampo ke dalam air mandinya, tetapi jangan terlalu banyak. Sampo yang terlalu banyak sanggup menciptakan jalak suren licin dan bulunya lengket sehingga membuatnya tidak nyaman.

Memandikan jalak dengan cara yang benar, selain membuatnya higienis dan segar, bulu-bulunya juga menjadi lebih lembut. Namun, hindari memandikan jalak suren di lapangan ketika akan lomba sebab sanggup membuatnya menjadi tidak tenang.

  • Penjemuran

Setelah mandi, jemur jalak suren di bawah sinar matahari selama kurang lebih satu jam. Sebaiknya penjemuran ini dilakukan sebelum jam 9 pagi semoga mendapat vitamin D dari sinar matahari. Setelah itu, angin-anginkan semoga bulunya tidak rusak.

Sebaiknya lakukan proses penjemuran di teras rumah semoga Anda sanggup mengontrol jikalau ada hewan yang mendekati kandang. Buatlah jalak suren berada dalam kondisi yang nyaman, dengan begitu ia sanggup terhindar dari stres.

  • Pembersihan sangkar
Jalak suren merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara di rumah Cara Merawat Jalak Suren semoga Sehat dan Siap Dilombakan
Source – pixabay

Bersihkan sarang burung secara rutin semoga terhindar dari penyakit. Bagian sangkar yang perlu dibersihkan terdiri atas alas, jeruji, serta daerah makan dan minum.

Anda sanggup meletakkan koran atau kertas pada bantalan sangkar. Untuk membersihkan kotoran burung, Anda cukup mengambil koran tersebut. Jika kotoran melekat pada cuilan alas, Anda sanggup mengoreknya dengan alat pengorek kotoran unggas.

Anda sanggup menyikat sangkar burung semoga kotoran dan sisa masakan yang melekat di sangkar menjadi bersih. Semetara itu, daerah masakan dan minuman sanggup dibersihkan dengan memakai spon.

Jangan lupa juga untuk membersihkan botol spray yang dipakai untuk memandikannya semoga tidak ada jamur yang tumbuh dan ikut melekat ketika burung dimandikan.  Cara membersihkan cukup mudah, masukkan sedikit air pada botol, campurkan asam sitrat, kocok-kocok, kemudian bilas dengan air bersih.  

  • Pemberian pakan
Jalak suren merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara di rumah Cara Merawat Jalak Suren semoga Sehat dan Siap Dilombakan
Source – wikimedia

Salah satu cara merawat jalak suren yaitu dengan memberikannya masakan yang tepat. Jalak suren memerlukan masakan yang kaya protein. Misalnya pisang, jangkrik, atau kroto. Berikan buah yang masih segar semoga jalak suren semangat untuk makan. Dengan nutrisi yang cukup, jalak suren sanggup berkicau dengan merdu.

Anda juga sanggup memperlihatkan masakan pemanis ibarat voer semoga nutrisinya semakin terpenuhi. Jika telah mendekati waktu lomba, kira-kira tiga hari sebelumnya, lipat gandakan jumlah jangkrik semoga kicauannya makin kuat.

Misalnya, jikalau sehari-hari Anda memperlihatkan 3 jangkrik pada pagi dan sore, menjelang lomba sanggup ditambah menjadi 6 jangkrik tiap pagi dan sore.

  • Pemasteran

Pemasteran yaitu memperdengarkan burung pada suara-suara kicauan semoga sanggup menirukannya. Jalak suren populer sebagai burung yang paling cepat sanggup menirukan suara. Cara memasterkan burung yaitu dengan memperdengarkan rekaman-rekaman bunyi kicau burung dari MP3.

Cara lainnya yaitu dengan mendekatkannya dengan bururng lain yang sudah berkicau.  Sebaiknya Anda memperlihatkan rekaman-rekaman bunyi yang bervariasi semoga kicauan jalak suren tidak monoton. Akan tetapi, jangan terlalu sering memperdengarkan bunyi tersebut, jalak suren Anda akan stres.

Anda harus sabar untuk merawat jalak suren. Agar mendapat bunyi kicau yang merdu dan bervariasi, jalak suren perlu dijaga kebersihan, makanan, dan mood-nya. Jauhkan jalak suren dari orang-orang yang melintas ketika ia sedang berkicau dengan merdu. Biasanya jalak suren akan berkicau melengking ketika bertemu orang baru.


Sumber belajarburunghias.blogspot.com

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Jalak Suren Biar Sehat Dan Siap Dilombakan"

Posting Komentar