5 Hal Pertama Yang Harus Anda Lakukan Sehabis Lulus Kuliah

Rekan Kerja, apakah Anda termasuk ke dalam orang yang berpikir bahwa sesudah lulus kuliah semua duduk kasus sudah simpulan dan hidup akan menjadi lebih mudah? Eits, jangan biarkan diri Anda lengah sampai lupa untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia yang bekerjsama ya. Setelah lulus, Anda diharuskan untuk terjun bebas ke dunia kerja dengan banyaknya tantangan yang harus dihadapi, ibarat mencari kerja, hidup mandiri, sampai tekanan dari keluarga untuk segera memilih jalan hidup. Akhirnya Anda mulai menyadari, bahwa beban ketika kuliah dulu ternyata belum ada apa-apanya dibandingkan beban yang ditemui sesudah perhelatan wisuda selesai. So, apa saja ya yang sanggup Anda lakukan sesudah lulus kuliah? Yuk, kita cari tahu!

1. Revisi CV

lulus kuliahPerbaharui CV Anda (Sumber: palife.co.uk)

Setelah lulus kuliah, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memperbaiki atau melaksanakan update curriculum vitae. Isilah CV Anda dengan kegiatan-kegiatan yang sudah pernah Anda lakukan selama kuliah, ibarat pengalaman organisasi, kursus keterampilan, atau kerja paruh waktu. Semakin berkualitas CV yang Anda buat, maka akan semakin besar pula kemungkinan Anda untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. Apalagi berdasarkan sebuah studi, rata-rata perekrut hanya menghabiskan waktu enam detik untuk melihat setiap CV. Maka dari itu, CV yang Anda buat haruslah outstanding dan menciptakan perekrut tertarik untuk mempertimbangkan Anda pada posisi yang dibutuhkan.

Baca juga: Tips Membuat CV Berkesan supaya Anda Lulus Tahap Rekruitmen

2. Cari Tahu Passion Anda

lulus kuliahKetahui passion Anda (Sumber: neilpatel.com)

Apakah Anda masih resah memilih karier yang sesuai dengan passion? Awal usia 20-an ialah waktu yang paling sempurna untuk mencari tahu apa passion Anda. Jika memang passion Anda berbeda dengan jurusan ketika kuliah, Anda tidak perlu resah apalagi meratapi pilihan. Banyak sekali orang yang sanggup berhasil dan sukses dalam bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan background mereka ketika di sekolah tinggi tinggi. Coba saja untuk mencoba banyak sekali bidang dan pekerjaan terlebih dulu sampai Anda tahu mana yang paling pas dan Anda minati sebelum memutuskan satu bidang yang akan Anda geluti untuk karier ke depan.

3. Memanfaatkan Waktu Luang dengan Meningkatkan Skill

lulus kuliahTingkatkan skill melalui aplikasi online (Sumber: noticias.universia.com.br)

Meningkatkan skill tidak hanya dengan pendidikan formal saja, lho. Saat ini, sudah banyak situs di internet yang sanggup membantu Anda meningkatkan skill yang akan mempunyai kegunaan di dunia profesional nantinya ibarat ruangkerja. Jadi, Anda tidak usah menghabiskan banyak uang untuk ikut kursus yang mahal. Mulai dari public speaking, personal branding, Microsoft Excel dan Power Point h4cks, dan masih banyak lagi. Di kala digital ibarat ini, Anda sanggup dengan gampang mencar ilmu melalui video, audio, dan metode lain yang sanggup meningkatkan skill di waktu luang.

4. Memperbanyak Koneksi

lulus kuliahPerbanyak koneksi (Sumber: artofprofessionalconnections.com)

Koneksi yang banyak sangat penting untuk kesuksesan karier Anda di dunia kerja, lho. Mungkin Anda menganggap ada sahabat di kampus yang kurang seru untuk diajak nongkrong, tetapi malah ternyata beliau menjadi orang penting dengan koneksi yang luas sesudah lulus kuliah. Jaga hubungan Anda dengan teman-teman kampus ataupun dosen dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu berkumpul atau bergaul dengan orang-orang gres yang akan menambah koneksi. Menjalin hubungan dengan sahabat itu penting, namun bukan berarti Anda mau berteman dengan siapa pun alasannya ialah menginginkan sesuatu saja ya.

5. Tambah Pengalaman dengan Magang

lulus kuliahIkut aktivitas magang (Sumber: qerja.com)

Menyandang status fresh graduate sanggup menjadi beban tersendiri jika Anda tidak kunjung mendapat kerja, alasannya ialah mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Nah untuk itu, magang sanggup menjadi solusi terbaik yang sanggup Anda coba supaya sanggup menambah pengalaman di dunia kerja. Selain untuk mengisi waktu luang dan tes mental, Anda juga sanggup menambah penghasilan dari aktivitas magang, lho. Anda jadi sanggup mendapat penghasilan sekaligus mencar ilmu menjadi lebih berdikari dan profesional. Mau ikut aktivitas magang yang seru dan menantang untuk pendidikan Indonesia? Ikut aja aktivitas magang di Ruangguru ya!

Gimana Rekan Kerja? Dengan mengikuti lima hal tadi, Anda tentunya sanggup lebih gampang menapaki jalan selanjutnya sesudah kuliah. Tetap semangat dan jangan frustasi untuk menemukan karier yang sesuai dengan passion Anda ya. Jangan lupa untuk terus memperkaya diri dengan ilmu dari banyak sekali bahan pengembangan karier lainnya di aplikasi ruangkerja. Unduh kini dengan mengklik gambar di bawah ini. Semoga sukses, Rekan Kerja!

New call-to-action

Mari berteman dengan saya

Follow my Instagram _yudha58

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal Pertama Yang Harus Anda Lakukan Sehabis Lulus Kuliah"

Posting Komentar