Bahasa Inggris Kelas 10 | Macam-Macam Fungsi Dan Rujukan Kalimat Past Continuous Tense

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Artikel Bahasa Inggris Kelas X kali ini akan membahas mengenai fungsi Past Continuous Tense beserta teladan kalimatnya. 
--

Squad! Kalian sering mengingat kejadian yang sudah terjadi di masa kemudian nggak, sih? Kalian sering mengingat kejadian yang menyenangkan atau yang menyedihkan, nih? Apapun kejadiannya, biar dapat menjadi pelajaran supaya dapat menjalankan hari-hari ke depannya dengan lebih baik lagi, ya. Kamu tahu nggak sih, dalam Bahasa Inggris, ada tenses khusus yang dapat kau gunakan untuk menjelaskan kejadian yang sedang terjadi di masa lalu. Hayo tebak apa nama tensesnya? Yes, nama tensesnya ialah Past Continuous Tense. Rumus dasarnya ialah S+was/were+Ving, ya. Sekarang coba kita pelajari fungsi dan teladan kalimatnya, yuk!

Sebenarnya, kapan sih kau dapat memakai Past Continuous Tense dalam kalimat? Ada 3 kondisi yang mewajibkan kau untuk memakai Past Continuous Tense dalam kalimat. Ketiga kondisi tersebut ialah ketika kau ingin menjelaskan kejadian panjang yang terpotong oleh kejadian lain yang lebih pendek di masa lalu, untuk menjelaskan suatu kejadian yang terjadi di momen tertentu pada masa lalu, dan menjelaskan kejadian yang terjadi secara paralel pada waktu yang bersamaan. 

Jadi begini Squad. Kalau kau mau menjelaskan kejadian berdurasi panjang yang terjadi di masa kemudian kemudian terpotong oleh kejadian lain yang lebih pendek, kau harus memakai subordinate conjunction, yaitu while dan when. Coba, teladan kalimatnya menyerupai apa? Contohnya adalah While we are sleeping last night the thieves came and stole my bike. Wah, kasihan ya sepedanya hilang.

Baca Juga: Mengenal Past Perfect Tense

Kondisi yang kedua ialah penggunaan Past Continuous Tense untuk menjelaskan kejadian yang terjadi selama momen tertentu di masa lampau. Contoh kalimatnya sih niscaya kau sudah familiar, deh. Contoh kalimatnya adalah I was drinking coffee with my friend at this time yesterday afternoon. Siapa yang suka minum kopi bersama teman-teman juga?

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Yuk, ngopi dulu! (Sumber: Shutter Stock)

Kondisi terakhir yang memungkinkan penggunaan Past Continuous Tense ialah klarifikasi perihal kejadian yang terjadi secara paralel atau bersamaan. Contoh kalimatnya adalah Were you listening when I was talking to you? Nah, niscaya sudah familiar kan dengan kalimat tersebut? Jangan tertukar-tukar, ya! Kamu mau mengingat rumus dan teladan kalimat lain dari Past Continuous Tense? Kuy, simak gambar di bawah ini! 

Fungsi dan Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Nggak susah kan Squad? Yuk, semangat belajarnya supaya makin keren! Kalau kau butuh materi berguru suplemen untuk Past Continuous Tense, yuk berguru di ruangbelajar! Kamu dapat nonton video berguru dan latihan soal pribadi di satu aplikasi. Kuy, d0wnl0ad sekarang! 

New Call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bahasa Inggris Kelas 10 | Macam-Macam Fungsi Dan Rujukan Kalimat Past Continuous Tense"

Posting Komentar